Program Perbaikan Rutilahu di Jabar Dipastikan Tak Terdampak Pandemik

Tahun ini 11 ribu rumah tak layak huni akan dirombak

Bandung, IDN Times - Dinas Perumahan dan Pemukiman (Disperkim) Jawa Barat memastikan program perbaikan Rumah Tidak Layak Huni (Rutilahu) pada tahun 2020 tetap berjalan. Program ini masuk dalam salah satu agenda Pemprov Jabar yang tidak terganggu dengan peralihan anggaran (refocusing) akibat adanya pandemik COVID-19.

Kepala Disperkim Jawa Barat Boy Iman Nugraha mengatakan program rutilahu tahun ini menjadi salah satu program tidak terdampak pandemik. Gubernur Ridwan Kamil pun meminta program ini berjalan sesuai rencana awal.

“Kalau yang lain-lain kena, Rutilahu program strategis jadi masih bisa bertahan,” katanya di Bandung, Kamis (27/8/2020).

1. Ada 11 ribu rumah tahun ini diperbaiki

Program Perbaikan Rutilahu di Jabar Dipastikan Tak Terdampak Pandemikpexels.com/quang-nguyen-vinh-222549

Pada tahun 2020 ini, lanjut Boy, Disperkimmenargetkan mampu memperbaiki 11 ribu unit Rutilahu di 27 kabupaten/kota. Untuk satu unit dana perbaikannya mencapai Rp17,5 juta.

“Targetnya 11 ribu unit, kami sekarang tengah sosialisasi, insya Allah September ini sudah mulai ada distribusi. Semoga ada kelancaran di keuangan,” kata Boy.

2. Bantuan anggaran akan disampaikan lewat desa dam kelurahan

Program Perbaikan Rutilahu di Jabar Dipastikan Tak Terdampak Pandemikilustrasi. IDN Times/Ita Malau

Menurutnya distribusi dan inventarisasi calon penerima calon lokasi (CPCL) oleh pihak desa dan kelurahan melalui Badan Keswadayaan Masyarakat (BKM), Lembaga Keswadayaan Masyarakat (LKM), dan Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (LPM).

“Nanti diverifikasi oleh kabupaten/kota. Secara teknis dan administrasi baru diajukan oleh BKM, LKM dan LPM ke aplikasi Si Rampak Sekar,” tuturnya.

Aplikasi Si Rampak Sekar sendiri merupakan aplikasi perencanaan dan penganggaran yang terintegrasi antara provinsi dan kabupaten/kota se-Jawa Barat dan pusat. Menurutnya program rutilahu merupakan bantuan langsung provinsi ke masyarakat lewat tiga lembaga tingkat desa dan kelurahan.

3. Tahun depan unit yang bisa diperbaiki ditarget capai 31.500

Program Perbaikan Rutilahu di Jabar Dipastikan Tak Terdampak PandemikIlustrasi kemiskinan (IDN Times/Arief Rahmat)

Boy menuturkan dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) program ini menargetkan bisa memperbaiki 100 ribu unit Rutilahu. Awalnya, setiap tahun ditargetkan sebanyak 20 ribu diperbaiki lewat program ini.

“Sekarang baru bisa 11 ribu, nanti 2021 jadi 31.500 unit, karena setiap tahun 20 ribu. Ada sisa 90 ribu tahun ini diakumulasikan ke 2021, termasuk sisa 2018 lalu masuk ke 2021,” kata Boy.

Topik:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya