Peringati BLA, Pj Walkot Bandung Ajak Pemuda Bantu Warga di Palestina 

Jangan lupakan perjuangan para pahlawan

Bandung, IDN Times - Penjabat Wali Kota Bandung, Bambang Tirtoyuliono mengajak masyarakat dan pemuda untuk lebih meningkatkan empati dan solidaritas kepada saudara di Palestina yang masih dalam kondisi penjajahan. Hal itu Ia ungkapkan saat Upacara Peringatan Bandung Lautan Api di Balai Kota Bandung, Minggu, 24 Maret 2024.

“Dengan semangat Bandung Lautan Api sudah sepantasnya berempati dan menunjukan solidaritas kepada saudara kita di Palestina dengan berbagai aksi, donasi dan doa terbaik,” ucap Bambang melalui siaran pers.

1. Jangan lupakan perjuangan para pahlawan

Peringati BLA, Pj Walkot Bandung Ajak Pemuda Bantu Warga di Palestina IDN Times/Debbie Sutrisno

Selain itu, Bambang juga mengajak generasi penerus terutama pemuda untuk meneladani perjuangan para pahlawan terdahulu.

“Mari teladani pengorbanan pahlawan kita semua, baik dari keberanian maupun aksi heroismenya,” kata dia.

2. Bandung Lautan Api sejarah penting Indonesia

Peringati BLA, Pj Walkot Bandung Ajak Pemuda Bantu Warga di Palestina Dok. Humas Pemkot Bandung

Bandung Lautan Api merupakan peristiwa penting dalam sejarah bangsa Indonesia. Peristiwa ini menjadi simbol perjuangan dan pengorbanan para pejuang dalam mencapai kemerdekaan dari penjajahan Belanda. Peristiwa bersejarah Bandung Lautan Api ini terjadi pada tanggal 24 Maret 1946.

Saat itu, ada pembakaran rumah dan bangunan di Bandung dilakukan untuk mencegah sekutu dan tentara NICA Belanda memakai Kota Bandung sebagai markas militer.

Siapa yang menyangka, lagu perjuangan Halo-Halo Bandung yang lazim didengarkan ternyata berasal dari ragu romantis loh, warga.

Versi awal dari lirik lagu "Hallo Bandung" menunjukkan bahwa lagu ini lahir sebagai ungkapan rasa rindu yang sentimental, bukan dimaksudkan sebagai lagu perjuangan.

Berdasarkan sejumlah sumber, liriknya berangkat dari kisah Ismail Marzuki yang sempat mengungsi ke Bandung bersama istrinya, Eulis Zuraidah demi menghindari pendudukan tentara Inggris dan Belanda di Jakarta.

Sayangnya, tak lama setelah mereka menetap di Bandung, terbit ultimatum dari pihak Inggris yang memerintahkan pihak tentara pejuang Indonesia untuk segera meninggalkan Kota Kembang ini.

3. Kejadian ini jadi cikal bakal lagu Halo-Halo Bandung

Peringati BLA, Pj Walkot Bandung Ajak Pemuda Bantu Warga di Palestina Jembatan Pasupati (facebook.com/ASTON Tropicana Hotel Bandung)

Dari catatan sejarah, kala itu salah satu pejuang Indonesia Ismail Marzuki menetap di Bandung. Namun karena kejadian ini dia pun kembali ke kota Batavia. Namun, kenangan indah selama menetap di Bandung selalu melekat dalam ingatannya.

Hal tersebut mendorongnya untuk menciptakan lagu berbahasa Sunda dengan judul "Hallo Bandung". Tak hanya itu, ia juga menciptakan beberapa lagu lainnya seperti, "Bandung Selatan di Waktu Malam" dan "Saputangan dari Bandung Selatan".

Peristiwa Bandung Lautan Api mengilhami Ismail Marzuki beserta para pejuang Indonesia saat itu untuk mengubah dua baris terakhir dari lirik lagu "Hallo Bandung" menjadi lebih patriotis dan membakar semangat perjuangan. 

Segera setelahnya, lagu Halo Halo Bandung menjadi sangat dikenal dan menjadi salah satu lambang perjuangan kemerdekaan Indonesia melawan penjajah Meski lagu tentang tanah Sunda, kita akan menemukan kata "beta" dalam lirik lagu tersebut. Ada yang menyebutkan bahwa kata "beta" dalam lagu ini diambil dari bahasa daerah Ambon, Maluku, yang berarti "saya". Namun, ada pula yang mengatakan "beta" berasal dari bahasa Melayu

Topik:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya