Pemuda ICMI Jabar Ajak Warga Tetap Bantu Gaza Selama Ramadan

Kondisi di Gaza masih mengkhawatirkan setelah perang panjang

Bandung, IDN Times - Kondisi perang antara Palestina dan Israel masih belum berakhir meski sudah berbulan-blan berlangsung. Kondisi ini membuat masyarakat Palestina khususnya yang ada di daerah Gaza makin memburuk.

Hal ini menjadi perhatian Pemuda ICMI ketika berkunjung ke kantor Badan Amil Zakat Nasional. Dengan kondisi yang belum membaik di Gaza, ICMI coba memberikan bantuan dalam bentuk infak yang berhasil dikumpulkan dari pengurus.

“Masyarakat Gaza berhadapan dengan agresi Israel yang memang memiliki niat melakukan genosida Apa yang terjadi saat int masih jauh dari kata selesai bahkan punya potensi memburuk,” kata Jalu Priambodo Ketua ICMI Jabar melalui siaran pers, Rabu (20/3/2024).

1. Harus ada desakan politik agar perang di sana segera usai

Pemuda ICMI Jabar Ajak Warga Tetap Bantu Gaza Selama Ramadaninstagram

Jalu berharap masyarakat terus memberikan perhatian dan bantuan kemanusiaan guna meringankan beban warga Palestina. Di sisi lain harus ada desakan politik yang amat kuat guna mengakhiri agresi militer Israel di Gaza.

“Peran lembaga kemanusiaan hanya memberi bantuan terhadap korban, sedangkan agresi militer dan penjajahan sebagai penyebab utama krisis kemanusiaan ini terjadi harus bisa dihentikan segera," ujarnya.

Sekretaris Pemuda ICMI Jawa Barat, Heri Gunawan yang turut mengikuti kegiatan penyerahan bantuan mengatakan bahwa penyaluran donasi dipercayakan kepada BAZNAS karena dianggap aman dan tidak akan disalahgunakan untuk tujuan lainnya.

2. Ratusan miliar sudah dikumpulkan dari masyarakat Indonesia untuk Gaza

Pemuda ICMI Jabar Ajak Warga Tetap Bantu Gaza Selama RamadanStaf UNRWA di Gaza. (twitter.com/UNRWA)

Sementara itu, Achmad Faisal selaku Komisioner BAZNAS Jawa Barat mengapresiasi kepercayaan yang diberikan untuk meneruskan bantuan ke Palestina. Menurutnya, BAZNAS Jabar terus melakukan sosialisasi ke masyarakat seputar kondisi di Palestina guna menggalang dukungan kemanusiaan.

“Alhamdulillah hingga saat int sudah terkumpul Rp48 miliar bantuan dari warga Jawa Barat melalui BAZNAS Jabar ke Palestina. Secara keseluruhan jumlah yang disalurkan BAZNAS se-Indonesia berjumlah Rp500 millar,” papar Faisal.

Bantuan tersebut, menurut dia, akan disalurkan untuk membeli bahan makanan dan obat-obatan bagi para pengungsi di jalur Gaza.

3. Buka ruang kolaborasi untuk menggalang dukungan kemanusiaan

Pemuda ICMI Jabar Ajak Warga Tetap Bantu Gaza Selama RamadanPerempuan di Gaza memasak makanan bagi pengungsi Palestina (wfp.org/WFP/Ali Jadallah)

BAZNAS Jawa Barat membuka ruang kolaborasi dengan berbagai elemen masyarakat guna menggalang dukungan bantuan kemanusiaan.

“Komunitas Bikers ada yang melelang motor antiknya, masyarakat lain ada yang melakukan patungan dan menyalurkan melalui BAZNAS bahkan lembaga sosial lain pun ada yang menitipkan bantuannya agar disalurkan oleh BAZNAS,” katanya

Faisal juga sepakat bahwa berapapun bantuan yang terkumpul jika tidak diikuti dengan penyelesaian konflik tidak akan bisa mencegah berakhirnya krisis kemanusiaan.

Baca Juga: World Bank Sebut Separuh Populasi Gaza Alami Kelaparan Akut 

Topik:

  • Yogi Pasha
  • Umi Kalsum

Berita Terkini Lainnya