Polres Garut Tata Kawasan Limbangan untuk Kelancaran Arus Mudik 

Pasar tradisional jadi titik kemacetan saat mudik

Bandung, IDN Times - Kepolisian Resor Garut, Jawa Barat, mulai melakukan penataan kawasan Limbangan yang menjadi titik rawan macet, agar jalan nasional itu lancar saat berlangsung arus mudik Lebaran.

"Pasar Limbangan ini menjadi salah satu titik atau lokasi rawan kemacetan di Kabupaten Garut," kata Kepala Satuan Lalu Lintas Polres Garut Iptu Aang Andi Suhandi dikutip dari ANTARA, Rabu (3/4/2024).

1. Siapkan rekayasa lalu lintas jika terjadi kemacetan panjang

Polres Garut Tata Kawasan Limbangan untuk Kelancaran Arus Mudik ilustrasi kemacetan pada musim mudik Lebaran (pexels.com/el jusuf)

Ia menuturkan jajarannya bersama Dinas Perhubungan Garut sudah melakukan pengecekan dan pemetaan jalur mana saja yang menjadi prioritas pengamanan jalur, di antaranya jalur nasional di Limbangan dan Malangbong.

Menurut dia, kepolisian sudah menyiapkan sejumlah rambu-rambu dan sarana lainnya untuk rekayasa lalu lintas di depan Pasar Limbangan.

"Penempatan sarana prasarana tersebut diletakkan dalam rekayasa lalu lintas persiapan Operasi Ketupat Lodaya 2024, tujuannya yakni demi menciptakan ketertiban dan kelancaran arus lalu lintas," katanya.

2. Pastikan delman tidak beroperasi selama masa libur Lebaran

Polres Garut Tata Kawasan Limbangan untuk Kelancaran Arus Mudik Sebuah delman jatuh dalam selokan di Bangunan Bantul.(Dok.Polres Bantul)

Ia menyampaikan upaya lainnya untuk mencegah terjadinya kemacetan di jalur nasional itu yakni larangan beroperasi untuk delman di wilayah Limbangan dan Malangbong.

"Sesuai kesepakatan, andong-andong yang berada di Limbangan hingga Malangbong akan berhenti beroperasi," katanya.

3. Ada 10 pos pantau khusus di obyek wisata

Polres Garut Tata Kawasan Limbangan untuk Kelancaran Arus Mudik Wisata Sabda Alam Garut (instagram.com/netiherlinawati)

Ia menyampaikan Polres Garut dan pemerintah daerah selama ini sudah melakukan rapat koordinasi untuk menyiapkan pelayanan dan kebutuhan apa saja dalam rangka pengamanan arus mudik di Kabupaten Garut.

Sejumlah pos, kata dia, tentunya sudah disiapkan yakni satu Pos Pengamanan Terpadu di Limbangan, kemudian Pos Pengamanan Kadungora, Pos Pelayanan di Terminal Guntur Tipe A, selanjutnya 10 pos pelayanan di tempat wisata.

"10 pos di objek wisata yang sedang disiapkan agar kita segera bisa pergunakan," katanya.

Ia menambahkan upaya mengatasi kemacetan tidak hanya dilakukan di jalur nasional wilayah Limbangan dan sekitarnya, tapi juga dilakukan di kawasan jalur Kadungora, perkotaan, dan objek wisata yang seringkali menjadi tujuan masyarakat untuk berwisata saat libur Lebaran.

Baca Juga: Panglima TNI: Amunisi Kedaluwarsa Gudmurah Akan Diledakkan di Garut

Topik:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya