Pemkot Bandung Janji Cairkan Bonus Atlet Peraih Medali Peparnas

Nominal bonus belum bisa dipastikan

Bandung, IDN Times - Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung memastikan akan memberi bonus kepada para atlet yang berprestasi di ajang Pekan Olahraga Nasional (PON) dan Pekan Paralympic Nasional (Peparnas) 2021 Papua.

Kepastian itu dilontarkan Wakil Wali Kota Bandung, Yana Mulyana saat memantau para atlet Kota Bandung yang tengah berlaga di Peparnas XVI 2021 Papua.

"Insya Allah, kadeudeuh layak diberikan kepada atlet berprestasi. Karena mereka telah berkontribusi membantu Jabar meraih juara umum di PON. Termasuk para atlet Peparnas juga," kata Yana dikutip IDN Times dari siaran pers, Senin (8/11/2021).

1. Nominal bonus belum bisa dipastikan

Pemkot Bandung Janji Cairkan Bonus Atlet Peraih Medali PeparnasPelompat jauh putra Jawa Barat Rulli Al Kahfi melakukan lompatan pada final lompat jauh klasifikasi T11 Peparnas Papua, di Stadion Lukas Enembe, Kabupaten Jayapura, Papua, Sabtu (6/11/2021). ANTARA FOTO/Wahyu Putro A/nym.

Pemkot Bandung saat ini masih mengkaji nilai bonus yang bakal diberikan kepada para atlet. Ia memperkirakan, jumlah uang yang didapat baru bisa dipastikan dan diberikan tahun depan.

Kendati demikian, ia berharap ada sejumlah atlet yang berlaga di PON dan Peparnas bisa menerima kadeudeuh pada tahun ini.

"Kita usahakan ada yang menerima tahun ini. Tetapi mungkin tidak semuanya," ujarnya.

2. Bonus sangat layak didapat para peraih medali

Pemkot Bandung Janji Cairkan Bonus Atlet Peraih Medali PeparnasOpening Ceremony Peparnas XVI Papua 2021 pada Jumat (5/11/2021). (youtube.com/Peparnas XVI Papua 2021)

Menurutnya, bonus sangat layak diberikan kepada para atlet berprestasi. Oleh karenanya, ia berharap, para atlet Kota Bandung bisa terus berprestasi di berbagai ajang.

Termasuk ajang Pekan Olahraga Daerah (Porda) dan pekan Paralympic Daerah (Peparda) yang bakal digelar di Bekasi pada 2022 mendatang. Di dua ajang tersebut, Kota Bandung menargetkan menjadi juara umum.

Dia mengatakan, Kota Bandung sangat berpotensi menjadi juara umum di Porda dan Peparda. Hal itu berkaca pada kekuatan Jabar di PON dan Peparnas Papua.

"Di PON, sekitar 30 persen atlet Jabar berasal dari Kota Bandung. Sedangkan di Peparnas, sekitar 40 persen atlet Jabar juga berasal dari Kota Bandung," ungkap Yana.

Untuk itu ia berharap pembinaan atlet yang selama ini dilakukan oleh Pemkot Bandung bersama Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) dan National Paralympic Committe of Indonesia (NPCI) Kota Bandung bisa terus membuahkan hasil.

"Kita selalu mendukung dan mendoakan para atlet yang tengah berjuang di semua ajang," katanya.

3. Raihan medali Jabar dekati Papua

Pemkot Bandung Janji Cairkan Bonus Atlet Peraih Medali PeparnasOpening Ceremony Peparnas XVI Papua 2021 pada Jumat (5/11/2021). (youtube.com/Peparnas XVI Papua 2021)

Jawa Barat (Jabar) menempati peringkat kedua perolehan sementara medali Pekan Paralimpik Nasional (Peparnas) XVI Papua Tahun 2021.

Dilansir situs resmi Kemenpora pada Minggu (7/11/2021), Jabar sudah merangkum 8 emas, 7 perak, dan 3 perunggu. Sedangkan peringkat pertama ditempati oleh tuan rumah, Papua, dengan raihan 8 emas, 7 perak, dan 5 perunggu.

Adapun seluruh emas yang diraih Jabar tersebut berasal dari cabang olahraga (cabor) atletik. Emas pertama Jabar di Peparnas Papua 2021 dipersembahkan oleh Bayu Mas Ari setelah mencapai garis finis pertama dalam kelas T+54 (Rungu Wicara) di nomor 1.500 meter pada Sabtu (06/11/2021).

Manajer Atletik Kontingen Peparnas Jabar Seni Aprilianty mengatakan, raihan tersebut merupakan langkah awal yang baik untuk kembali mendulang emas di Peparnas XVI Tahun 2021.

“Delapan emas yang kita raih hari ini awal yang baik untuk meraih emas di hari berikutnya. Total emas di cabor atletik yang diperebutkan sebanyak 203 keping,” kata Seni, Minggu (7/11/2021).

Baca Juga: Klasemen Sementara Peparnas 2021, Sumut Huni Peringkat 3

Baca Juga: Peparnas Papua 2021 Bukan Hanya soal Juara, tapi Bicara Regenerasi

Baca Juga: Jabar Juara Umum PON XX Papua, Konsistensi Pembinaan Atlet Saat Pandemik

Topik:

  • Galih Persiana

Berita Terkini Lainnya