PPKM Darurat, 850 Satwa Kebun Binatang Bandung Terancam Kurang Gizi

Pemotongan gaji karyawan pun sedang dikaji

Bandung, IDN Times - Pemerintah Kota Bandung akan menutup tempat wisata dari 1 hingga 20 Juli 2021. Penutupan ini berkaitan dengan PPKM Darurat yang akan dijalankan di Jawa dan Bali.

Penutupan tempat wisata seperti ini bukan sekali terjadi. Selama pandemik COVID-19 Pemkot Bandung sudah sering melakukan pelarangan dibukanya tempat wisata. Alhasil pendapatan Kebun Binatang Bandung atau Bazoga makin tipis.

Kondisi ini pun jelas berdampak pada pemenuhan pakan untuk 850 lebih satwa yang ada di dalam Bazoga. Pengelola harus menarik napas panjang selama pandemik karena pemasukan sedikit, tapi harus memenuhi kebutuhan seluruh satwa.

"Setiap hari kita harus memberi satwa makan dan juga perawatan kesehatan yang nilainya hampir sekitar 300 jutaan per bulan. artinya kita cukup menguras kantong tabungan perusahaan" ujar Sulhan melalui siaran pers dikutip, Jumat (2/7/2021).

1. Memohon bantuan pemkot dan masyarakat luas untuk pakan satwa

PPKM Darurat, 850 Satwa Kebun Binatang Bandung Terancam Kurang GiziIDN Times/Galih Persiana

Menurutnya, pihak Bazoga mendukung langkah pemerintah dalam pengendalian COVID-19, termasuk untuk menutup tempat wisata. Namun, dengan penutupan ini manajemen Bazoga sangat memohon bantuan Pemkot Bandung dan elemen masyarakat lainnya untuk menyumbang dana atau pakan langsung ke kebun binatang.

'Dipersilakan datang ke jalan taman Sari kota Bandung. Bisa langsung mengantarkannya ke dapur Bazoga. Makan yang kami terima berupa daging sapi, daging ayam, buah-buahan, sayur-sayuran dan pakan satwa lainnya," ujar Sulhan.

2. Sama sekali tidak ada pemasukan

PPKM Darurat, 850 Satwa Kebun Binatang Bandung Terancam Kurang GiziSatpol PP menjaga pintu masuk Kebun Binatang Bandung yang ditutup sementara. IDN Times/Debbie Sutrisno

Bila dihitung, lanjut Sulhan, penutupan ketiga ini sampai 30 hari artinya selama ini Bazoga tidak ada pemasukan artinya sama sekali tidak ada. Sedangkan pengeluaran tetap berjalan untuk gaji karyawan, operasional dan juga pakan satwa.

"Permintaan atau sumbangan bagi satwa ini adalah yang kedua sejak ditutup pada periode Maret-Juni tahun 2020," kata dia.

3. Gaji karyawan pun akan dipangkas

PPKM Darurat, 850 Satwa Kebun Binatang Bandung Terancam Kurang GiziIlustrasi gaji (IDN Times/Arief Rahmat)

Sebagai langkah awal, manajemen sedang melakukan pemotongan gaji kepada 84 karyawannya sebagai salah satu cara efisiensi. Sebab tidak mungkin mengurangi pakan bagi 850 ekor satwa yang ada.

Bila dilakukan pengurangan lagi khawatir akan hal dampak negatif bagi satwa seperti sakit dan malnutrisi bagi satwa yang bersangkutan. "Karenanya manajemen dengan tangan terbuka bila ada yang pihak yang ingin membantu menyumbangkan pakan untuk satwa," kata dia

Menurut Sulhan, penutupan ini memang membuat beberapa hal di kebun binatang harus di kaji ulang seperti jumlah pakan yang sudah dilakukan beberapa kali namun pada saat ini adalah limit terendah yang maksimal bisa dilakukan.

Untuk faktor pakan satwa sekarang adalah titik terendah pakan yang bisa diberikan kepada satwa. bila ditekan lagi kemungkinan akan ada hal-hal atau dampak negatif bagi para satwa.

"semua sudah dikaji secara mendalam dan juga dilakukan modifikasi pakan yang ujungnya adalah seperti yang ada pada saat ini," paparnya.

Baca Juga: 5 Fakta Kelam Kebun Binatang Manusia, Hiburan 'Gila' pada Zaman Dulu

Baca Juga: Mulai Diterapkan Besok, Ini Beda PPKM Mikro dengan PPKM Sebelumnya

Topik:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya