Polda Jabar Imbau Bobotoh Tak Bawa Flare saat Nonton Persib vs Persija

Keamanan akan ditingkatkan 

Bandung, IDN Times - Kepolisian dari Polda Jawa Barat bakal melakukan pengamanan super ketat dalam laga Persib melawan Persija yang diseleggarakan di Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA), Minggu (2/10/2022).

Kabid Humas Polda Jabar Kombes Pol Ibrahim Tompo mengatakan, pengecekan dilakukan secara berkala terhadap seluruh penonton agar tidak ada yang masuk ke dalam stadion baik membawa senjata tajam hingga flare.

"Nanti di ring-ring penonton atau pada saat kita akan menyeleksi yang masuk Ini juga otomatis kita akan razia, supaya tidak membawa seperti senjata tajam, kemudian flare yang bisa membakar," ujar Ibrahim, Selasa (27/9/2022).

1. Jangan bawa benda yang membahayakan

Polda Jabar Imbau Bobotoh Tak Bawa Flare saat Nonton Persib vs PersijaAlat sajam yang digunakan para pelaku untuk membunuh Jurnalis di Binjai (IDN Times/ istimewa)

Ibrahim meminta masyarakat yang ingin menonton bisa mawas diri agar tidak membawa benda yang membahayakan diri sendiri maupun orang lain. Termasuk barang yang bisa membahayakan seperti korek akan dirazia karena takut bisa membakar stadion.

"Ya ekspresi kesenangan atau ekspresi menyampaikan rasa senangnya dengan kemenangan ini biasanya bermacam macam ya. Ada yang menggunakan flare atau berbagai atribut yang lain, terutama kepada flare atau alat alat yang bisa berbahaya untuk orang lain ini sebaiknya dihindari untuk dibawa," kata dia.

2. Teknik pengamanan gunakan pola 4 ring

Polda Jabar Imbau Bobotoh Tak Bawa Flare saat Nonton Persib vs PersijaIDN Times/Debbie Sutrisno

Ibrahim mengatakan, untuk pengamanan nantinya memakai pola empat ring. Mulai dari luar stadion hingga ke dalam staidon. Harapannya seleksi penonton yang memiliki tiket dan membawa barang berbahaya bisa lebih ketat.

Pengamanan juga untuk meminimalisir adanya pendukung Persija Jakarta yang mencoba menerobos masuk ke dalam Stadion GBLA.

"Sehingga kalau terindikasi ini penonton persija, otomatis pasti akan dikembalikan lagi. Misalnya dia bawa atribut Persija," kata dia.

3. Jakmania tidak boleh datang ke GBLA

Polda Jabar Imbau Bobotoh Tak Bawa Flare saat Nonton Persib vs Persijagoal.com

Kepolisian dari Polda Jawa Barat menegaskan agar pendukung Persija Jakarta, Jakmania, untuk tidak memaksa datang ke Bandung menyaksikan laga Persib melawan Persija di GBLA.

"Hasil koordinasi dengan panitia penyelenggara kita akan seleksi penonton. Sehingga memang rencananya pertandingan ini hanya dihadiri oleh penduku dari Persib," ujar Ibrahim.

Ibrahim menuturkan, kepolisian yang berjaga bakal melakukan pengamanan termasuk melakukan sweaping kepada penonton yang diduga pendukung Persija Jakarta. Itu akan dilihat dari atribut yang mereka kenakan ketika datang ke GBLA.

Tidak dibolehkannya Jakmania ke Bandung untuk menyaksikan pertandingan tersebut karena aparat tidak ingin ada hal buruk yang nantinya terjadi pada hari laga diselenggarakan.

"Maka akhirnya diputus dengan panitia tidak akan menghadirkan pendukung Persija," kata dia.

Topik:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya