Comscore Tracker

Penyuap Bupati Cirebon Divonis 1 Tahun 2 Bulan Penjara

Gatot menilai majelis hakim telah bersikap adil

Bandung, IDN Times - Sekretaris Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Pemkab Cirebon, Gatot Rachmanto akhirnya divonis hukuman 1 tahun 2 bulan dan denda sebesar Rp50 juta. Dia terbukti melakukan tindak pidana suap atau gratifikasi kepada Bupati Cirebon Sunjaya Purwadisastra.

1. Vonis majelis hakim lebih rendah dari tuntutan

Penyuap Bupati Cirebon Divonis 1 Tahun 2 Bulan PenjaraIDN Times/Galih Persiana

Dari hasil persidangan hari ini, Rabu (20/2), Ketua Majelis Hakim Fuad Muhammad menjatuhkan hukukam lebih rendah dari tuntutan jaksa penuntut umum (JPU). Sebab dalam sidang tuntutan, Gatot dituntut penjara selama 1 tahun 6 bulan dan denda Rp 100 juta.

Selain itu, Gatot pun dituntut memberikan uang pengganti karena dia bersalah melakukan tindak pidana sebagaimana diatur pada Pasal 5 ayat 1 huruf b Undang-undang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi.

Namun, majelis hakim menolak tuntutan uang pengganti Rp 100 juta karena uang suap itu bukan dari keuangan negara "Uang itu adalah pribadi dari terdakwa sehingga tidak ada alasan memberikan uang ganti rugi," ujar Fuad di Pengadilan Negeri Bandung.

2. Hasil vonis dianggap memuaskan

Penyuap Bupati Cirebon Divonis 1 Tahun 2 Bulan PenjaraIDN Times/Galih Persiana

Sementara itu, usai menjalani persidangan, Gatot menyebut vonis yang diberikan majelis hukum memuaskan. Dia pun berterimakasih karena vonis lebih rendah empat bulan dari apa yang dituntut JPU.

"Saya kira hakim telah sesuai dan mempertimbangkan segala aspek yang kaitannya dengan putusan persidangan," kata Gatot.

Dia pun tidak merasa keberatan dengan hasil ini dan akan menjalani hukuman sebaik mungkin.

3. Berpamitan dengan orang terdekat

Penyuap Bupati Cirebon Divonis 1 Tahun 2 Bulan PenjaraIDN Times/Debbie Sutrisno

Sebelum dieksekusi, Gatot sebelumnya berpamitan dengan keluarga, saudara, dan sejumlah rekan yang sebelumnya turut menghadiri persidangan. Istri dan anak perempuan Gatot terlebih dahulu berpelukan saat berada di sebuah ruangan dekat dengan ruang persidangan.

Setelah itu silih berganti saudara, dan teman-teman Gatot memasuki ruangan. Beberapa dari rekan Gatot terlihat bercengkrama dan memberi pelukan terakhir sebelum Gatot dibawa pihak kepolisian.

4. Istri Gatot terus berdoa

Penyuap Bupati Cirebon Divonis 1 Tahun 2 Bulan Penjaragoogle/katalah

Istri Gatot Rachmanto, Yuyu, menuturkan, selama ini dia dan keluarga besar maupun rekan-rekan suaminya terus memanjatkan doa agar vonis dari majelis hakim bisa lebih rendah dari tuntutan.

"Semuanya berkat doa. Kami terus berdoa agar diberikan yang terbaik (untuk Gatot). Saya cukup puas dengan yang diberikan (vonis)," ujar Yuyu.

Topic:

  • Debbie sutrisno
  • Yogi Pasha

Just For You