Perbaikan Jembatan Asia-Afrika Bandung Dianggarakan Rp200 Juta

Jembatan ini sudah lama tak digunakan warga

Bandung, IDN Times - Pemerintah Kota Bandung berencana melakukan perbaikan jembatan penyeberangan orang (JPO) di Jalan Asia Afrika. Rehabilitasi dilakukan mengingat kondisi JPO tersebut kumuh dan mengalami kerusakan di beberapa bagian.

Kepala Bidang Sarana Prasarana Dishub Kota Bandung Panji Kharismadi mengatakan, perbaikan JPO Asia Afrika akan dilakukan secepatnya. Saat ini, pemerintah tengah menunggu pengesahan perubahan pada anggaran pendapatan dan belanja daerah (APBD) di DPRD.

"Iya itu anggarannya rehabilitasi pemeliharaan. Itu nilai anggarannya didukung oleh DPRD dianggaran perubahan. Totalnya kurang lebih Rp200 juta," ujar Panji Kharismadi, Senin (10/10/2022).

1. Anggaran tidak bisa perbaiki seluruh kerusakan

Perbaikan Jembatan Asia-Afrika Bandung Dianggarakan Rp200 JutaIlustrasi rupiah (ANTARA FOTO/Rivan Awal Lingga)

Dengan anggaran yang terbatas, Dishub bakal melakukan rehabilitasi di beberapa bagian saja pada JPO Asia Afrika. Mulai dari pengecatan hingga perbaikan di bagian plafon yang tepat berada di atas jalan, di mana bisa berpotensi jatuh dan menimpa kendaraan yang melintas.

"Yang pasti kita akan memperbaiki yang rusak, seperti plafon yang ada di atas jalan itu kan sudah mulai copot, terus tampilan dari luarnya. Terus juga di situ kan ada toiletnya, cuma airnya gak ada nanti kita perbaiki juga saluran airnya. Selain itu, listrik serta lampu-lampu yang di dalam diperbaiki," kata Panji.

2. Rencananya dijadikan tourist center

Perbaikan Jembatan Asia-Afrika Bandung Dianggarakan Rp200 JutaGaleri pribadi

Mengenai kerja sama dengan Disbudpar untuk menjadikan JPO Asia Afrika sebagai tourism center, Panji memastikan segera berkoordinasi setelah rehabilitasi rampung dilaksanakan.

"Betul, rencananya memang untuk dapat digunakan menjadi tourism center. Tapi nanti setelah selesai direhabilatasi baru kita minta arahan pak Sekda lagi, apa jadi untuk tourism center atau tidak," kata Panji.

Ia menuturkan, proses rehabilitasi akan segera dilaksanakan setelah DPRD mengesahkan perubahan anggaran di APBD-P. Dalam arti pengerjaan rehabilitasi JPO Asia Afrika kemungkinan bisa mulai dikerjakan pertengahan Oktober.

"Untuk rehabilitasi tidak akan lama prosesnya, makannya saya berani eksekusi di anggaran perubahan. Sekarang menunggu ketuk palu APBD-P, misalkan disetujui segera kita laksanakan," ujarnya

3. Jembatan ini sudah lama tak difungsikan

Perbaikan Jembatan Asia-Afrika Bandung Dianggarakan Rp200 JutaIDN Times/Debbie Sutrisno

JPO Asia Afrika saat ini kondisinya cukup memperihatinkan. Selain tak berfungsi, salah satu ikon wisata Kota Bandung yang identik jadi spot instagramable itu kini kumuh dan mulai rusak di beberapa bagian.

Di antaranya bagian plafon yang mengelupas hingga pagar besi yang menjadi pembatas di lantai dua sudah usang tergerus karat. Kondisi itu diperparah dengan tumpukan sampah dan bau pesing khususnya di lantai di JPO Asia Afrika.

Selain itu, fungsinya sebagai JPO pun sudah lama tak berjalan karena kondisi pintu yang menjadi akses untuk pejalan kaki yang hendak menyebrang di JPO Asia Afrika terkunci.

Baca Juga: Not Pianika Halo-Halo Bandung, Kenang Peristiwa Bandung Lautan Api

Baca Juga: 5 Lapangan Basket di Bandung, Ada Tempat Latihan Prawira Bandung

Topik:

  • Galih Persiana

Berita Terkini Lainnya