PKB Ingin Bangun Koalisi dengan PKS untuk Menangkan Pilwalkot Bandung 

PKS bisa calonkan kader sendiri, PKB belum bisa

Bandung, IDN Times - Partai politik di Kota Bandung terus menjalin silaturahmi demi menjalin koalisi menjelang pendaftaran pemilihan wali kota (Pilwalkot) Bandung. Salah satunya adalah perwakilan Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) yang mendatangi kantor Partai Keadilan Sejahtera.

Ketua DPC PKB Kota Bandung, Erwin, bersilaturahmi ke DPD PKS Kota Bandung dan disambut langsung oleh Ahmad Rahmat Purnama. Selain itu sejumlah petinggi dari masing-masin partai pun turut hadir dalam pertemuan tersebut.

Ahmad mengatakan, PKS secara kursi di DPRD untuk periode mendatang memperoleh 11 yang mana bisa mencalonkan sendiri dalam Pilwalkot Bandung. Namun, hal itu tak akan dilakukan karena dalam membangun sebuah daerah harus ada kerja sama dengan parpol lainnya.

"Kami sadar bahwa membangun Kota Bandung ini ga bisa dibereskan PKS sendiri. Sangat perlu membangun semangat kolaborasi dengan banyak stakholder," kata Ahmad dalam diskusi tersebut, Selasa (11/6/2024).

1. Bandung butuh banyak perbaikan untuk kesejahteraan warga

PKB Ingin Bangun Koalisi dengan PKS untuk Menangkan Pilwalkot Bandung IDN Times/Debbie Sutrisno

Menurutnya, Kota Bandung selalu menarik dalam pemilihan kepala daerah karena kota ini merupakan ibukota Provinsi Jawa Barat. Potensi kota ini pun sangat banyak, walaupun tetap ada persoalan yang sampai sekarang belum bisa terselesaikan.

Artinya, dalam pencarian kepala daerah harus bisa dipersiapkan sosok yang memang bisa membawa perubahan ke arah yang lebih baik dalam menyelesaikan persoalan sekarang. Untuk itu, bekerjasama dengan banyak pihak termasuk PKB baik di pemerintahan maupun di parlemen sangat penting dalam memajukan Kota Bandung.

"Dengan PKB ini kan kita sudah berpengalaman, di Pilpres juga berkoalisi. Maka kenapa tidak kalau ada koalisi PKS dan PKB (di Pilwalkot Bandung)," kata dia.

2. Jangan terlalu lama tarik ulur untuk berkoalisi

PKB Ingin Bangun Koalisi dengan PKS untuk Menangkan Pilwalkot Bandung IDN Times/Debbie Sutrisno

Sementara itu, Erwin menuturkan bahwa kursi PKB di DPRD Kota Bandung memang kecil hanya dapat lima. Meski demikian, PKB di kota ini masih sangat diperhitungkan.

Karena tidak mungkin mengusung calon sendiri, PKB perlu partai yang mau diajak berkoalisi dan salah satu yang patut diperhitungkan adalah PKS. Selama ini komunikasi telah dijalin sejak lama walaupun masih belum didapat hasil akhir apakah kedua partai siap menjalin koalisi atau tidak.

"Biasa kita WA (pesan lewat WhatsApp) ngobrol, tapi banyak tarik ulurnya. Bahaya nanti tarik ulur kalau putus. Lengit weh (hilang saja)," ungkap Erwin.

Menurutnya, waktu pendaftaran calon Pilwalkot Bandung hanya menyisakan waktu dua bulan saja. Rentang waktu ini tidak bisa dibilang panjang karena persiapan harus dilakukan agar pencalonan sosok siapapun nantinya bisa diterima oleh masyarakat.

"Kalau PKB ini harus ada teman, kalau kelamaan nanti bisa lari ke yang lain. Beda sama PKS yang bisa nyalon (mencalonkan) sendiri," kata dia.

3. Ini tahapan Pilwakot 2024 di Bandung

PKB Ingin Bangun Koalisi dengan PKS untuk Menangkan Pilwalkot Bandung Ilustrasi Pemilu. (IDN Times/Mhd Saifullah)

Pemilihan kepala daerah atau Pilkada 2024 sudah dimulai tahapannya, meski pilkada tersebut bakal dilaksanakan pada 27 November 2024. Komisi Pemilihan Umum atau KPU pun akan serentak melakukan pembentukan PPK, PPS, dan KPPS mulai 17 April hingga 5 November 2024.

Selanjutnya, berdasarkan keterangan yang dihimpun dari website KPU, mulai 24 April hingga 31 Mei 2024 dilakukan penyerahan daftar penduduk potensial pemilih, serta 31 Mei hingga 23 September 2024 akan ada pemutakhiran dan penyusunan data pemilih.

Ketua KPU kota Bandung Wenti Frihadianti menyampaikan, bahwa pihaknya sudah melakukan persiapan menghadapi pilkada 2024.  Untuk pemenuhan persyaratan dukungan pasangan calon perseorangan, Wenti menyebut akan dilakukan pada 5 Mei hingga 19 Agustus 2024.

"Kalau pengumuman pendaftaran pasangan calon itu dimulai 24 Agustus hingga 26 Agustus 2024. Sedangkan pendaftarannya 27 hingga 29 Agustus 2024. Dan akan dilakukan penelitian persyaratan calon per 27 Agustus hingga 21 September 2024," ujar Wenti beberapa waktu lalu.

Wenti mengutarakan penetapan pasangan calon dilakukan pada 22 September 2024, sementara untuk kampanye itu mulai 25 September sampai 23 November 2024.

"Pelaksanaan pemungutan suara 27 November, dan rekapitulasi akan sampai 16 Desember 2024," katanya.

Baca Juga: KPU Bandung: Dipastikan Tak Ada Calon Independen Ikut Pilwakot 2024

Topik:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya