Pengelola Wisata Jabar Diimbau Siapkan Area Parkir saat Libur Panjang

Jangan parkir sembarang tempat karena timbulkan kemacetan

Bandung, IDN Times - Pengelola kawasan wisata di Jawa Barat diminta menyediakan tempat parkir yang luas untuk menampung kendaraan wisatawan saat libur tahun baru 2023.

Kabid Humas Polda Jabar Kombes Pol Ibrahim Tompo mengatakan, pada libur tahun baru ini diprediksi bakal ada beberapa tempat wisata yang didatangi para wisatawan seperti kawasan Puncak Bogor, Ciwidey, Lembang, Pangandaran dan Kota Bandung.

Mengantisipasi terjadinya kepadatan lalu lintas di area wisata, Ibrahim meminta agar para pengelola wisatawa bersiap dengan tempat parkir yang memadai.

"Kami berkoordinasi dengan pihak pengelola daerah wisata untuk mempersiapkan dan memperbanyak kantung-kantung parkirnya sehingga bisa memuat lebih banyak, dan bisa mengatur pengunjung yang datang dan meminimalkan kepadatan arus lalin yang terjadi di jalan," ujar Ibrahim, Selasa (27/12/2022).

1. Pengaturan lalu lintas sudah disiapkan di titik wisata

Pengelola Wisata Jabar Diimbau Siapkan Area Parkir saat Libur PanjangIDN Times/Debbie Sutrisno

Menurutnya, pascapengamanan Natal kemarin, pihaknya mulai memfokuskan untuk melaksanakan pengamanan di jalur wisata yang rawan terjadi kepadatan kendaraan.

"Jadi setelah Natal kemarin memang lebih fokus kita melaksanakan pengamanan di jalur arus lalu lintas. Adapun beberapa daerah yang perlu diantisipasi seperti daerah kunjungan wisata di Bogor, kemudian di Puncak, di Ciwidey, Lembang dan di daerah Pangandaran," katanya.

Selain pengaturan jalur wisata, anggota Polisi di lapangan juga sudah menyiapkan beberapa alternatif untuk mengalihkan arus lalu lintas, saat terjadi kepadatan.

"Tetapi pengalihannya disesuaikan dengan kondisi kepadatan arus lalu lintas yang terjadi saatnya nanti," ucapnya.

2. Wisatawan pun diimbau tidak parkir sembarang tempat

Pengelola Wisata Jabar Diimbau Siapkan Area Parkir saat Libur PanjangInstagram.com/Koalisi Pejalan Kaki

Sementara itu, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil alias Emil meminta wisatawan yang datang ke wilayahnya tidak parkir sembarangan. Emil meminta parkir harus sesuai dengan tempat yang telah disediakan.

"Tahun baru boleh berlibur, tapi teliti dululah parkir di mana, apa, dan bagaimana, jangan semua sendiri-sendiri," ujar Emil

3. Jabar akan kebanjiran wisatawan

Pengelola Wisata Jabar Diimbau Siapkan Area Parkir saat Libur PanjangANTARA FOTO/M. Agung Rajasa

Bagi Jabar, libur tahun baru 2023 diprediksi bakal kedatangan banyak wisatawan. Selain pengamanan maksimal, alur transportasi juga harus diawasi termasuk soal parkir yang bisa membuat kemacetan di jalur objek wisata.

"Karena tercatatkan 40 jutaan warga Indonesia bergerak di akhir tahun libur natal ini, dan Jabar tempat wisatanya banyak sekali, salah satunya wilayah Kabupaten Pangandaran," ungkapnya.

Topik:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya