Polisi Bakal Bubarkan Konser Musik yang Langgar Aturan

Jangan sampai ada kejadian mirip Itaewon di Bandung

Bandung, IDN Times - Sejumlah konser musik bakal dihelat sekitar Bandung Raya. Mulai dari Kickfest, Fosfen Festival, hingga Bergembira Bersama yang dihelat di Kiarapayung, Sumedang.

Berkaca dari kasus kerumunan penonton pada konser musik di Jakarta dalam Berdendang Bergoyang, Polda Jabar memastikan setiap acara akan dipantau langsung oleh aparat kepolisian. Sejumlah persyaratan pun harus dipenuhi penyelenggaran event agar kegiatannya bisa berjalan.

"Di dalam pemberian izin itu, memang kita akan melakukan assesment terkait beberapa langkah teknis yang harus disepakati oleh pihak penyelenggara," ujar Ibrahim Tompo, Selasa (1/11/2022).

1. Polisi bisa bubarkan acara saat masih berlangsung

Polisi Bakal Bubarkan Konser Musik yang Langgar AturanIDN Times/Debbie Sutrisno

Menurutnya, jika ada syarat yang tidak terpenuhi atau dilanggar pada saat acara berlangsung, maka polisi bakal mencabut izin keramaiannya bahkan saat acara masih berlangsung.

"Di dalam rencana kegiatan, mereka harus diselaraskan dengan batasan yang mereka janjikan tersebut. Itu yang harus mereka patuhi. Kalau misalnya mereka gak mematuhi itu, harus dibubarkan saat itu juga," kata Ibrahim.

2. Jangan sampai penjualan tiket melebihi kapasitas

Polisi Bakal Bubarkan Konser Musik yang Langgar AturanBerdendang Bergoyang Festival (instagram.com/berdendangbergoyang)

Salah satu syarat yang wajib ditaati adalah terkait kapasitas atau daya tampung dari tempat gelaran acara tersebut.

"Jadi itu salah satu daya tampung yang harus dipatuhi. Daya tampung itu harus diperhitungkan, apalagi sekarang itu kan masih pandemi," katanya.

3. Perizinan bakal dikeluarkan Polres masing-masing daerah

Polisi Bakal Bubarkan Konser Musik yang Langgar Aturanilustrasi konser L'Arc-en-Ciel (instagram.com/larcenciel.official)

Terkait pengamanannya, konser musik biasanya diawasi oleh aparat wilayah atau polres masing-masing yang menerbitkan izin keramaian.

"Jadi, penyelenggaraan itu di satuan wilayah masing-masing. Tapi pertimbangannya akan sama dengan akan dilakukan assesment," kata dia.

Baca Juga: Penyelenggara Berdendang Bergoyang Diduga Cetak Tiket Tak Sesuai Izin

Topik:

  • Galih Persiana

Berita Terkini Lainnya