Pendopo Kota Bandung Dibuka untuk Umum, Ini Cara dan Syaratnya 

Yuk jadi 100 orang pertama

Bandung, IDN Times - Pendopo Kota Bandung akan dibuka untuk umum setiap akhir pekan. Saat ini anda sudah bisa mengunjungi area ini dengan terlebih dulu melakukan reservasi karena hari pertama sesi kunjungan akan dibuka mulai Sabtu (11/5/2024).

Kepala Bagian Umum Setda Kota Bandung, Syukur Sabar menyebut, Pendopo Kota Bandung yang terletak di Jalan Dalemkaum No. 56 ini akan dibuka setiap hari Sabtu dan Minggu sejak pukul 09.00—15.00 WIB. Nantinya, akan ada empat sesi kunjungan, mulai dari pukul 09.00—10.00 WIB, 10.00—11.00 WIB, 13.00—14.00 WIB, dan 14.00—15.00 WIB.

"Ini merupakan kolaborasi dengan Disbudpar dan Diskominfo Kota Bandung. Jadi, masyarakat atau wisatawan bisa mengunjungi Pendopo untuk wisata sejarah Kota Bandung. Kunjungan dibuka pada Sabtu dan Minggu, selama tidak ada kegiatan besar di Pendopo," kata Syukur, Jumat (10/5/2024).

1. Banyak sejarah yang bisa dipelajari di tempat ini

Pendopo Kota Bandung Dibuka untuk Umum, Ini Cara dan Syaratnya Dok. Humas Kota Bandung

Untuk mengunjungi pendopo masyarakat bisa melakukan reservasi kunjungan melalui situs laman https://smartcity.bandung.go.id/form/reservasi-pendopo. Adapun satu sesi kunjungan dapat menampung sekitar 25 orang.

Syukur menyebut, nantinya wisatawan bisa mengunjungi beberapa area di Pendopo dan mempelajari sejarah dari Pendopo, yang telah menjadi bagian melekat dari perjalanan Kota Bandung.

"Bandung ini dikenal lewat sejarah dan juga beberapa gedung heritage-nya. Nah, jadi di sesi kunjungan ke Pendopo ini, nantinya wisatawan akan dipandu oleh tim dari Disbudpar. Nanti akan dijelaskan sejarah mengenai Pendopo dan beberapa ruangan di dalamnya. Sebab ini bagian dari sejarah, sejak zaman Bupati Bandung hingga kini Kota Bandung dipimpin sosok Wali Kota," bebernya.

2. Dilarang bawa makanan saat berkunjung

Pendopo Kota Bandung Dibuka untuk Umum, Ini Cara dan Syaratnya Ilustrasi camilan untuk ngopi (unsplash.com/jonathanpielmayer)

Adapun satu catatan yang perlu diperhatikan calon pengunjung selain mempersiapkan kartu identitas (KTP), dan telah mendaftar melalui situs yang tersedia, ialah tidak membawa makanan saat melakukan kunjungan ke Pendopo.

Syukur berharap, dibukanya Pendopo Kota Bandung untuk kunjungan wisata dapat menarik minat masyarakat dan wisatawan untuk mengenal Kota Bandung dan sejarahnya.

3. Jadilah 100 orang pertama yang datang ke Pendopo

Pendopo Kota Bandung Dibuka untuk Umum, Ini Cara dan Syaratnya Dok. Humas Kota Bandung

Sebagai pengingat, kunjungan wisata ke Pendopo akan dibuka mulai besok. Jadi, jangan lewatkan kesempatan jadi 100 orang pertama yang berkunjung ke sana, ya!

Baca Juga: Pendopo Hiasi Indonesia Fashion Week 2024 dengan Pencak Warna Betawi

Topik:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya