Puluhan Siswa SMP Belajar di Ruang Sempit, Sekda Bandung Prihatin

SMP PGRI 6 Bandung hanya punya 3 ruang belajar

Bandung, IDN Times - Sekretaris Daerah Kota Bandung Ema Sumarna segera memerintahkan Dinas Pendidikan untuk mengecek sekolah swasta yang siswanya belajar di ruang sempit. Puluhan siswa tersebut merupakan pelajar di Sekolah Menengah Pertama (SMP) PGRI 6 Kota Bandung.

Sekolah ini menumpang di salah satu ruangan sekolah dasar (SD) Neglasari 205 di daerah Sadang Serang. SMP 6 PGRI sudah menumpang di sekolah tersebut sejak tahun 1990-an.

"Nanti saya akan konfimasi ke Kadisdik sebagai leading sector. Karena berbicara sekolah kita tidak melihat itu negeri atau swasta, pemerintah tetap harus hadir mengakomodir dan memfasilitasi," kata Ema ditemui di Balaikota Bandung, Senin (8/8/2022).

1. Siswa harus mendapat tempat belajar yang laik

Puluhan Siswa SMP Belajar di Ruang Sempit, Sekda Bandung PrihatinIDN Times/Humas Bandung

Menurutnya, untuk proses belajar mengajar siswa dan guru harus mempunyai tempat yang layak. Bukan mewah atau nyaman, tapi kelayakan lebih diutamakan.

Maka sarana prasarana dan fasilitas pendukung proses belajar itu harus benar. Ketika mereka belajar dengan layak dan nyaman, maka siswa diharap mampu menyerap pelajar yang disampaikan guru di kelas.

"Karena itu pemerintah kan tugasnya harus membuat dan menghadirkan serta memfasilitasi dan melindungi (siswa)," kata Ema.

Dia sangat berharap tidak ada satu anak pun di Kota Bandung pada usianya sekolah justru tidak mendapat pendidikan yang layak.

2. Harus ada intervensi dari Pemkot Bandung

Puluhan Siswa SMP Belajar di Ruang Sempit, Sekda Bandung PrihatinIDN Times/Debbie Sutrisno

Kondisi kelayakan lanjut Ema, harus mendapat intervensi dari Pemkot. Apalagi ketika sekolah tersebut sudah lama berdiri dan sudah lama belajar di ruangan yang kecil, maka harus ada perbaikan untuk siswa ke depannya.

Sangat disayangkan ketika kondisi permanen ini sudah lama dan membuat siswa tidak nyaman ketika belajar. Padahal sudah semestinya setiap siswa di Kota Bandung belajar dengan baik dan mendapat fasilitas merapat.

"Kalau ada kasus ini kami akan segera melakukan konfirmasi dalam hal ini nanti Disdik Bandung," kata Ema.

3. SMP PGRI 6 Bandung hanya punya tiga ruangan belajar

Puluhan Siswa SMP Belajar di Ruang Sempit, Sekda Bandung PrihatinIDN Times/Debbie Sutrisno

SMP 6 PGRI Kota Bandung terletak di sudut bangunan SD Neglasari 205, dan sekolah ini masuk pada siang hari. Tiga ruangan yang dipisahkan penyekat jadi tempat belajar siswa kelas 7, 8, dan 9. Ruangan kelas 9 menjadi yang paling kecil, hanya 2x3 meter.

Kepala Sekolah SMP PGRI 6 Bandung, Wihnati Cahyoni bercerita, sekolah ini sudah ada sejak tahun 1990-an. Sejak dia mengajar pertama kali pada 1994, sekolah ini sudah berdiri.

Bedanya dulu ruangan kelas siswa menumpang di SD Neglasari 205 untuk belajar. Namun, sejak 2018 mereka harus pindah ke rumah di sudut sekolah karena siswa SD belajar hingga pukul 15.00 WIB.

"Tidak mungkin kita harus sekolah masuk jam 3 dan keluar dan 8 malam. Jadi mau tidak mau kita pindah ke rumah ini," ujar Wihanti ketika berbincang dengan wartawan, Jumat (5/8/2022).

4. Ada 30 murid yang belajar

Puluhan Siswa SMP Belajar di Ruang Sempit, Sekda Bandung PrihatinIDN Times/Debbie Sutrisno

Saat ini, SMP PGRI 6 Bandung mempunyai 30 siswa dari tiga tingkatan. Kelas 7 ada 14 siswa, kelas 8 ada delapan siswa, dan kelas 9 ada delapan siswa. Kelas 7, karena jumlahnya terbanyak, sekarang menempati ruangan yang berukuran 6x5 meter. Sedangkan kelas 8 ukuran ruangannya 3x5 meter.

Untuk ruangan kelas 8 pun harus bergabung dengan ruangan kepala sekolah tanpa sekat. Luas lahan yang hanya 270 meter harus dibagi juga dengan barang-barang kebutuhan siswa seperti buku, alat angklung, hingga ruangan tata usaha.

Kondisi seperti ini jelas tidak sangat kondusif bagi para siswa untuk belajar. Namun, karena tidak ada bantuan dari dinas dan yayasan, maka siswa harus belajar seadanya.

"Ada kelas yang pintu masuk berhadapan langsung dengan toilet. Ruangannya kita memang tidak besar jadi susah untuk belajar dengan kondusif," kata dia.

Baca Juga: Respons PGRI Terkait Ruang Belajar Mungil SMP PGRI 6 

Baca Juga: Miris! Satu SMP di Bandung Hanya Miliki 3 Ruangan Sempit untuk Belajar

Topik:

  • Galih Persiana

Berita Terkini Lainnya