Polisi Masih Identifikasi Korban Meninggal Tabrakan di Tol Cikampek

6 Korban masih dalam kondisi utuh

Bandung, IDN Times - Kepolisian dari Polda Jawa Barat saat ini tengah melakukan identifikasi pada sembilan korban meninggal dunia akibat tabrakan di jalan tol Cikampek, Senin(8/4/2024), pagi. Korban meninggal di tempat setelah kendaraan yang ditumpangi alami kebarakan.

Kabid Humas Polda Jabar Kombers Pol Jules Abraham mengatakan, saat ini Kepolisian sudah mengambil langkah mengevakuasi kendaraan dan korban yang terlibat, serta mengevakuasi 13 kantong jenazah yang mengalami luka bakar dari 1 unit mobil minibus yang saat ini masih proses identifikasi.

"Selain itu Biddokes Polda Jawa Barat juga membangun Posko DVI di RSUD kab Karawang," kata Jules, Senin (8/4/2024).

1. Dua orang alami luka berat

Polisi Masih Identifikasi Korban Meninggal Tabrakan di Tol CikampekTangkapan layar video dari Instagram PRFM

Dia menuturkan, sembilan orang yang meninggal merupakan penumpang dalam mobil minibus, sementara ada dua orang yang mengalami luka berat yang merupakan penumpang bus

"Saat ini ada 9 orang yang dinyatakan meninggal dunia dan dua luka berat yang meninggal dunia itu dari mobil minibus dan kemudian dua luka berat dari bus 1 luka berat (Kondektur Bus), 1 luka ringan (penumpang). Untuk korban MD saat ini sedang proses identifikasi oleh Tim DVI Polri," paparnya.

2. Ini kronologis tabrakan di jalur tersebut

Polisi Masih Identifikasi Korban Meninggal Tabrakan di Tol CikampekKecelakaan di jalur kontraflow KM 58 Jakarta-Cikampek pada Senin (8/4/2024). (instagram.com/infojawabarat)

Sementara itu, Kapolres Karawang Polda Jabar AKBP Wirdhanto menjelaskan, mobil minibus yang berada di jalur contraflow arah Cikampek mengalami masalah. Kemudian mobil tersebut berupaya untuk menepi di bahu jalan kanan di jalur B yang mengarah ke Jakarta.

"Ketika itu ada bus yang dari arah Cikampek tidak bisa menghindar dan menabrak dan seketika langsung terbakar. Selanjutnya juga ada satu kendaraan minibus lain yang mengalami dampak dan menabrak bus juga ikut terbakar," jelas Wirdhanto.

Saat sedang penanganan oleh kepolisian, jalur contraflow ditutup yang mengarah ke Cikampek, di mana semua kendaraan diarahkan melalui jalur lain.

Adapun kecelakaan lalu lintas di Tol Japek KM 58.600 jalur B arah Cikampek Jakarta, yang melibatkan tiga kendaraan, yaitu satu bus dan dua minibus tersebut saat ini masih dalam penyelidikan oleh Traffic Analis Acident TAA Ditlantas Polda Jabar dengan Korlantas Polri untuk diketahui penyebab kejadian

3. Jasa Marga buka akses Tol Japek II untuk mengurai kemacetan

Polisi Masih Identifikasi Korban Meninggal Tabrakan di Tol CikampekIDN Times/Istimewa

PT Jasa Marga bersama kepolisian mulai membuka jalur fungsional jalan tol Jakarta-Cikampek II Selatan segmen Sadang sampai Kutanegara. Fungsional akses ini mulai dilaksanakan sejak pukul 09.47 WIB.

Direktur Utama PT JJS Charles Lendra menjelaskan, pengalihan arus lalu lintas ke jalur fungsional jalan tol Japek II Selatan saat ini dilakukan untuk mengurangi kepadatan arus lalin di jalan tol Jakarta-Cikampek sebagai dampak dari penanganan dan evakuasi kejadian kecelakaan di Km 58+600 Jalan Tol Jakarta-Cikampek arah Jakarta.

“Jalur fungsional jalan tol Japek II Selatan dibuka atas diskresi Kepolisian. Dalam membuka jalur fungsional jalan tol Japek II Selatan, kami beserta pihak Kepolisian juga memantau tidak ada kepadatan lalu lintas di Jalan Provinsi (Jalan Industri) setelah akses keluar dari jalur fungsional,” ujar Charles melalui siaran pers, Senin (8/4/2024).

Baca Juga: Jasad 6 Korban Tewas Kecelakaan KM 58 Tol Jakarta-Cikampek Utuh

Topik:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya