Pemprov Jabar Ajak Mapala dan Semua Organisasi SAR Bantu Korban Banjir

Korban banjir di Bekasi, Depok, dan sekitarnya harus dibantu

Bandung, IDN Times - Pemerintah Provinsi Jawa Barat melalui akun Instagram @Jabarquickreresponse mengajak seluruh mahasiswa pecinta alam (mapala), pecinta alam dari organisasi eksternal, hingga semua pihak yang memiliki kemampuan SAR untuk membantu warga Bekasi, Bogor, hingga Depok yang saat ini terkena musibah banjir.

"Kami harapkan satu organisasi atau per mapala bisa membuat satu tim dan membawa perahu karetnya," ujar akun Instagram tersebut melalui unggahannya, Kamis
(2/1).

Untuk pihak mana pun yang akan mengajukan ikut serta dalam tim ini diminta segera menghubungi buridamdam di nomor 0821-1961-5169.

1. Tim SAR dari berbagai daerah terus diturunkan ke daerah yang terkena banjir

Pemprov Jabar Ajak Mapala dan Semua Organisasi SAR Bantu Korban BanjirDok.IDN Times/Istimewa

Kondisi banjir di Bekasi dan sekitarnya sejauh ini menjadi yang terparah. Banyak masyarakat pun belum mendapatkan bantuan maksimal karena akses yang sulit dan personel SAR terbatas.

Di Bandung, Kantor Pencarian dan Pertolongan Bandung memberangkatkan tiga tim Rescue untuk ikut serta dalam penanganan bencana banjir yang melanda daerah Jabodetabek. Satu tim rescue beranggotakan lima personil, sehingga jumlah kekuatan sebanyak 15 personil rescue.

Kepala SAR Bandung Deden Ridwansah menuturkan, keberangkatan tim ini untuk menambah kekuatan, dan mempercepat evakuasi terhadap korban banjir di daerah Jabodetabek khususnya daerah Bekasi. Sejauh ini Kantor SAR Bandung telah berkoordinasi dengan pihak Kantor SAR Jakarta untuk memberikan bantuan personel sebanyak tiga tim

Tiga tim rescue Kantor Pencarian dan Pertolongan Bandung terbagi menjadi tim 31, 32 dan 33 yang tergabung di regu B penanganan evakuasi bencana di Bekasi, khususnya daerah Bekasi Utara.

"Diharapkan dengan perbantuan personel untuk bencana banjir wilayah Jabodetabek ini dapat memberikan penanganan yang lebih cepat bagi masyarakat yang membutuhkan evakuasi" ujar Deden.

2. Sejumlah peralatan juga dibawa tim

Pemprov Jabar Ajak Mapala dan Semua Organisasi SAR Bantu Korban BanjirIDN Times/Debbie Sutrisno

Dengan 15 kekuatan personel, dilengkapi dengan tiga perahu karet, rescue truck, personil truck, rescue compartment dan rescue car. Deden menyebut, Secara wilayah, Bekasi dan Bogor merupakan wilayah Jawa Barat. Namun secara wilayah kerja, daerah Bogor dan Bekasi merupakan wilayah kerja Kantor SAR Jakarta sehingga koordinator dari penanganan bencana Banjir ini di bawah arahan pihak Kantor SAR Jakarta.

"Kami ikut serta sebagai pembantuan dalam rangka meningkatkan responsivitas dan evakuasi SAR yang maksimal," paparnya.

3. Jokowi instruksikan BNPB dan SAR utamakan keselamatan warga

Pemprov Jabar Ajak Mapala dan Semua Organisasi SAR Bantu Korban BanjirPresiden Jokowi di Semarang, Jawa Tengah (Dok.IDN Times/Biro Pers Kepresidenan)

Sebelumnya, Presiden Joko "Jokowi" Widodo telah menginstruksikan berbagai elemen masyarakat terkait banjir besar yang melanda sejumlah wilayah Jakarta dan sekitarnya. Pertama, dia memerintahkan BNPB, pemerintah provinsi dan SAR untuk memastikan keselamatan warga yang terdampak banjir.

"Yang paling penting ini adalah yang berkaitan dengan keselamatan warga dinomorsatukan," katanya di Gedung Agung, Yogyakarta, Rabu (1/1).

Eks Gubernur DKI Jakarta ini juga menitahkan agar normalisasi berbagai fasilitas umum yang terdampak banjir. "Karena ini sudah masuk di Jakarta sudah masuk ke Halim, sudah masuk ke Tol Cikampek, kemudian juga di beberapa objek vital, saya kira ini harus segera dinormalisasi sehingga fungsi-fungsi itu kembali menjadi normal," ujarnya.

Terakhir, ia menitahkan agar pemerintah pusat dan pemerintah daerah bekerja sama secara aktif menanggulangi banjir ini.

"Karena pemerintah pusat memang ini baru dalam proses dan belum selesai, misalnya waduk Cimahi, waduk Ciawi, mungkin baru tahun depan selesai. Tetapi di luar itu, semuanya harus selesai. Saya tadi sudah perintah Menteri PU untuk cek lapangan," kata Jokowi.

Baca Juga: BNPB: Kota Bekasi Wilayah Terparah di Jabodetabek yang Dilanda Banjir

Baca Juga: Mobil Terendam Banjir? Ini 5 Cara Pertolongan Pertamanya

Topik:

  • Galih Persiana

Berita Terkini Lainnya