PKS Ajukan Asep Mulyadi dan Siti Muntamah Maju Pilwalkot Bandung 

Kedua nama ini dianggap kader terbaik

Bandung, IDN Times - Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Kota Bandung telah mengajukan dua nama untuk maju dalam pemilihan wali kota Bandung. Dua nama tersebut adalah Siti Muntamah (Umi Oded) dan Asep Mulyadi.

Ketua DPW PKS Jawa Barat Haru Suandharu mengatakan, dua nama tersebut adalah kader terbaik yang sudah diseleksi dari banyaknya calon yang mengajukan diri maupun diajukan. Saat ini keduanya pun sudah dipastikan masuk sebagai anggota legislatif baik di Kota Bandung maupun Jawa Barat.

"Dua nama ini sudah diusulka ke DPP PKS (pusat). Tapi nantinya terserah dari DPP karena mereka yang punya kewenangan. Tapi ini adalah calon terbaik yang kami ajukan," kata Haru dalam konferesi pers, Minggu (19/5/2024).

1. Mereka bersedia mundur dari legislatif jika dicalonkan

PKS Ajukan Asep Mulyadi dan Siti Muntamah Maju Pilwalkot Bandung Ilustrasi Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) (IDN Times/Yosafat Diva Bayu Wisesa)

Sesuai dengan arahan dari Komisi Pemilihan Umum (KPU) yang mewajibkan anggota legislatif terpilih agar mundur ketika maju pada Pilkada mendatang, Haru memastikan bahwa keduanya memang sudah siapp mundur dan fokus dalam pemilihan calon wali kota Bandung.

Sebab, sebelumnya juga ada anggota legislatif terpilih pada pemilihan umum kemarin menolak ketika harus mundur dari amanah yang sudah diberikan masyarakat. Mereka memilih untuk fokus di legislatif dan enggan maju dalam pemilihan calon wali kota.

"Jadi mereka yang dua ini saat diajukan sudah bersedia ketika nanti memang dicalonkan. Sudah ditanyakan secara langsung," ungkap Haru.

2. PKS siap ajukan diri jadi calon wali kota, bukan wakil

PKS Ajukan Asep Mulyadi dan Siti Muntamah Maju Pilwalkot Bandung Logo PKS. (Istimewa)

Khusus di Kota Bandung, lanjutnya, PKS sudah bisa mengajukan diri sendiri untuk maju dalam pemilihan wali kota dan wakil wali kota. Dengan demikian sudah pasti tahun ini PKS akan mencalokan wali kota dan tidak akan menerima ketika harus maju sebagai calon wakil wali kota.

Komunikasi pun sudah dilakukan dengan sejumlah partai politik maupun calon independen yang siap bergabung dengan PKS. Sudah ada beberapa calon independen yang meminta agar bisa bekerjasama, tapi tidak sedikit yang inginnya justru menjadi wali kota, bukan wakil wali kota.

Keinginan tersebut pun ditolak karena PKS sebagai pemenang legislatif di Kota Bandung dipastikan akan mengajukan bakal calon wali kota, bukan wakil wali kota.

"Sudah ada beberapa nama untuk wakil wali kota yang mengajukan secara independen. Ada lebih dari lima orang, tapi kan semua tergantung dari keputusan DPP nantinya," ungkap Haru.

3. Menanti arahan dari DPP PKS

PKS Ajukan Asep Mulyadi dan Siti Muntamah Maju Pilwalkot Bandung PKS Kota Bandung, IDN Times/Debbie Sutrisno

Sementara itu, salah satu calon wali kota Bandung dari PKS, Asep Mulyadi mengatakan bahwa kepemimpinan alhamrhum Oded M Danial ketika menjadi Wali Kota Bandung sudah baik. Banyak program yang sangat bermanfaat bagi masyarakat dan bisa meningkatkan taraf hidup.

Meski demikian, tetap harus ada perbaikan seperti dari sisi pendidikan dan perekonomian yang masih harus ditingkatkan. Dia berharap kemenangan PKS pada Pilwakot Bandung bisa memberikan dampak positif bagi seluruh masyarakat Kota Bandung.

"Kami berdua akan bersama-sama berkomunikasi dengan banyak pihak untuk pemilihan ini," kata dia.

Di sisi lain, calon lainnya Siti Muntamah memastikan siap ketika diberi amanah untuk maju dalam Pilwakot Bandung. Banyak masalah yang harus segera diselesaikan mulai dari persoalan sampah, banjir, pendidikan, hingga peningkatan mutu hidup masyarakat.

Selama ini PKS selalu merumuskan masalah dan mencari jalannya dengan cara bermusyawah. Artinya ke depan siapapun yang diminta untuk maju dalam Pilwalkot merupakan pilihan banyak pihak demi kebaikan Kota Bandung ke depannya.

"Konsekuensi ini (mundur dari legislati) sudah siap dan semoga DPP ini mendengar suara dari kader di bawah," kata dia.

Baca Juga: Sudirman Said Mulai Bangun Komunikasi Bareng PKS untuk Pilkada DKI?

Topik:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya