PT KAI: Mohon Maaf, Kereta Api Menuju Jakarta Dibatalkan

Pembatalan kereta belum tahu sampai kapan

Bandung, IDN Times - PT Kereta Api Indonesia (KAI) kembali membatalkan sejumlah perjalanan menuju Jakarta. Pembatalan ini akibat banjir yang masih menggenangi wilayah Jakarta pada Senin(22/2/2021). Pembatalan perjalanan ini juga terjadi di Daop 2 Bandung.

Manager Humasda Daop 2 Bandung, Kuswardoyo menyampaikan bahwa PT Kereta Api Indonesia (Persero) Daop 2 Bandung memohon maaf yang sebesar besarnya kepada seluruh pengguna jasa Kereta Api yang mengalami pembatalan perjalanan KA dari wilayah Daop 2 Bandung menuju Jakarta dan sebaliknya

"Hingga kini, tim kami masih berupaya melakukan normalisasi ruas jalur pada petak jalan antara Kedunggedeh-Lemah Abang" ujar Kuswardoyo, Senin (22/2/2021).

1. Perbaikan masih dilakukan secara berkala dampak banjir

PT KAI: Mohon Maaf, Kereta Api Menuju Jakarta DibatalkanIDN Times/Istimewa

Tim prasarana KAI saat ini masih melakukan perbaikan secara berkala, salah satunya dengan menurunkan material pada lokasi yang terkena dampak banjir tersebut.

Berikut jadwal KA yang dibatalkan keberangkatan diwilayah Daop 2 Bandung:

*Keberangkatan Stasiun Bandung*

1. Ka 43f (Argo Parahyangan) Bandung-Gambir Berangkat Stasiun Bandung 06:00
2. KA 41 (Argo Parahyangan ) Bandung-Gambir berangkat Stasiun Bandung jam 15:00

*Keberangkatan Stasiun Purwakarta*

1. Ka 383 (Walahar) relasi Purwakarta- Cikarang keberangkatan pukul 05:05 WIB
2. Ka 385 (Walahar) relasi Purwakarta- Cikarang keberangkatan pukul 09:00 WIB
3. Ka 387 (Walahar) relasi Purwakarta- Cikarang keberangkatan pukul 13:10WIB
4. Ka 389 (Walahar) relasi Purwakarta- Cikarang keberangkatan pukul 14:45 WIB
5. Ka 391 (Walahar) relasi Purwakarta- Cikarang keberangkatan pukul 17.45 WIB

*Keberangkatan Stasiun Kiaracondong*

1. KA 301 (serayu) relasi Kiaracondong- Pasarsenen keberangkatan pukul 13.35 WIB
2. KA 302 (serayu) relasi Kiaracondong- Purwokerto keberangkatan pukul 13.31 WIB
3. KA 305 (serayu) relasi Kiaracondong- Pasarsenen keberangkatan pukul 23.34 WIB
4. KA 306 (serayu) relasi Kiaracondong- Purwokerto keberangkatan pukul 00.05 WIB

2. Pembatalan tiket penumpang bisa dilakukan via aplikasi atau stasiun terdekat

PT KAI: Mohon Maaf, Kereta Api Menuju Jakarta Dibatalkangoogle image

Bagi penumpang KA yang sudah memesan tiket pada KA yang dibatalkan perjalanannya, dapat melakukan pembatalan tiket melalui aplikasi KAI Access ataupun loket pembatalan yang terdapat di stasiun. Pembatalan tiket akibat dampak banjir tersebut dapat dilakukan sampai dengan 30 hari dari tanggal keberangkatan yang tertera di tiket dan akan dikembalikan 100 persen dari harga tiket yang tertera.

Informasi perjalanan KA dapat diketahui melalui saluran resmi milik PT KAI (Persero) diantaranya aplikasi KAI Access, website resmi kai.id, Contact Center 121 line (021)121, Layanan pelanggan cs@kai.id dan Sosial media @keretaapikita @kai121_1

3. Banjir masih terjadi di sejumlah daerah Jabar

PT KAI: Mohon Maaf, Kereta Api Menuju Jakarta DibatalkanTim SAR gabungan mengevakuasi warga lansia saat banjir di Perumahan Pondok Gede Permai Bekasi, Jawa Barat. ANTARA FOTO/Fakhri Hermansyah

Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB Raditya Jati melaporkan, tanggul jebol memicu banjir beberapa desa di wilayah Kabupaten Bekasi, Jawa Barat. Banjir terpantau pada Minggu (21/2/2021) pukul 01.00 WIB.

"Pusat Pengendali Operasi (Pusdalops) BNPB menerima laporan dari BPBD setempat banjir melanda 4 desa, yaitu Desa Sukaurip, Karangsegar, Bantasari dan Sumber Urip. Keempat desa berada di Kecamatan Pebayuran," katanya melalui keterangan tertulis yang diterima IDN Times.

Banjir tersebut mengakibatkan lima rumah hanyut. Petugas BPBD Kabupaten Bekasi melaporkan tinggi muka air antara 100 hingga 250 cm.

"Kepala BNPB Doni Monardo dijadwalkan untuk melihat kondisi dampak banjir di wilayah Karawang dan Bekasi pada hari ini," katanya.

BPBD setempat telah mengidentifikasi kebutuhan mendesak penanganan darurat, seperti bambu, karung, mie instan, air mineral, makanan siap saji, obat-obatan, vitamin, perahu evakuasi, mesin perahu, tali tambang dan lampu tembak.

4. Ada 34 desa di Kabupaten Karawang terdampak banjir akibat luapan Sungai Citarum

PT KAI: Mohon Maaf, Kereta Api Menuju Jakarta DibatalkanIlustrasi foto banjir di Pantura Jawa Barat. Dok. Humas Jabar

Sementara itu, berdasarkan pantauan Tim Reaksi Cepat (TRC) BNPB banjir Kabupaten Karawang pada Sabtu (20/2/2021) pukul 22.00 WIB, sebanyak 34 desa di 15 kecamatan terdampak banjir. Banjir disebabkan antara lain akibat hujan intensitas tinggi dan luapan Sungai Citarum.

Ke-15 kecamatan terdampak yaitu Kecamatan Rengasdengklok, Telukjambe Barat, Tirtajaya, Pedes, Cikampek, Purwasari, Ciampel, Pangkalan, Klari, Tempuran, Tirtamulya, Jatisari, Rawamerta, Karawang Barat dan Cilamaya Wetan.

Baca Juga: 42 Perjalanan Kereta Menuju Jakarta Dibatalkan KAI Hari Ini

Topik:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya