Puluhan Pedagang Pasar Baru Demo, Pengelola: Kontrak Mereka Habis

Pedagang tak bisa berjualan secara gratis

Bandung, IDN Times - Puluhan pedagang Pasar Baru Kota Bandung kembali melakukan unjuk rasa. Mereka kesal karena toko yang selama ini ditempati digembok oleh pengelola Pasar Baru.

Terkait pengembembokan tersebut, PT DAM Sawarga Maniloka Jaya (DSMJ) selaku pengelola Pasar Baru Trade Center (PBTC) Bandung mengklaim bahwa apa yang dilakukan sudah sesuai dengan aturan yang ada.

Direktur Operasional PT DSMJ Irwin mengemukakan perusahaan sudah berusaha persuasif mengajak pedagang untuk mendapatkan hak pakai khusus yang ditawarkan sesuai proses yang berlaku.

“Kami terbuka untuk bernegosiasi mencarikan solusi terbaik bila ada pedagang yang merasa tidak mampu, misalnya dengan memberikan diskon atau cicilan pembayaran,” kata Irwin dalam keterangan resminya, Selasa (26/3/2024).

1. Pedagang yang ingin berjualan harus lengkapi surat SPTB

Puluhan Pedagang Pasar Baru Demo, Pengelola: Kontrak Mereka HabisIDN Times/Istimewa

Sementara itu, Direktur Marketing PT DSMJ Untung BW mengatakan, dia selalu mengutamakan upaya persuasif dan terus melakukan sosialisasi, serta pelayanan kepada pedagang yang ingin melakukan proses Ijin Baru selanjutnya.

“Semua warga Kota Bandung yang ingin berkesempatan berdagang di Pasar Baru kami undang datang ke Kantor PT DSMJ untuk mencari informasi ruang dagang yang tersedia," ujarnya.

Untung menjelaskan, masa hak pakai atau surat pemakaian tempat berjualan (SPTB) di PBTC sudah resmi berakhir 31 Desember 2023. Status tempat berjualan saat ini adalah aset milik Perumda Pasar Juara Kota Bandung yang dikelola Pengelola.

“Setelah SPTB ini berakhir, maka otomatis pedagang tidak lagi memiliki hak pakai yang sudah habis masa berlakunya. Karena ruang dagang ini bukan milik pribadi. Kalaupun ingin melanjutkan berdagang, harus mengikuti proses sesuai aturan yang ada," papar Untung.

2. Pedagang yang sebelumnya sudah diberikan masa perpajangan urus SPTB

Puluhan Pedagang Pasar Baru Demo, Pengelola: Kontrak Mereka HabisIDN Times/Debbie Sutrisno

Terkait dengan isu verifikasi SPTB, manajemen juga sudah memberikan masa pengurusan yang panjang sejak November 2023 hingga 31 Januari 2024.

Yang tidak Verifikasi dianggap tidak lagi berminat berdagang di Pasar Baru dan ruang dagang lama akan ditawarkan ke warga lain yang berminat berdagang disitu.

“Ini buat keadilan dan menyediakan kesempatan yang setara buat semua warga mana saja yang melihat prospek berdagang di Pasar Baru, jadi semua warga punya akses dan kesempatan membuat usaha di Pasar Baru” ujarnya.

3. Pasar Baru masih kondusif untuk berbelanja masyarakat jelang Idul Fitri

Puluhan Pedagang Pasar Baru Demo, Pengelola: Kontrak Mereka HabisIDN Times/Debbie Sutrisno

Mengenai isu penyegelan ruang dagang yang diperbicangkan, Untung menyampaikan kalau sampai Maret ini ada penghuni ruang dagang yang sudah tidak terverifikasi atau tidak mengurus perpanjangam hak, maka pengelola terpaksa dengan berat hati akan melakukan penyegelan ruang dagang. Tindakan penyegelan sudah dilakukan melalui tahapan proses surat himbauan dan surat peringatan.

“Karena kami anggap mereka tidak lagi ingin memperpanjang hak pakai atas ruang dagang tersebut dan kami punya kebutuhan menawarkan ruang dagang tersebut ke warga lain yang sudah berkeinginan menggunakan ruang dagang tersebut buat memulai usaha. Sekali lagi ini murni persoalan hukum dan keadilan kesempatan buat seluruh warga Bandung," kata dia.

Terkait dengan tuntutan pedagang untuk menempati ruang dagang secara gratis, pengelola tak bisa memenuhinya. Hal ini jelas tidak adil buat warga lain yang ingin berkesempatan bisa berdagang di Pasar Baru.

Sejauh ini, kondisi Pasar Baru beroperasi secara kondusif. Mereka tetap melayani para pengunjung yang sedang mencari kebutuhan untuk menyambut Idul Fitri. Aparat keamanan juga terlihat sigap dan siap melakukan penjagaan sehingga aksi massa berlangsung damai.

Baca Juga: Resep Es Oyen Bandung, Takjil Buka Puasa yang Porsinya Melimpah

Baca Juga: Cari Oleh-oleh Lebaran Khas Bandung? Pie Naslem Bisa Jadi Pilihan Nih 

Topik:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya