Pemkot Bandung Segera Percantik Lapangan Supratman 

Dulu lapangan ini jadi minat warga untuk berolahraga

Bandung, IDN Times - Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung secara bertahap akan mempercantik sejumlah ruang publik. Hal itu sebagai upaya untuk memberikan ruang publik yang lebih representatif.

Dalam waktu dekat ini, Pemkot Bandung akan memperbaiki Lapangan Supratman Ciujung dan ditargetkan rampung pada September 2024 mendatang.

"Kami akan perbaiki, mungkin bisa selesai bulan September atau Oktober tahun ini. Saya ingin lebih cepat," ujar Sekretaris Daerah Kota Bandung, Ema Sumarna, Jumat (19/1/2024).

1. Lapangan sepak bola ini harus bisa maksimal digunakan masyarakat

Pemkot Bandung Segera Percantik Lapangan Supratman Dok. Humas Kota Bandung

Ema mengakui, ruang publik yang berhadapan langsung dengan pusat institusi militer itu bisa lebih maksimal digunakan oleh masyarakat.

"Kita dorong ini menjadi ruang publik yang nyaman buat masyarakat. Olahraga itu tidak hanya untuk futsal saja, di sana bisa memanfaatkan fasilitas lainnya," tuturnya.

Ia pun memastikan fasilitas untuk jogging atau berjalan kaki lebih lebar, sehingga masyarakat lebih nyaman.

"Ruang untuk berlari atau jalan kaki lebih lebar, sehingga tidak ada potensi untuk terganggu," ungkapnya.

2. Siapkan penerangan pada malam hari

Pemkot Bandung Segera Percantik Lapangan Supratman Dok. Humas Kota Bandung

Selain itu, Ema juga mengingatkan soal penerangan. Karena menurutnya, pencahayaan maksimal bisa menjadi daya tarik masyarakat dan dari sisi keamanan lebih terjaga.

"Kita akan optimalkan penerangan, supaya malam hari itu bisa digunakan, mau olahraga, berwisata, nyantai malam, ini aman," tutur Ema.

3. Jangan ada pedagang di sekitar area lapang

Pemkot Bandung Segera Percantik Lapangan Supratman Dok. Humas Kota Bandung

Pemkot pun bakal mengoptimalkan fasilitas toilet dan musala. Sayangnya nanti tidak boleh ada penjual khsuusnya pedagang kaki lima (PKL) agar kawasan tetap nyaman untuk masyarakat.

Di sisi lain, Pemkot bakal memperbaiki trotoar dan drainase di sekitar Lapangan Supratman. Rencananya bakal dibangun bak kontrol sehingga aliran air yang deras ketika hujan bisa diantisipasi.

"Untuk berjalan nyaman, trotoar dan drainase diperbaiki juga ditutup. Ada bak kontrol, sehingga jika ada sesuatu nanti dinas terkait bisa efektif melakukan perbaikan," kata dia. 

Baca Juga: Pengunjung Asia Afrika Bandung Diduga Dikeroyok Pekerja Fotografer 

Baca Juga: Anggaran Kesiapsiagaan Kebencanaan di Bandung Barat Minim

Topik:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya