Profil Veranita Sinaga, Srikandi Indonesia CEO AirAsia

Dia tampil pada Feminine Narratives Unveiled by IDN Times

Bandung, IDN Times - Tak banyak sosok perempuan yang mampu berada di pucuk pimpinan sebuah perusahaan terkemuka di Indonesia. Salah satu yang mampu menggapainya adalah Veranita Yosephine Sinaga. Hebatnya, Vera, sapaan akrabnya sekarang menjadi satu-satunya perempuan pemimpin maskapai penerbangan di Indonesia.

Vera sebenarnya lebih banyak berkecimpund di industri food and baverage. Dia sempat berkarier sebagai sales manager di British American Tobacco Indonesia selama lima tahun. Setelahnya dia pindah ke Danone untuk berada di beberapa posisi strategis hingga sepuluh tahun.

Vera juga sempat mencicipi pekerjaan di The Kraft Heinz Company, lebih dari dua tahun.

1. Bergabung AirAsia sejak 2019

Profil Veranita Sinaga, Srikandi Indonesia CEO AirAsiaIDN Times/Istimewa

Sebelum menjadi CEO AirAsia Indonesia, Vera menduduki Direktur Utama PT Indonesia AirAsia (AirAsia Indonesia), anak perusahaan PT AirAsia Indonesia Tbk (AAID) pada 2019. Dia menjalankan peran penting untuk memimpin upaya transformasi seiring dengan langkah perusahaan untuk mengembangkan bisnis menjadi lebih dari sekadar penyedia layanan transportasi udara tetapi juga sebagai penyedia layanan perjalanan dan gaya hidup, dan juga layanan keuangan.

Setelah lebih dari tiga tahun mengabdi di perusahaan ini, PT Indonesia AirAsia (IAA) menunjuk Vera sebagai Presiden Direktur untuk menggantikan Dendy Kurniawan. Pengumuman ini dilakukan menyusul Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST) yang diadakan di kantor Perseroan.

Di bawah jabatan barunya sebagai Presiden Direktur PT AirAsia Indonesia Tbk, Veranita Yosephine tidak hanya akan bertanggung jawab atas kinerja dan pengembangan bisnis Perseroan, tetapi juga menarik investasi baru untuk mendukung bisnis anak perusahaannya yang bergerak di bidang industri penerbangan berbiaya rendah, serta memimpin perusahaan menuju profitabilitas.

2. Bertekad dukung pariwisata dan pemulihan ekonomi Indonesia

Profil Veranita Sinaga, Srikandi Indonesia CEO AirAsiaIDN Times/Istimewa

Mengutip laman newsroom.airasia.com, Vera terus berupaya memastikan perusahaan untuk memainkan peran utamanya dalam mendukung pariwisata Indonesia dan pemulihan ekonomi dengan bertahap membuka lebih banyak rute eksisting, dan memperkenalkan lebih banyak rute baru yang menarik melalui kolaborasi dengan pemerintah pusat, otoritas lokal, dan pemangku kepentingan.

AirAsia Indonesia telah membuktikan ketangguhannya dalam mengarungi pandemi di dua tahun terakhir, melalui berbagai dinamika dan tantangan yang disebabkan oleh situasi yang terus berubah yang sebagian besar tidak dapat diprediksi.

"Kami percaya kesuksesan kami ini tidak akan mungkin terjadi tanpa dukungan besar yang diberikan oleh Allstars (karyawan) dan pelanggan kami. Mereka adalah aset tak ternilai dari bisnis kami, dan bersama mereka kami akan maju ke depan dan tumbuh lebih jauh," kata dia pada laman tersebut dikutip IDN Times, Kamis (23/11/2023).

3. Diganjar penghargaan karena mampu bawa AirAsia Indonesia hadapi pandemik COVID-19

Profil Veranita Sinaga, Srikandi Indonesia CEO AirAsiaIDN Times/Istimewa

Selain jabatan barunya, Veranita Yosephine (Vera) saat ini juga masih menjabat sebagai Direktur Utama PT Indonesia AirAsia, perusahaan maskapai nasional Indonesia yang berafiliasi dengan grup maskapai penerbangan bertarif rendah terbaik dunia, AirAsia.

Vera adalah CEO maskapai wanita profesional pertama dan satu-satunya di Indonesia, serta satu dari segelintir CEO maskapai wanita di Asia Pasifik. Ia juga sempat menerima Penghargaan AeroTime Aviation Achievement Award pada tahun 2021 atas dedikasinya untuk memimpin maskapai mengarungi pandemik COVID-19 dan mempromosikan kesetaraan di industri penerbangan.

Indonesia Millennial and Gen-Z Summit (IMGS) 2023 merupakan sebuah konferensi independen yang khusus diselenggarakan untuk dan melibatkan generasi Millennial dan Gen Z di Tanah Air. Dengan tema Purposeful Progress, IMGS 2023 bertujuan membentuk dan membangun masa depan Indonesia dengan menyatukan para pemimpin dan tokoh nasional dari seluruh nusantara. IMGS 2023 diadakan pada 24 - 26 November 2023 di Pulau Satu dan Dome Senayan Park, Jakarta.

Baca Juga: Ini Sosok Capres 2024 Pilihan Generasi Millennial Menurut Survei IMGS

Topik:

  • Galih Persiana
  • Umi Kalsum

Berita Terkini Lainnya