Puluhan Tahanan Polrestabes Bandung Ikut Mencoblos 

Mereka tetap ingin memberikan suaranya

Bandung, IDN Times - Puluhan tahanan yang sedang ditahan di Rutan Polrestabes Bandung menggunakan hak pilihnya pada Rabu (14/2/2024). Dari pantauan, para tahanan itu mencoblos sambil menggunakan baju tahanan warna oranye.

Mereka mengantre dengan tertib menuju ke bilik suara yang letaknya berada di ruang tahanan. Kasat Tahanan dan Barang Bukti (Tahti) Polrestabes Bandung, Kompol Rudi Gindriansyah, mengatakan terdapat 79 tahanan yang menggunakan hak pilihnya.

"Seluruh jumlah tahanan ada 146 orang tapi yang masuk ke dalam DPT ada 79 orang dari 79 orang," ujarnya.

1. Surat suara diikutsertakan ke TPS lain

Puluhan Tahanan Polrestabes Bandung Ikut Mencoblos IDN Times/Istimewa

Menurut Rudi, surat suara yang sudah dicoblos oleh para tahanan akan direkapitulasi di TPS 16 Kelurahan Babakan Ciamis, Kecamatan Sumur Bandung. Sejauh ini, proses pemungutan suara berlangsung kondusif.

"Saat ini masih dilakukan pencoblosan dilakukan oleh TPS 16 saat ini masih berlangsung dan situasi dalam keadaan kondusif," ucap dia.

"Kita memberikan kesempatan bagi para tahanan yang memang sudah termasuk di dalam daftar DPT, yang sudah terdaftar kita berikan kesempatan untuk hak pilih," lanjut dia.

2. Tak ingin kehilangan hak meski sedang di penjara

Puluhan Tahanan Polrestabes Bandung Ikut Mencoblos IDN Times/Istimewa

Salah seorang tahanan kasus penganiayaan berinisial IL (33) yang turut menggunakan hak suaranya mengucap terima kasih kepada aparat kepolisian yang sudah memberi kesempatan.

"Alhamdulillah, saya di sini dan teman-teman lain yang menjalani penahanan dapat memberikan hak suara kami," kata dia.

3. Tahanan di Lapas Sukamiskin juga ikut memilih

Puluhan Tahanan Polrestabes Bandung Ikut Mencoblos IDN Times/Debbie Sutrisno

Sebanyak 326 narapidana yang ada di Lapas Sukamiskin akan memberikan hak suaranya dalam pemilihan umum (pemilu) 2024. Baik napi yang masuk karena kasus korupsi maupun pidana umum dipastikan bisa mencoblos.

Kalapas Sukamiskin Wachin Wibowo mengatakan, pihaknya sudah melakukan koordinasi dengan Komisi Pemilihan Umum (KPU) dan didapatkan bahwa seluruh napi yang ada di Lapas Sukamiskin dipastikan bisa memilih. Persiapan pun dilakukan dengan menydiakan dua TPS, yaitu TPS 906 dan 905.

"Untuk daftar pemilih sesuai dengan jumlah penghuni 326 dan semuanya masuk dalam daftar untuk memilih dan kita juga sudah menghimbau berharap mereka mau mengenakan ga pilihannya," kata Wachin, Rabu (14/2/2024).

Menurutnya, saat ini tidak hanya narapidana korupsi yang ada di Lapas Sukamiskin. Ada juga narapidana umum yang sekarang berada di lapas ini karena diperlukan untuk beberapa kegiatan termasuk pembinaan.

Baca Juga: Gestur Dua Jari, Setnov Nyoblos di Lapas Sukamiskin

Topik:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya