Polrestabes Bandung Sanksi 3 Travel Gelap saat Larangan Mudik

Banyak orang yang memaksa untuk mudik Lebaran ke Bandung

Bandung, IDN Times - Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Polrestabes Bandung memberi sanksi berupa penilangan terhadap tiga travel gelap yang mengangkut penumpang saat periode larangan mudik Lebaran 2021.

KBO Satlantas Polrestabes Bandung AKP Dody Kuswanto mengatakan, tiga travel gelap itu juga ditahan hingga operasi penyekatan mudik selesai beberapa waktu lalu.

"Travel gelapnya kami tahan, dan kemarin baru saya lepaskan setelah operasi penyekatan selesai dilaksanakan," kata Dody di Balai Kota Bandung, Jawa Barat, Selasa (25/5/2021).

1. Travel berasal dari Jakarta menuju Bandung

Polrestabes Bandung Sanksi 3 Travel Gelap saat Larangan MudikPenyekatan Libur Mudik 2021, Pasteur, Kota Bandung (IDN Times/Azzis Zulkhairil)

Menurutnya angkutan travel itu ditahan kemudian para penumpangnya diarahkan untuk kembali ke wilayah asalnya. Adapun tiga travel itu berasal dari wilayah Jakarta dan melintas ke Bandung dan diduga selanjutnya akan mengarah ke jalur selatan.

Sementara itu belum ada sanksi lain yang diberikan kepada para pemudik lainnya yang terjaring operasi penyekatan di wilayah Bandung. Sedangkan para kendaraan pemudik yang melintas ke Bandung tersebut hanya ditindak dengan diputarbalikkan untuk kembali ke daerah asalnya.

2. Sempat putarbalikkan 12 ribu kendaraan yang hendak masuk ke kota

Polrestabes Bandung Sanksi 3 Travel Gelap saat Larangan MudikKendaraan berputar balik saat penyekatan larangan mudik Lebaran 2021 di perbatasan DIY-Jateng, Tempel, Sleman, Rabu (12/5/2021). (ANTARA FOTO/Andreas Fitri Atmoko)

Pada periode larangan mudik, mulai dari 6 Mei hingga 17 Mei 2021, menurutnya ada sebanyak 47.748 unit kendaraan yang diperiksa di sejumlah titik pemeriksaan yang tersebar di gerbang tol maupun batas Kota Bandung.

Kemudian ada 12.038 unit kendaraan yang diputarbalikkan ke daerah asalnya. Belasan ribu kendaraan tersebut memiliki plat nomor selain plat nomor D, atau berasal dari luar daerah Bandung Raya.

"Khususnya karena menganut aglomerasi, jadi di luar letter D, mulai plat Z, B dan sebagainya, itu diputarbalikkan," kata Dody.

3. Kasus COVID-19 di Bandung naik efek libur lebaran

Polrestabes Bandung Sanksi 3 Travel Gelap saat Larangan MudikIlustrasi vaksinasi (ANTARA FOTO/Fauzan)

Di sisi lain, Dinkes Bandung menyebut ada kenaikan kasus COVID-19 di Jabar pascalibur Lebaran 2021. Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Bandung Ahyani Raksanagara menyatakan mobilitas tinggi masyarakat dalam suasana Lebaran 2021 menjadi salah satu faktor adamya kenaikan kasus COVID-19 dalam sepekan terakhir.

Pada dalam rentang waktu dua pekan lalu, atau sejak Senin (10/5) hingga Minggu (16/5), ada sebanyak 391 penambahan kasus baru. Sedangkan pada sepekan terakhir sejak Senin (17/5) hingga saat ini ada sebanyak 483 penambahan kasus baru.

"Salah satu kemungkinan (Lebaran)," kata Ahyani.

Namun Ahyani mengatakan sejauh ini tidak ada data khusus dari mana sumber COVID-19 itu menyebar hingga meningkatkan angka kasus dibandingkan pekan sebelumnya.

Baca Juga: Penutupan Kawasan Wisata di Bandung Demi Tekan Kasus COVID-19

Baca Juga: Diprediksi Melonjak, Ini Strategi Pemkot Bandung Atasi COVID-19

Topik:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya