Pemkot Depok Gratiskan Biaya Persalinan saat HUT, Catat Tanggalnya!

Wah lumayan nih biaya gratis pas lahiran

Bandung, IDN Times - Pemerintah Kota Depok, Provinsi Jawa Barat, akan menggratiskan pelayanan persalinan pada Hari Jadi Kota, 27 April 2021. Kepala Bidang Pelayanan Kesehatan Dinas Kesehatan Kota Depok Enny Ekasari menuturkan, pelayanan persalinan gratis akan diberikan kepada warga Depok yang melakukan persalinan secara normal pada hari jadi kota.

"Ibu hamil dapat langsung datang ke Puskesmas PONED di Kota Depok untuk (mendapat pelayanan) persalinan normal secara gratis," kata Enny dikutip dari ANTARA, Minggu (25/4/2021).

Layanan gratis ini bakal diberikan kepada warga yang tidak menjadi peserta program jaminan kesehatan.

1. Layanan persalinan akan disediakan di RSUD Kota Depok dan PONED

Pemkot Depok Gratiskan Biaya Persalinan saat HUT, Catat Tanggalnya!instagram.com/kngrendy

Selain di Puskesmas Pelayanan Obstetri Neonatal Emergency Dasar (PONED), Ketua Panitia Hari Ulang Tahun Kota Depok ke-22 Wijayanto mengatakan, layanan persalinan gratis pada 27 April 2021 disediakan di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kota Depok.

"Masyarakat bisa ikut program ini, untuk persalinan normal di tanggal 27 April di Puskesmas Poned ataupun RSUD Kota Depok," katanya.

Wijayanto menyebut rangkaian acara peringatan Hari Jadi Kota Depok akan berlangsung dari 26 April hingga Mei. Acara puncak yang mencakup Kongkow Ngobrolin Depok dan Festival Budaya dijadwalkan berlangsung 27 April di Gedung Dibaleka II.

2. Tidak akan kemeriahan dalam perayaan HUT Depok

Pemkot Depok Gratiskan Biaya Persalinan saat HUT, Catat Tanggalnya!Wali Kota Depok , Mohammad Idris bersama Forkopimda Kota Depok di Balai Kota Depok. (IDN Times/Dicky)

Pemerintah Kota Depok, Jawa Barat merayakan HUT Ke-21 Kota Depok yang jatuh pada 27 April 2020 secara sederhana dan tanpa keramaian karena pandemi COVID-19.

"Acaranya sederhana sebagai pengingat bagi kita yang kita cintai, kegiatan diawali dengan pidato melalui 'live streaming'," kata Wali Kota Depok Mohammad Idris dalam keterangan tertulisnya di Depok, Senin.

Di tengah suasana keprihatinan atas musibah COVID-19 saat ini, pemkot dan seluruh warga Kota Depok tetap mengucap syukur kepada Allah SWT, Tuhan Yang Maha Bijaksana.

Dalam kegiatan HUT Kota Depok ada pembagian berupa paket bingkisan dan masker, penyampaian hadiah bagi pemenang lomba kreasi selama "stay at home" untuk 24 pelajar, diwakili Kadisdik Kota Depok.

"Selanjutnya pada hari Selasa, 28 April 2020 akan dilaksanakan Seminar Bunga Rampai COVID-19 secara virtual bersama Kampung Siaga COVID-19," katanya.

3. Idris mengajak masyarakat Depok bisa meningkatkan aksi solidaritas di masa pandemik

Pemkot Depok Gratiskan Biaya Persalinan saat HUT, Catat Tanggalnya!Seorang pasien COVID-19 meletakkan kedua tangan di kepalanya (ANTARA FOTO/REUTERS/Baz Ratner)

Idris mengajak warga Depok meneguhkan solidaritas sosial dan kemanusiaan untuk senantiasa berbagi dengan mereka lainnya yang membutuhkan.

"Semoga 'Spirit of Humanity' sebagai tema Hari Jadi Kota Depok ke-21 ini, dapat hadir di antara pribadi kita sebagai warga Kota Depok yang sama-sama kita cintai," katanya.

Dalam perayaan ini, rangkaian acara yang disiapkan seperti pembagian masker dan kampanye penggunaan topeng kain, gerakan penyemprotan disinfektan secara massal, dan penyerahan bantuan logistik untuk masyarakat.

Baca Juga: Dua Utusan Jokowi ke Surabaya Temui Keluarga Kru Nanggala 402

Baca Juga: Menko PMK: Mari Berdoa agar Berikan Pertolongan ABK KRI 402 Nanggala

Topik:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya