Pemkot Bandung Wacanakan Bentuk Dinas BPBD 

Selama ini kebencanaan masuk di dinas kebakaran

Bandung, IDN Times - Pemerintah Kota Bandung hingga saat ini tidak memiliki badan penanggulangan bencana secara mandiri. Penanggulan masih bergabung dengan Dinas Pemadam Kebakaran.

Pelaksana Tugas (Plt) Wali Kota, Yana Mulyana tengah mempertimbangkan untuk membentuk Dinas Penanggulanggan Bencana Daerah. Apalagi Kota Bandung belum memiliki Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) tersendiri.

"Saat ini masih bergantung dengan Diskar PB, Pemkot sedang mengupayakan untuk mengkaji Sumber Daya yang ada, tentunya nantinya bila Dinas khusus penanggulangan bencana sudah terbentuk," kata melalui siaran pers dikutip, Senin (7/2/2022).

1. Pembentukan BPBD butuh tenaga ahli

Pemkot Bandung Wacanakan Bentuk Dinas BPBD Petugas BPBD Paser saat mengangkat salah satu korban meninggal di danau yang diduga bekas tambang di Desa Krayan Makmur, Kecamatan Long Ikis, Kabupaten Paser pada 6 September 2020 (Dok. BPBD Paser/Istimewa)

Namun Yana mengakui, untuk membentuk dinas khusus membutuhkan tenaga-tenaga terlatih. Oleh karenanya, Pemkot Bandung membutuhkan dukungan dari stakeholder lain untuk melatihnya.

"Kami membutuhkan pelatihan dari Wanadri dan IDI untuk memberi edukasi bagi teman-teman di dinas yang baru yang rencananya akan dibentuk," tutur Yana.

Yana berharap, dengan adanya program kerja sama IDI Cabang Bandung dengan Yayasan Wanardi dalam penanganan bencana akan saling bahu membahu dalam antisipasi penanganan bencana.

2. Kerja sama relawan medis dan bencana perlu ditingkatkan

Pemkot Bandung Wacanakan Bentuk Dinas BPBD Ilustrasi petugas medis. ANTARA FOTO/Yulius Satria Wijaya

Dia optimistis melalui program kerja sama yang terbangun ini menjadi solusi atas kesenjangan yang selama ini terjadi antara relawan bencana dan relawan medis.

"Melalui kerja sama dua lembaga yang sangat kompeten dalam hal medis dan penanganan bencana, insyaallah, penanganan bencana di Kota Bandung lebih cepat dan lebih baik lagi, sehingga akan meminimalkan jatuhnya korban jiwa, mengingat sekarang Kota Bandung rawan Bencana," ujar Yana.

3. Wanadri ajak IDI pengenalan alam

Pemkot Bandung Wacanakan Bentuk Dinas BPBD Dok. Humas Kota Bandung

Sementara itu, Ketua Yayasan Wanadri, Tri Wahyu Murni, menyampaikan untuk program rencana awal, akan memperkenalkan IDI dimulai dengan Pengenalan Kegiatan di Alam dari Yayasan Wanadri.

"Yayasan Wanadri memiliki 3 utama kegiatan, pendidikan pelatihan, program lingkungan, dan kegiatan kemanusiaan," ujar Tri.

Tri menjelaskan, untuk ke depannya, akan diadakan kembali pertemuan lanjutan mengenai program yang akan dilaksanakan bersama IDI Cabang Kota Bandung.

Topik:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya