Produk UMKM Jabar akan Mejeng di Toko Uniqlo

Produk yang dipajang sudah standar internasional

Bandung, IDN Times - Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Jawa Barat (Jabar) membuka peluang produk-produk lokal daerah ini mejeng di perusahaan asal Jepang, Uniqlo, lewat sebuah program kolaborasi bernama Uniqlo Neighborhood Collaboration. Program ini selaras dengan dengan misi Pemprov Jabar yang ingin mengembangkan potensi kreatif lokal.

Kepala Disparbud Jabar Benny Bachtiar mengatakan, program Uniqlo Neighborhood Collaboration menjadi salah satu bukti komitmen Pemprov Jabar untuk membantu para pelaku UMKM memasarkan produk-produknya di toko bertaraf internasional.

“Kebahagiaan bagi kami karena bisa bekerja sama dengan brand store yang sangat luar biasa. Kami berharap, dengan hadirnya program ini dapat memberikan dampak yang sangat positif pada industri kreatif di Jawa Barat," kata dia dikutip dari ANTARA, Minggu (19/2/2023).

1. Produk akan disebar di sejumlah toko

Produk UMKM Jabar akan Mejeng di Toko UniqloKoleksi Uniqlo Fall Winter 2022 (Dok.Uniqlo)

Benny berharap Program Uniqlo Neighborhood Collaboration tidak hanya menampilkan produk UMKM dalam satu kota, tetapi bisa lintas daerah, seperti produk Jabar ada di Bali, di Jakarta maupun sebaliknya produk luar Provinsi Jabar.

Dari 46 peserta terpilih, 16 di antaranya menempati store Uniqlo Trans Studio Mall Bandung. Sedangkan lainnya yaitu 10 peserta di Uniqlo Paris Van Java, 12 peserta di Uniqlo Heritage, dan 8 peserta di Uniqlo Paskal 23.

2. Semua UMKM yang bekerjasama produknya penuhi standar internasional

Produk UMKM Jabar akan Mejeng di Toko UniqloUNIQLO Pondok Indah Mal 3

Dia berpesan kepada pelaku industri kreatif yang terpilih untuk selalu memperhatikan kualitas produk-produknya. Sedangkan bagi yang belum lolos, Kadisparbud meminta untuk terus berinovasi dalam mengembangkan sektor industri kreatif.

“Produk-produk yang terpilih ini sudah memenuhi standar internasional. Artinya, harus bisa menjaga quality control demi keberlanjutan usaha,” ujar Kadisparbud.

“Pesan bagi para pelaku ekraf yang tidak terpilih jangan berkecil hati dan tetap semangat. Yakini bahwa suatu saat produknya akan tampil di program Uniqlo Neighborhood Collaboration,” katanya lagi.

3. Upayakan seluruh toko Uniqlo hadirkan produk lokal

Produk UMKM Jabar akan Mejeng di Toko UniqloIlustrasi UNIQLO Indonesia. (Dok. UNIQLO)

Chief Financial Officer PT Fast Retailing Indonesia (Uniqlo) Shigero Komano menyampaikan terima kasih kepada Pemprov Jabar dan juga para pelaku industri kreatif yang terpilih di program Uniqlo Neighborhood Collaboration.

"Ke depannya kami akan memperluas program ini ke seluruh toko Uniqlo. Menurut kami, ini menjadi bentuk komitmen untuk mengakui dan memperkenalkan produk-produk lokal ke masyarakat sekitar,” kata Shigero.

Uniqlo Neighborhood Collaboration mendapat antusias tinggi dari sejumlah pelaku industri kreatif wilayah Bandung Raya. Pada tahap awal terdapat 117 pendaftar, dan selanjutnya terpilih 80 pelaku industri kreatif yang lolos mengikuti proses kurasi.

Tahap kurasi dilakukan di Kantor Disparbud Provinsi Jabar pada 5-6 Januari 2023 lalu. Hasilnya, terpilih 46 peserta yang berhak memasarkan produknya di seluruh store Uniqlo di Kota Bandung.

Topik:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya