Pemprov Jabar Targetkan 1.000 Ruang Isolasi Pasien OTG COVID-19

Di Bandung ada 13 hotel siap digunakan untuk tempat isolasi

Bandung, IDN Times - Pemerintah Jawa Barat bekerja sama dengan Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) untuk mendata hotel mana saja yang siap menjadi tempat isolasi pasien COVID-19 yang masuk dalam kategori orang tanpa gejala (OTG). Saat ini setidaknya ada 17 hotel yang sudah siap di Jabar untuk menjadi tempat isolasi tersebut.

Ketua PHRI Jabar Herman Muchtar menuturkan, jumlah hotel yang bersedia menjadi tempat isolasi naik turun. Sebelumnya ada 17 hotel, kemudian naik menjadi 23, dan sekarang turun lagi jadi 17. Pihak hotel yang mundur memiliki sejumlah alasan mulai dari belum jelasnya pemerintah pusat dan daerah menggunakan jasa mereka, hingga desakan masyarakat yang ada di sekitar hotel meminta agar penginapan tersebut tidak dijadikan tempat isolasi.

"Sekarang kita menunggu sosialisasi dari pemerintah. Kan sudah ada 17 hotel yang siap, mayoritas ada di Bandung sekitar 13 hotel," ujar Muchtar ditemui di Gedung Sate, Senin (28/9/2020).

1. Keputusan penggunaan hotel harus secepatnya

Pemprov Jabar Targetkan 1.000 Ruang Isolasi Pasien OTG COVID-19Menparekraf, Wishnutama tinjau persiapan hotel untuk isolasi pasien COVID-19 (Dok. Kemenparekraf)

Muchtar berharap Pemprov Jabar bisa mengambil langkah lebih cepat dalam penentuan berapa ruang isolasi yang dibutuhkan, dan berapa banyak hotel yang akan dipakai. Jangan sampai kepastian ini terus diundur karena pihak manajemen perhotelan pun kejar-kejaran dengan pemesanan dari masyarakat menjelang akhir tahun.

Menurutnya, setiap akhir tahun mulai dari November sampai Desember jumlah okupansi masyarakat yang menginap di hotel akan tumbuh pesat. Ketika pemesanan ini menumpuk maka akan lebih sulit melakukan pembatalan menginap bagi konsumen yang telah memesan kamar lebih dulu.

"Kita tunggu kepastian dari pusat karena daerah katanya akan ada rapat lagi. Kepastian ini diharap bisa lebih cepat," kata dia.

Sementara untuk detail hotel mana saja yang siap, PHRI belum bisa menjabarkannya. PHRI coba mengantisipasi jangan sampai ada pihak yang kemudian menolak penggunaan hotel sebelum ada kepastian dari Pemprov Jabar.

2. Pemakaian hotel sebagai ruang isolasi tunggu kepastian harga per kamar

Pemprov Jabar Targetkan 1.000 Ruang Isolasi Pasien OTG COVID-19ilustrasi. IDN Times/Ita Malau

Sementara itu, Ketua Harian Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Jawa Barat Setiawan Wangsaatmaja mengatakan, kepastian penggunaan hotel dan berapa banyak ruang isolasi yang dibutuhkan belum bisa dipastikan sekarang. Pemesanan hotel nantinya akan dibayarkan oleh pemerintah pusat sehingga butuh koordinasi lebih lanjut berapa banyak ruangan yang akan dipersiapkan.

"Kita harus menelaah juga berapa harga hotel yang akan dijadikan ruang isolasi. Harga yang dikeluarkan Gubernur dan BPKP tidak boleh berbeda, makanya saya belum bisa memberikan data detailnya," ungkap Setiawan.

Sebagai gambaran, lanjutnya, untuk ruangan isolasi yang ada di Jabar pun belum semuanya terpakai. Di Gedung BPSDM, Kota Cimahi saja baru terisi 20 persen kamar. Kemudian tempat isolasi seluruh daerah di Jabar tingkat keterisiannya baru 40 persen.

3. Jika mencapai puncak pandemik butuh ruang isolasi yang banyak

Pemprov Jabar Targetkan 1.000 Ruang Isolasi Pasien OTG COVID-19ilustrasi ruang isolasi COVID-19. ANTARA FOTO/Yulius Satria Wijaya

Menurut Setiawan, kesiapan hotel dan tempat lainnya menjadi ruang isolasi baru penting dalam mengantisipasi lonjakan kasus COVID-19. Berdasarkan prediksi banyak pihak kemungkinan lonjakan ini terjadi pada Desember 2020.

Sebelum ini terjadi, Pemprov Jabar ingin mempersiapkan ruang isolasi bagi pasien COVID-19 yang tidak memiliki gejala. "Kurang lebih kita membutuhkan seribu kamar di luar yang ada sekarang," kata Setiawan.

Meski demikian, hal ini baru sebatas prediksi. Tapi prediksi seperti ini tetap butuh antisipasi dari awal sehingga ketika benar terjadi Pemprov Jabar tidak kelabakan.

4. Selain rumah sakit stadion dan asrama mulai dilirik sebagai tempat isolasi

Pemprov Jabar Targetkan 1.000 Ruang Isolasi Pasien OTG COVID-19Stadion Patriot Candrabhaga Kota Bekasi disulap menjadi RS Darurat (IDN Times/Dini suciatiningrum)

Menurutnya, penyiapan ruang isolasi ini tidak terpaku di hotel saja. Sejumlah stadion dan tempat pelatihan atau asrama pun mulai dipantau

Penggunaan asrama bahkan lebih memungkinkan karena sudah ada kamar yang tersedia. Tinggal menambahkan sejumlah kapasitas bagi pasien OTG COVID-19.

"Kita melihat yang paling memungkinkan dan lebih murah. Kalau ada Stadion artinya banyak hal yang harus kita perbaiki," kata dia

Topik:

  • Galih Persiana

Berita Terkini Lainnya