Pemprov Jabar Berencana Rapid Test Pemilih yang Ikut Pencoblosan

Jangan sampai Pilkada jadi klaster baru COVID-19

Bandung, IDN Times - Pemerintah Provinsi Jawa Barat berencana melakukan tes rapid kepada pemilih yang akan melakukan pencoblosan saat pemilihan kepala daerah (Pilkada) Serentak 9 Desember 2020, nanti. Hal ini disampaikan Wakil Gubernur Jawa Barat Uu Ruzhanul Ulum usai menggelar rapat koordinasi di Mapolda Jabar, Senin (30/11/2020).

Uu menuturkan, rencana ini baru masukan dari sejumlah pihak dalam rapat koordinasi. Harapannya pengetesan tersebut bisa meminimalisir penyebaran virus corona dari satu pemilih kepada pemilih lainnya.

"Jadi yang ke TPS ini ketika datang harus rapid dulu. Tapi memang tidak semuanya ikut tes," ujar Uu.

1. Mereka yang dites rapid untuk warga 40 tahun ke atas

Pemprov Jabar Berencana Rapid Test Pemilih yang Ikut PencoblosanIDN Times/Istimewa

Untuk yang melaksanakan tes rapid nantinya kemungkinan hanya pemilih dengan umur 40 tahun ke atas. Selama ini warga dengan rentang umur di atas 40 lebih mudah terpapar COVID-19.

"Kalau yang agak di bawah (40 tahun) itu agak tangguh (dari virus corona)," papar Uu.

2. Ada tiga daerah di Jabar yang masuk zona merah dan akan laksanakan pilkada

Pemprov Jabar Berencana Rapid Test Pemilih yang Ikut PencoblosanSejumlah Penerima Manfaat (Penyandang Disabilitas Fisik) dan pegawai Balai Besar Rehabilitasi Sosial Penyandang Disabilitas Fisik (BBRSPDF) Prof. Dr. Soeharso Surakarta memproduksi masker kain di Solo, Jawa Tengah, Senin (6/4/2020). Balai tersebut terus memproduksi masker kain untuk dibagikan secara gratis kepada masyarakat sebagai upaya antisipasi penyebaran COVID-19 (ANTARA FOTO/Maulana Surya)

Saat ini sudah ada tiga daerah di Jabar yang akan menggelar Pilkada tapi masuk dalam zona merah penyebaran COVID-19, yaitu Kabupaten Tasikmalaya, Kabupaten Bandung, dan Kabupaten Karawang. Selain tiga daerah ini, ada empat kabupaten/kota lain yang juga masuk dalam zona merah tapi tidak menggelar Pilkada Serentak.

Karena ditakutkan akan meningkatnya kasus serupa di daerah lain yang menggelar Pilkada, maka Pemprov Jabar akan mengkaji ulang agar bisa diselenggarakan tes rapid kepada pemilih.

"Kita khawatir Pilkada ini bisa menjadi klaster baru," kata Uu.

3. Jokowi sebut penanganan COVID-19 di Indonesia memburuk

Pemprov Jabar Berencana Rapid Test Pemilih yang Ikut PencoblosanIlustrasi swab test (ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja)

Presiden Joko "Jokowi" Widodo tampak geram mengetahui bahwa kasus COVID-19 dalam beberapa hari ini justru meningkat pesat. Hal itu terlihat dalam rapat terbatas bersama Komite Penanganan COVID-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPCPEN). 

"Ini semuanya memburuk, semuanya. Karena adanya tadi, kasus yang memang meningkat lebih banyak di minggu-minggu kemarin," kata Jokowi seperti disiarkan langsung di channel YouTube Sekretariat Presiden, Senin (30/11/2020).

4. Kasus aktif COVID-19 Indonesia meningkat 13,41 persen

Pemprov Jabar Berencana Rapid Test Pemilih yang Ikut PencoblosanPetugas kepolisian memegang papan imbauan saat Operasi Yustisi penerapan protokol kesehatan di Jalan Jhon Aryo Katili di Kota Gorontalo, Gorontalo, Senin (14/9/2020). Operasi terpadu Polri dan Satpol PP tersebut dilakukan agar masyarakat patuh terhadap protokol kesehatan pencegahan COVID-19. ANTARA FOTO/Adiwinata Solihin

Mantan Gubernur DKI Jakarta itu juga menyampaikan perkembangan kasus virus corona di Indonesia per 29 November 2020. Jokowi menyoroti angka kenaikan kasus aktif dari minggu sebelumnya.

"Kasus aktif kita sekarang ini meningkat menjadi 13,41 persen. Meskipun ini lebih baik dari angka rata-rata dunia, tetapi hati-hati ini lebih tinggi dari rata-rata minggu yang lalu," ujar Jokowi sambil membaca data kasus COVID-19.

Sesekali Jokowi berhenti berbicara dan memberi penekanan pada kata-katanya. 

Jokowi turut menyoroti angka kesembuhan pasien COVID-19 yang semakin menurun. Dia mengatakan, kasus COVID-19 menjadi semakin memburuk di Indonesia.

"Tingkat kesembuhan juga sama. Minggu yang lalu 84,03 persen, sekarang jadi 83,44 persen," ucapnya sambil sesekali melirik ke arah kiri sambil mengangkat satu alisnya.

Topik:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya