PKL-Lahan Parkir Monju Bandung akan Ditata untuk Hilangkan Kemacetan

Kawasan ini makin ramai dikunjungi masyarakat

Bandung, IDN Times - Pemerintah Kota Bandung terus menata Pedagang Kaki Lima (PKL) di kawasan Monumen Perjuangan Jawa Barat (Monju) agar lebih tertib. Tujuannya agar ruang publik di kawasan tersebut dapat dinikmati secara maksimal oleh pengunjung.

Sekretaris Daerah Kota Bandung, Ema Sumarna memastikan adanya perbaikan dari aspek ketertiban. Hal tersebut meliputi penataan PKL dan kantong parkir yang kini lebih rapi.

"Kami memantau ruang publik di kawasan Monju saat ini sudah mendekati ideal. Sesuai fungsinya untuk berolahraga, bermain, bercengkrama dengan keluarga. Tentu sudah ada perbaikan signifikan dibanding beberapa hari ke belakang," ujar Ema melalui siaran pers, Minggu (14/1/2024).

1. Khususkan kawasan Monju utara untuk area pedagang

PKL-Lahan Parkir Monju Bandung akan Ditata untuk Hilangkan KemacetanDok. Humas Kota Bandung

Ema mendorong sejumlah aspek penunjang penataan PKL di kawasan Monju. Salah satunya, pengeras suara di area ruang publik untuk menyebar informasi dari kawasan selatan hingga utara.

Juga penataan posisi PKL yang masih menempati sejumlah titik. seperti yang menempati area masuk ke ruang publik, atau yang berada di ruas jalan sambungan antara ruang publik zona satu dengan zona lainnya.

Secara teknis, para PKL tersebut nantinya akan dipindahkan ke area utara Monju, yang juga menjadi kantong parkir kendaraan, khususnya kendaraan roda empat.

2. Ini sejumlah titik parkir yang bisa dipakai warga

PKL-Lahan Parkir Monju Bandung akan Ditata untuk Hilangkan Kemacetan(IDN Times/Azzis Zulkhairil)

Terkait kantong parkir, Ema menjelaskan, untuk kendaraan roda dapat memarkir kendaraan di kawasan Jalan Majapahit. Sedangkan kendaraan roda empat dapat memarkir kendaraan di Taman Gentong.

"Atas nama Pemkot Bandung dan Pj Wali Kota Bandung, kami sampaikan terima kasih kepada Pemprov Jabar, kepada Pj Gubernur Jabar, yang sudah mengizinkan Jalan Majapahit sebagai tempat parkir roda dua," kata Ema.

"Jalan Sentot Alibasa, Jalan Aria Jipang juga kami pastikan sudah bebas hambatan. Tidak ada aktivitas parkir ataupun aktivitas ekonomi yang menimbulkan kemacetan," terangnya menambahkan.

3. Penertiban akan dilakukan mulai pekan depan

PKL-Lahan Parkir Monju Bandung akan Ditata untuk Hilangkan Kemacetaninstagram.com/indrasutantoo

Dengan proses sosialisasi, ia optimis kawasan utara Monju nantinya akan lebih diketahui masyarakat. Pasalnya, sejumlah aktivitas PKL dan parkir akan dipindahkan ke kawasan tersebut agar ruas-ruas jalan terdampak macet dapat kembali bebas hambatan.

"Kami juga tentunya perlu bersinergi dengan Pemprov Jabar. Aset ini milik Pemprov Jabar. Kami sebatas membantu dan memberi masukan," ujarnya.

Ema menargetkan sejumlah PR penataan PKL kawasan Monju dapat selesai pekan depan. Sehingga harapannya, saat masyarakat kembali bertemu dengan akhir pekan dan hendak menghabiskan waktu di Monju, kawasan tersebut sudah jauh lebih tertib dari hari ini.

"Minggu depan akan kami praktikkan," tutur Ema.

Baca Juga: Pemkot Bandung Tertibkan PKL dan Lahan Parkir di Kawasan Saparua

Topik:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya