Pemkot Bandung Ingin Tanam Sorgum Alternatif Pengganti Beras 

Memang warga Bandung mau ganti beras dengan sorgum?

Bandung, IDN Times - Pemerintah Kota Bandung berencana menanam sorgum sebagai alternatif makanan pengganti beras. Musababnya, harga besar saat ini terus melambung seiring dengan produksi yang menurun di berbagai daerah.

Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) Kota Bandung, Gin Gin Ginanjar menjelaskan, kebijakan tersebut telah lama digulirkan. Namun, baru akan direalisasikan di tahun ini.

"Kami akan uji coba tanam sorgum di satu hektare lahan sawah abadi milik Pemkot Bandung yang sudah kering. Lokasinya di daerah Cibiru. Kalau berjalan dengan baik, insyaaIllah kami akan kembangkan ini menjadi bagian produksi," kata Gin Gin melalui siaran pers dikutip, Jumat (16/2/2024).

1. Gandeng kampus dan Bapanas untuk merealisasikannya

Pemkot Bandung Ingin Tanam Sorgum Alternatif Pengganti Beras IDN Times/Istimewa

Pemkot Bandung juga bekerja sama dengan Universitas Pasundan dan telah mendapat dukungan Badan Pangan Nasional (Bapanas) serta pemerintah pusat untuk merealisasikannya dalam beberapa bulan mendatang.

Ia menyebutkan, uji coba akan dimulai dari proses menanam sorgum sampai ke pengolahannya seperti tepung maupun berbagai produk makanan lain.

"Mudah-mudahan ini bisa jadi salah satu alternatif karena memang harus diupayakan terus alternatif pangan selain beras," ujarnya.

2. Harus ada alternatif makanan selain beras

Pemkot Bandung Ingin Tanam Sorgum Alternatif Pengganti Beras Ilustrasi beras sushi (japanesecooking101.com)

Menurutnya, sudah perlu ada sebuah terobosan kebijakan untuk alternatif selain beras sebagai pangan pokok melalui pangan-pangan lokal yang punya nilai karbohidrat seperti beras.

Gin Gin menambahkan, perlu ada teknologi yang tepat dalam mengolah sorgum hingga bisa nyaman dikonsumsi masyarakat.

"Lalu, sorgum ini multifungsi, semua bagian dari sorgum itu mulai batang, daun, termasuk pasti buahnya bisa bermanfaat. Salah satunya bisa dijadikan pakan ternak. Apalagi sekarang pakan ternak (jagung) itu lagi naik juga harganya," aku Gin Gin.

3. Sorgum belum jadi makanan kebiasaan warga Bandung

Pemkot Bandung Ingin Tanam Sorgum Alternatif Pengganti Beras Dokumentasi Umsu.co.id

Meski ia akui, perlu waktu penyesuaian termasuk pengenalan agar masyarakat bisa menerima sorgum dan pangan lokal lainnya sebagai makanan pokok pengganti beras.

"Beberapa daerah di Indonesia sudah mengembangkan lebih dulu pangan selain beras. Memang tidak mudah juga untuk mengubah kebiasaan masyarakat dari mengkonsumsi beras," ungkapnya.

Menurutnya, salah satu cara untuk mulai membiasakan diri dengan mengonsumsi alternatif pangan lain adalah dengan substitusi.

"Misalnya sehari cukup satu kali konsumsi beras. Kemudian di waktu makan berikutnya bisa dengan non beras untuk mengurangi kebutuhan pangan yang tinggi," papar Gin Gin.

Baca Juga: Alternatif Gandum, Rencana Jokowi Kembangkan Sorgum Tuai Dukungan

Baca Juga: Stok Beras Diklaim Aman Tapi Harganya Naik, Disperindag Buka Suara

Topik:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya