Pemkot Siap Bantu Pemenuhan Pakan Hewan di Kebun Binatang Bandung

Hewan juga mahluk ciptaan Allah yang harus dibantu

Bandung, IDN Times - Hewan yang berada di kebun bintang saat ini menjadi bagian terdampak dari pandemik virus corona. Tak terkecuali di Kebun Binatang Bandung karena tempat ini harus ditutup maka pendapatan untuk membeli pakan hewan pun jelas menghilang.

Wali Kota Bandung Oded M Danial telah mendapat informasi mengenai hal tersebut. Menurutnya, wajar ketika hewan di kebun binatang sulit mendapat pakan sesuai karena pengunjung juga tidak diperbolehkan datang ke sana di saat pandemik ini.

"Jadi mereka juga terdampak karena (pengelola) susah (cari penghasilan)," ujar Oded, Rabu (6/5).

1. Siap galang dana untuk pemenuhan tersebut

Pemkot Siap Bantu Pemenuhan Pakan Hewan di Kebun Binatang BandungIDN Times/Humas Bandung

Oded memastikan, bakal berkoordinasi dengan Sekretaris Daerah dan pihak operator Kebun Binatang Bandung untuk mengetahui kondisi hewan dan apa saja yang dibutuhkan mereka.

Sebagai pemimpin daerah, Oded enggan hanya memerhatikan manusia saja. Hewan yang ada di wilayah Bandung seperti di kebun binatang pun harus diperhatikan.

"Prinsipnya binatang ini juga arus mendapatkan perhatian pimpinan wilayah. Kita akan cari solusi untuk mereka agar bisa terbantu. Saya kira kita akan coba galang (pendanaan)," ungkap Oded.

2. Hewan makhluk ciptaan Allah yang harus dibantu

Pemkot Siap Bantu Pemenuhan Pakan Hewan di Kebun Binatang BandungIDN Times/Debbie Sutrisno

Meski hewan, lanjut Oded, tapi jangan sampai ada satu makhluk ciptaan Allah yang meninggal dunia di tengah pandemik corona seperti ini. Mereka harus diperlakukan sama dengan manusia dalam hal pertolongan.

"Mereka juga makhluk yang punya nyawa," pungkasnya.

3. Rusa akan dijadikan pakan hewan lainnya

Pemkot Siap Bantu Pemenuhan Pakan Hewan di Kebun Binatang BandungDok.IDN Times/Istimewa

Sebelumnya, Bandung Zoological Garden berencana akan memotong satu ekor rusa untuk dijadikan pakan macan tutul. Rencana tersebut akan dilakukan jika dalam kurun waktu beberapa bulan ke depan virus corona (COVID-19) belum mereda.

Bandung Zoological Garden atau Kebun Binatang Bandung terpaksa memutuskan kebijakan tersebut lantaran saat ini ada penurunan pemasukan akibat imbauan social distancing. Hal itu membuat mereka tak punya kas untuk membeli pakan macan tutul.

Humas Kebun Binatang Kota Bandung, Sulhan Syafi'i mengatakan, kesusahan pakan merupakan dampak dari minimnya pengunjung selama Pandemik COVID-19. Alokasi anggaran untuk pakan sebanyak 850 ekor satwa pun semakin menipis.

"Kami terpaksa akan memotong rusa untuk pakan macan tutul jika dalam beberapa bulan ke depan virus corona masih berlangsung," ujar Sulhan.

4. Ditutup hingga 29 Mei 2020

Pemkot Siap Bantu Pemenuhan Pakan Hewan di Kebun Binatang BandungIDN Times/Debbie Sutrisno

Seperti dikutip dari Antara, sementara ini Kebun Binatang Bandung akan ditutup hingga 29 Mei 2020. Namun, tidak menutup kemungkinan penutupan akan diperpanjang jika wabah virus corona belum juga usai.

Untuk itu, manajemen Kebun Binatang Bandung memberlakukan aturan sif kepada karyawannya dalam merawat hewan di sana agar tetap sehat.

Baca Juga: Ketika Manusia Sibuk Lock Down, 6 Hewan Ini Justru Asik Keliling Kota

Baca Juga: Satu Orang di Jabar Positif COVID-19 Usai Pulang dari Luar Negeri

Topik:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya