Persib Siap Manfaatkan Bandara Kertajati saat Jalani Laga Tandang

Maung Bandung sudah beberapa kali terbang dari bandara ini

Bandung, IDN Times - Persib Bandung siap mendukung Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati, Kabupaten Majalengka, dengan memanfaatkannya ketika bepergian menggunakan pesawat saat jalani laga tandang.

Deputi CEO PT Persib Bandung Bermartabat, Teddy Tjahjono mengatakan, pengoperasian secara penuh BIJB Kertajati akan sangat membantu Persib, terutama menyangkut transportasi klub.

"Ketika kompetisi berjalan, Persib bisa 12 sampai 14 kali melakukan pertandingan tandang yang membutuhkan penerbangan ke luar kota. Jadi, dengan pengoperasian BIJB secara penuh, tentu saja kita merasa terbantu dan dimudahkan," kata Teddy melalui siaran pers dikutip, Senin (30/10/2023).

1. Sudah beberapa kali gunakan bandara ini

Persib Siap Manfaatkan Bandara Kertajati saat Jalani Laga TandangSuasana Bandara Kertajati (IDN Times/Umi Kalsum)

Sebelum pengoperasian secara penuh, Persib juga pernah beberapa kali menggunakan BIJB Kertajati sebagai bandara keberangkatan maupun kedatangan pada saat menjalani pertandingan tandang.

"Sekarang, Persib tidak perlu lagi berangkat away via Bandara Soekarno Hatta Tangerang, karena BIJB Kertajati sudah beroperasi penuh," kata Teddy.

2. Berharap BIJB bisa berdampak pada industri sepakbola

Persib Siap Manfaatkan Bandara Kertajati saat Jalani Laga TandangIDN Times/Galih Persiana

Selain dari sisi transportasi, kata Teddy, Persib juga mendukung operasional penuh BIJB Kertajati karena hampir bisa dipastikan berdampak kepada sektor-sektor lain, terutama kegiatan usaha, termasuk UMKM, dan pariwisata.

"Ujung-ujungnya, perekonomian Jawa Barat, termasuk UMKM akan menggeliat. Kita juga berharap, eksistensi BIJB Kertajati juga menggeliatkan industri sepakbola nasional, termasuk entitas bisnis Persib," kata Teddy.

3. Banyak diskon tiket pesawat dari Kertajati

Persib Siap Manfaatkan Bandara Kertajati saat Jalani Laga TandangBandara Kertajati resmi dioperasikan secara penuh pada Minggu (29/10/2023) (dok. BKIP Kemenhub)

Pemerintah memberikan insentif untuk tiket pesawat yang terbang dari Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati, Majalengka. Hal tersebut untuk menyambut peralihan pesawat komersil dari Bandara Husein Sastranegara, Bandung.

Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi mengatakan, insentif tersebut bisa dimanfaatkan oleh masyarakat di sekitar Kertajati lantaran harga tiket yang relatif murah dibandingkan dari Bandara Soekarno-Hatta.

"Tarif ke Bali itu cuma Rp600 ribu, itu bukan lagi insentif, orang Bandung bisa foya-foya. Kalau dari Jakarta bisa Rp1,4 juta," ujar Menhub Budi, Minggu (29/10/2023).

Menhub Budi mengungkapkan, diskon tiket pesawat dari dan ke Bandara Kertajati tersebut mencapai 50 persen dari harga normal. Hal tersebut membuat harga tiket tersebut jauh lebih murah dibanding dari dan ke Bandara Soekarno-Hatta.

"Diskon 50 persen, oleh karena itu selain ASN, masyarakat juga coba Googling. Saya minta semua penerbangan Garuda, Citilink, Lion, Batik, Air Asia berikan tiket khusus karena kita ingin buat satu keramaian, ada satu konsep create crowd jadi keramaian itu menarik jumlah," jelas Menhub Budi.

Baca Juga: 4 Eks Penggawa Klub Top Eropa yang Pernah Membela Persib Bandung

Baca Juga: Murah dan Cepat, Ini Daftar Harga Angkutan Umum ke BIJB Kertajati

Topik:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya