Pertemuan Pemerintah Daerah Se-Asia Timur Segera Digelar di Jabar

Kegiatan dianggap penting untuk jalin relasi ekonomi

Bandung, IDN Times - Provinsi Jawa Barat didapuk menjadi tuan rumah The East Asia Local and Regional Government Congress (Kongres Pemerintahan Daerah se-Asia Timur) ke-11 yang akan dilaksanakan pada 17 November 2022 mendatang di Bandung.

Tujuan utama Kongres Asia Timur ini untuk menyediakan kesempatan bagi pemerintah lokal maupun daerah untuk saling bertukar gagasan dan mengembangkan kerja sama antar pemerintah provinsi dan kota se-Asia Timur.

Kepala Biro Pemerintahan dan Otonomi Daerah Pemprov Jabar, Dodit Ardian Pancapana mengatakan, bagi pemerintah kongres itu jadi ajang promosi, investasi, perdagangan, dan pariwisata.

"Sebuah kehormatan Provinsi Jawa Barat ditunjuk menjadi tuan rumah Kongres Asia Timur. Ini akan menjadi media pertukaran pengalaman pemerintah-pemerintah daerah dalam menghadapi pandemi dan memulihkan ekonominya" ujar Dodit, Rabu (17/11/2021).

1. Jadi akses pelaku ekonomi masuk pasar internasional

Pertemuan Pemerintah Daerah Se-Asia Timur  Segera Digelar di JabarIlustrasi Ekspor (IDN Times/Arief Rahmat)

Menurutnya, status tuan rumah dalam pelaksanaan kongres itu juga telah membuka peluang bagi Jawa Barat sebagai hub dalam jejaring hubungan internasional pemerintah-pemerintah daerah. Ini selanjutnya akan membuka akses pelaku ekonomi Jawa Barat untuk bisa go internasional.

Sebagai langkah persiapan, Pemprov Jabar menggelar section meeting atau pra-even yang dihadiri 230 peserta dari perwakilan pemerintah daerah se-Asia Timur di The Trans Luxury Hotel Bandung pada Rabu (17/11/2021).

2. Pertemuan sudah dimulai dalam membahas persoalan pandemik COVID-19

Pertemuan Pemerintah Daerah Se-Asia Timur  Segera Digelar di JabarIlustrasi virus corona (IDN Times/Arief Rahmat)

Kasubag Kerja Sama Luar Negeri, Taufiq Firdaus Al Muzaky menjelaskan, section meeting ini adalah pertemuan atau seminar yang diselenggarakan oleh pemerintah anggota kongres. Ini dimaksudkan untuk para working-level officials dari berbagai pemerintah daerah anggota kongres lintasnegara berkumpul dan membahas isu-isu penting yang sedang dialami.

Section meeting ini penting karena sebagai bentuk perwujudan itikad baik Indonesia menunjukkan keseriusan dan kesiapan di Jawa Barat sebagai tuan rumah.

"Diharapkan section meeting ini bisa menjadi awal keberhasilan penyelenggaraan kongres ke-11," kata Muzaky.

3. Pertemuan ini sudah berjalan sejak 2014

Pertemuan Pemerintah Daerah Se-Asia Timur  Segera Digelar di JabarIDN Times/Istimewa

Kongres Pemerintah Daerah se-Asia Timur diinisiasi oleh Pemerintah Prefektur Nara, Jepang. Kongres itu dibentuk dalam rangka mendasari pembangunan Asia Timur dan mendukung langkah proaktif dalam merealisasikan ide-ide. Kongres itu beranggotakan 75 Pemerintah Daerah dari 7 Negara.

Pada tahun 2014 melalui surat Gubernur Prefektur Nara tanggal 1 Juli 2014, Pemerintah Provinsi Jawa Barat menerima undangan tawaran untuk menjadi anggota the East Asia Local and Regional Government Congress.

Melalui surat Dirjen Kantor Gubernur Prefektur Nara Jepang tanggal 17 Oktober 2014 tentang Announcement of Approved New Members of the East Asia Local and Regional Government Congress (NOTICE), Pemerintah Provinsi Jawa Barat secara resmi diterima sebagai anggota the East Asia Local and Regional Government Congress yang tercatat dalam dokumen Referensi Nomor 194 tertanggal 3 Oktober 2015.

Provinsi Jawa Barat akan menjadi tuan rumah dari Kongres Asia Timur ke-11 pada tanggal 17 November 2022, berdasarkan kesepakatan antara Gubernur Jawa Barat dan Gubernur Nara pada tahun 2015 lalu setelah dilakukan penundaan karena pandemi COVID-19.

Baca Juga: Resmikan Tol Serang-Panimbang, Jokowi: Ekonomi Baru Banten Akan Tumbuh

Topik:

  • Galih Persiana

Berita Terkini Lainnya