Polrestabes Bandung Klaim Angka Kejahatan Makin Menurun

Apakah ini sesuai dengan keberadaan Tim Prabu?

Bandung, IDN Times - Polrestabes Bandung mengklaim angka kejahatan di Kota Bandung alami penurunan. Data yang dimiliki polisi, kejahatan di Kota Bandung alami penurunan sampai hingga 40 persen.

Penurunan itu diarenakan Polrestabes Bandung berserta para jajaran polsek-polsek rutin melakukan razia serentak di titik titik rawan sampai dengan pelosok.

"Polrestabes Bandung tidak pernah berhenti memberantas pelaku kejahatan yang berulah di Kota Bandung," kata Kapolretabes Bandung Kombes Pol Budi Sartono, Senin (5/6/2023).

1. Razia bakal digencarkan

Polrestabes Bandung Klaim Angka Kejahatan Makin MenurunRazia angkutan bermuatan

Pemberantansan melalui berbagai pengawasan dan penegakan dijalankan secara masif dan berkelanjutan. Sehingga masyarakat lebih aman ketika berkegiatan baik siang maupun malam hari.

Budi mengatakan pihaknya tidak memberikan toleransi bagi pelaku kejahatan yang berani beroperasi di Kota Bandung.

"Kita babat tuntas sampai bersih," katanya lagi.

Razia serentak ini khusus dilaksankan dengan sasaran senjata tajam dan geng motor yg sering meresahkan. Budi menambahkan selama kurun waktu satu minggu ini sebanyak puluhan pemuda yang teridentifikasi sebagai anggota geng motor dan puluhan sajam serta miras berhasil di amankan.

2. Perluas jangkuan patroli

Polrestabes Bandung Klaim Angka Kejahatan Makin MenurunIDN Times/Debbie Sutrisno

Budi menegaskan akan terus meningkatkan kegiatan patroli serta penambahan personil patroli, sehingga bisa menjangkau wilayah yang luas. Di sisi lain dia telah membangun command center yang bisa membantu mengendalikan anggota dilapangan dan menerima laporan masyarakat.

"Kami harapkan kepada masyarakat agar tidak ragu melaporkan kepada kita apabila melihat kejahatan yang terjadi, bagi pelaku kejahatan yang masih mencoba bermain di Bandung akan kami berikan contoh secara tegas dan terukur," kata dia.

3. Tim Prabu kembali dihidupkan

Polrestabes Bandung Klaim Angka Kejahatan Makin MenurunIDN Times/Debbie Sutrisno

Sebelumnya, Polrestabes Bandung kembali menghidupkan tim prabu yang beberapa tahun ke belakang sempat ditiadakan. Tim ini diharap bisa menjadi garda terdepan untuk mengantisipasi aksi kriminalitas di jalanan pada malam hari.

Kapolrestabes Bandung Kombes Pol Budi Sartono menuturkan, tim ini mulai bekerja pada Kamis (6/4/2023) malam. Mereka bersama dengan anggota kepolisian lainnya sepert Samapta dan Satlantas diberi tugas untuk menggiatkan kembali patroli malam.

"Kita ingin berikan rasa aman dan nyaman khususnya bagi warga Kota Bandung. Maka saja perintahkan Tim Prabu ini mulai aktif lagi ke depannya," kata Budi.

Dia menuturkan, tim ini harus bisa bekerja cepet ketika ada kejadian tertentu sambil memantu aktivitas masyarakat di malam hari. Karena melakukan patroli menggu akan sepeda motor, mereka harus bisa lebih cepat datang ke tempat kejadian peristiwa (TKP) ketika ada aksi kejahatan seperti begal.

Kemudian saat ada kejadian atau kerumunan konvoi bermotor bisa langsung dibubarkan oleh tim ini. Dan ketika ada aksi kejahatan diharap bisa lebih cepat melakukan penangkapan pelakunya.

"Tim yang akan motoris (pakai motor) melaksanakan pengamanan menjaga keamanan khususnya kejahatan keras pada malam hari maupun kegiatan lain, baik itu tawuran, begal, dan lainnya," ungkap Budi.

Topik:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya