Posyandu di Bandung Mulai Berikan Vitamin A untuk Bayi, Ini Manfaatnya

Yuk dapatkan vitamin ini secara gratis

Bandung, IDN Times - Seluruh Puskesmas di Kota Bandung mulai memberikan vitamin A untuk Baduta (bayi di bawah 2 tahun). Pemberian vitamin A ini sebagai upaya penggencaran pemberian vitamin bagi anak.

Sejumlah Posyandu dijadwalkan memberi asupan vitamin A untuk balita. Di antaranya di Posyandu Delima Kelurahan Lingkar Selatan, Kecamatan Lengkong. Serta Posyandu RW 08 Kelurahan Babakan Penghulu Kecamatan Cinambo.

Penjabat Ketua TP PKK Kota Bandung, Linda Nurani Hapsah mengungkapkan kegiatan tersebut sebagai pemberian rutin dilakukan kepada anak.

"Ini dilakukan setiap bulan Februari dan Agustus. Pemberian vitamin A ini untuk meningkatkan tumbuh kembang anak, stimulasi sel darah putih, dan pembentukan tulang sel hingga daya tahan tubuh," bebernya.

1. Pemberian vitamin penting untuk menyiapkan generasi emas

Posyandu di Bandung Mulai Berikan Vitamin A untuk Bayi, Ini ManfaatnyaDok. Humas Kota Bandung

Ia mengimbau kepada masyarakat untuk memanfaatkan momentum tersebut untuk asupan vitamin bagi anak. Sebab kegiatan ini menjadi upaya menyiapkan generasi emas di tahun 2045. Kita punya bonus demografi, dengan perhatian yaitu aparat bisa terus tingkatkan kesehatan masyarakat.

Linda menyebut, Pemkot Bandung saat ini tengah fokus mempersiapkan SDM unggul menyongsong era Indonesia Emas 2045. Selain pemenuhan vitamin, ia menyebut pengentasan angka stunting masih terus digeber Pemkot Bandung.

"Kota Bandung berkomitmen menyiapkan generasi emas dengan fasilitas kesehatan yang ada," katanya.

2. Tumbuh kembang anak makin baik dengan mengkonsumsi vitamin

Posyandu di Bandung Mulai Berikan Vitamin A untuk Bayi, Ini ManfaatnyaDok. Humas Kota Bandung

Ketua Posyandu Delima Dewi Kuraesih mengungkapkan, saat ini dilakukan pemberian vitamin A kepada banyak anak. Ini merupakan upaya pemberian nutrisi untuk meningkatkan tumbuh kembang anak.

Salah satu orang tua, Nurul Lita menyambut baik adanya pemberian vitamin A kepada anaknya. Hal ini memberikan dorongan bagi pertumbuhan anak.

"Mudah-mudahan dengan pemberian (vitamin A) ini, anak semakin sehat," katanya di Posyandu Delima RW 01, Kelurahan Lingkar Selatan, Senin 26 Februari 2024.

Ibu dari Aina ini meyakinkan, pemberian vitamin tersebut merupakan upaya memberikan pertumbuhan bagi anak.

"Alhamdulillah anak saya terus berkembang, setiap diukur tinggi dan berat badannya. Dengan kasih vitamin A ini, bisa lebih bersemangat dalam memberikan asupan gizi," kata dia.

3. Pemberian vitamin pun guna menekan angka stunting

Posyandu di Bandung Mulai Berikan Vitamin A untuk Bayi, Ini ManfaatnyaDok. Humas Kota Bandung

Sementara itu Camat Cinambo, Hakim Satya Budi menyebut, setiap tahun, pemberian vitamin A di Kecamatan Cinambo selalu mencapai angka 100 persen. Tahun ini, capaiannya baru mencapai 96 persen dan akan rampung dalam waktu tidak terlalu lama.

Terkait pengentasan stunting, Hakim memastikan, jajaran di kewilayahan terus memonitor dan melakukan sejumlah upaya untuk menekan angka stunting guna menyambut era Indonesia Emas.

"Data stunting di Kecamatan Cinambo per Desember 2023 sebanyak 146 kasus. Meski begitu, pemenuhan kebutuhan seperti vitamin A, di kecamatan kami selalu mencapai 100 persen," ujarnya.

Baca Juga: 9 Vitamin dan Suplemen untuk Tingkatkan Lubrikasi Vagina

Topik:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya