Petugas Selidiki Penyebab Kebakaran di Ruang Arsip Gedung DPRD Jabar

Diskar PB Bandung berhasil padamkan api

Bandung, IDN Times - Petugas pemadam kebakaran sampai saat ini masih mencari tahu penyebab kebakaran yang menghanguskan ruang arsip di Gedung Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Jawa Barat. Di akhir pekan ini tidak ada kegiatan anggota dewan yang bertugas di ruangan.

Kepala Seksi (Kasi) Operasi Pemadaman Dinas Pemadam Kebakaran dan Penanggulangan Bencana (Diskar PB) Kota Bandung Asep Rahmat menuturkan, mendapatkan informasi kebakaran di salah satu ruangan kantor dewan pada pukul 08.40 WIB. Kurang dari 10 menit, petugas pemadam kebakaran datang ke lokasi.

Ketika petugas datang api yang berkobar sudah padam. Empat orang petugas keamanan kantor dewan langsung melakukan prosedur pemadaman mandiri menggunakan alat pemadam yang tersedia.

"Respons time 7 menit petugas sudah sampai di sini. Saat datang, security sudah sigap. Petugas keamanan melakukan pemadaman menggunakan apar (alat pemadaman api ringan) di lokasi gedung karena proteksi aktif ada," kata Rachmat di lokasi, Minggu (21/8/2022).

1. Asap tebal sulitkan pemadaman api menyeluruh

Petugas Selidiki Penyebab Kebakaran di Ruang Arsip Gedung DPRD JabarIDN Times/Debbie Sutrisno

Ia menjelaskan, petugas keamanan sudah berhasil memadamkan api di ruang arsip tersebut. Namun, dikarenakan asap yang tebal mereka memutuskan memanggil tim pemadam kebakaran untuk memastikan tidak ada lagi titik api di sekitar lokasi.

"Anggota sudah melakukan pemadaman, tetapi karena asap yang tebal akhirnya mereka memanggil petugas pemadam," tuturnya.

2. Turunkan 11 unit kendaraan pemadam

Petugas Selidiki Penyebab Kebakaran di Ruang Arsip Gedung DPRD JabarMobil pemadam kebakaran turntable tender and snorkel (agenpemadamapi.com)

Sementara ini, area yang terbakar terjadi di ruangan arsip, lantai tiga, Gedung DPRD Jabar. Ia menambahkan, sebanyak 11 unit pemadam kebakaran dikerahkan untuk membantu proses pendinginan.

"Sementara, salah satu ruangan yang banyak buku dan arsip. Kondisinya jadi di dalam itu partisinya disekat sehingga cukup merepotkan petugas dalam melakukan pemadaman," jelasnya.

3. Api tidak meluas karena ruangan yang terbakar kecil

Petugas Selidiki Penyebab Kebakaran di Ruang Arsip Gedung DPRD JabarIDN Times/Debbie Sutrisno

Rachmat mengungkapkan, hingga kini petugas masih mencari tahu ihwal penyebab terbakarnya salah satu ruangan di gedung DPRD tersebut. 

"Alhamdulillah api tidak meluas. Tetapi karena ruangan kecil, kemudian banyak bahan kertas yang mudah terbakar juga asap tebal sehingga agak sulit," ujarnya.

Baca Juga: Ruang Arsip Gedung DPRD Jawa Bawat Kebakaran

Topik:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya