Pemkot Bandung Resmi Miliki Mal Pelayanan Publik 

Ini menjadi yang ke-8 di Jawa Barar

Bandung, IDN Times - Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung resmi memiliki mal pelayanan publik (MPP) yang berlokasi di Jalan Cianjur. Mal ini akan memudahakan masyarakat dalam perizinan yang selama ini dilakukan di sejumlah dinas.

Wali Kota Bandung Yana Mulyana mengatakan, total ada 28 instansi yang berada di satu gedung ini. Dia berharap keberadaan MPP di Bandung bisa meningkatkan pelayanan publik.

"Kami harap MPP bisa memberikan layanan terbaik pada masyarakat,," ujar Yana, Selasa (23/8/2022).

1. Warga bisa nikah di mal ini

Pemkot Bandung Resmi Miliki Mal Pelayanan Publik Dok. Humas Pemkot Bandung

Yana menuturkan, pelayanan yang banyak digunakan di mal ini berkaitan dengan Disdukcapil. Selain itu ada juga kemudahan dalam perpanjangan surat izin mengemudi.

Di sisi lain, di mal ini terdapat ruangan yang bisa digunakan masyarakat untuk melangsungkan akad nikah. Terdapat balai nikah di mana pasangan bisa melangsungkan pernikahan secara gratis.

"Jadi itu gratis bagi pasangan yang ingin melangsungkan pernikahan di MPP. Tadi sudah ada satu yang nikah," kata dia.

2. Kemenpan-RB siap dampingi MPP Bandung

Pemkot Bandung Resmi Miliki Mal Pelayanan Publik Dok. Humas Pemkot Bandung

Kepala Bidang Pelayanan Publik Kementerian Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPan-RB), Prof. Dr. Diah Natalisa mengatakan, keberadaan MPP ini merupakan ke-64 di Indonesia. Saat ini masih ada beberapa MPP yang didampingi.

MPP di Bandung memiliki 97 layanan yang bisa dimanfaatkan masyarakat. Melalui mal ini diharapkan semakin banyak pihak yang memanfaatkan mal tersebut.

"Kami terus mendorong agar adanya peningkatan kualitas pelayanan, dan meningkatkan kemudahan usaha masyarakat kota Bandung agar lebih baik. Dan ini bukan hanya berlaku saat ini saja tapi hingga seterusnya. Kami akan siap mendampingi dalam rangka terus meningkatkan pelayanan publik.

3. Pemerintah kabupaten/kota harus berani lakukan inovasi dalam memberikan pelayanan

Pemkot Bandung Resmi Miliki Mal Pelayanan Publik Dok. Humas Pemkot Bandung

Sementara itu, Wakil Gubernur Jabar Uu Ruzhanul Ulum mengatakan, inovasi seperti MPP baru ada 8 di Jawa Barat dari 27 daerah yang ada. Keberadaan MPP di sebuah daerah menjadi keniscayaan agar pelayanan kepada masyarakat bisa lebih mudah.

Menurutnya, peningkatan layanan seperti ini harus dilakukan agar masyarakat tidak menyerahkan seluruh keperluannya pada perusahaan swasta. Selama ini pihak swasta banyak yang mengambil alih peran pelayanan, di mana seharusnya itu dilakukan pemerintah daerah.

"Jadi sudah kewajiban bagi pemerintah daerah untuk berinovasi. Saya berharap dinas dan lembaga yang ada di MPP Bandung bisa lebih banyak sehingga pelayanan lebih lengkap," kata dia.

Topik:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya