Persib Tim Pertama Dapat Sosialisasi Sistem VAR di Championship Series

Akan ada empat tim yang ikut sistem ini

Bandung, IDN Times - PT Liga Indonesia Baru (LIB) menggelar sosialisasi penggunaan Virtual Assistant Referee (VAR) di kantor Graha Persib Bandung. Sosialisasi diikuti seluruh pemain, pelatih, dan official tim di Graha Persib, Jalan Sulanjana, Kota Bandung.

Kegiatan ini juga dalam rangka fase championship series Liga 1 yang akan bergulir Mei mendatang. Adapun Persib adalah satu dari empat kontestan yang dipastikan melaju ke fase perebutan gelar juara itu.

“Kami akan memulai sesuai dengan keputusan PSSI regulasinya di championship series, dari championship series ini empat tim kami gunakan VAR,” kata Asisten Instruktur VAR PSSI Fachrizal Tahar ditemui seusai sosialisasi, Selasa (23/4/2024).

1. Stadion untuk menggelar pertandingan sudah mulai dipasang VAR

Persib Tim Pertama Dapat Sosialisasi Sistem VAR di Championship SeriesIDN Times/Istimewa

Menurut Fachrizal kesiapan stadion yang dipakai untuk championship series sudah disurvei. Ia pun memastikan, stadion kontestan empat besar sudah siap dipasang VAR.

“Secara keseluruhan siap,” ucapnya.

Dalam penggunaan VAR, nantinya pertandingan akan dipantau menggunakan 10 kamera yang dipasang di setiap sudut stadion.

Tidak hanya wasit, laga juga dipantau di ruangan khusus VAR dengan operator. Total ada enam wasit dengan dua perangkat VAR.

“Sedikit set-up, kamera tadi sempat disampaikan LIB akan ditambah lagi 10 kamera. Jadi nanti ada angle-angle yang didapat di situ. Untuk championship series sudah siap menggunakan VAR,” tandasnya.

2. VAR demi meminimalisir keselahan kinerja wasit

Persib Tim Pertama Dapat Sosialisasi Sistem VAR di Championship SeriesPotret uji coba VAR di Indomilk Arena, Senin (25/3/2024). (IDN Times/Tino).

Sementara itu, pelatih Bojan Hodak menyambut baik sosialisasi penggunaan VAR. Penggunaan alat bantu dalam kompetisi sepak bola Liga 1 sangat dibutuhkan untuk meminimalisir kesalahan kinerja wasit.

“Ini bagus untuk mengedukasi kami karena kadang kami juga lupa dengan beberapa peraturan, jadi ini bagus untuk memberikan pemaparan dalam penerapan VAR karena ini bisa menjelaskan beberapa hal yang tidak jelas,” ujar Bojan.

Ia pun berharap, setelah pemaparan materi, anak asuhnya bisa lebih paham dalam menjalankan permainan sepak bola.

“Jadi setelah persentasi ini, anak-anak jadi lebih mengerti dan paham,” tandasnya.

3. Investasi VAR capai Rp100 miliar

Persib Tim Pertama Dapat Sosialisasi Sistem VAR di Championship SeriesUji coba VAR dalam final EPA U-20 Liga 1 2023/24, di Stadion Manahan, Solo, Kamis (7/3/2024). (IDN Times/Tino)

VAR memang direncanakan mewarnai Liga 1 musim ini, tepatnya di fase championsip series. Namun, VAR bakal dipakai secara penuh mulai musim depan.

Tentu, penyediaan perangkat VAR tidak murah. Direktur PT LIB, Ferry paulus, menyatakan nilai investasinya menyentuh Rp100 miliar. Nominal itu mencakup infrastruktur, seperti perangkat keras dan kebutuhan lain, termasuk mobil van untuk disulap menjadi Video Operation Rom (VOR).

"Jumlahnya belum termasuk biaya dalam pelatihan wasit dan lainnya. Soal investasi per stadion, silakan dibagi ke 18," kata Ferry saat ditemui IDN Times dalam bincang-bincang di Sarinah, Jakarta

Indonesia bisa dibilang ketinggalan dari negara Asia Tenggara lainnya, seperti Thailand hingga Singapura yang sudah lebih dulu menerapkan teknologi tersebut. Andai sesuai rencana, debut VAR di Liga 1 bisa tersaji di championsip series musim ini.

Implementasinya sudah dilakukan sejak pertengahan 2023 lalu. Uji coba penerapan VAR pun sudah dieksekusi, saat menggelar partai final Elite Pro Academy (EPA) U-20 2023/24, antara Persis kontra Persita, 7 Maret 2024 lalu.

Kini, PT Liga Indonesia Baru (LIB) tengah mengebut instalasi VAR di 20 stadion yang terverifikasi sebagai arena tempur Liga 1. Terkait pemasangan ini, PT LIB bersinergi dengan Kementerian PUPR.

Untuk menghadirkan teknologi ini di Liga 1 pun PT LIB dan PSSI harus merogoh banyak uang. Tak hanya itu, mereka juga harus mempersiapkan banyak Sumber Daya Manusia (SDM) untuk mengaplikasikan VAR.

Baca Juga: Celah VAR yang Kembali Rugikan Indonesia di Piala Asia U-23

Baca Juga: Persib Turunkan Tim Terbaik Jamu Borneo Meski Sudah Masuk Empat Besar 

Topik:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya