Pemkot Bandung Ingin Berguru ke Inggris Soal Manajemen Stadion

Liga sepak bola di Inggris sangat menguntungkan

Bandung, IDN Times - Duta Besar Inggris untuk Indonesia dan Timor Leste, Owen Jenkins, melakukan kunjungan ke Kota Bandung. Dia bertemu sejumlah pejabat daerah termasuk Wali Kota Bandung, Yana Mulyana, di Balai Kota, Selasa(18/10/2022).

Usai pertemuan tersebut, Yana mengatakan dia berbincang banyak hal dengan Owen. Salah satu yang coba dikerjasamakan adalah sistem manajemen pengelolaan stadion sepak bola untuk mengoptimalisasi penggunaan Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA).

Wali Kota Bandung Yana Mulyana mengatakan, Inggris memiliki pengalaman yang sangat baik dalam mengelola sepak bola sebagai industri pada era moderen ini.

"Soal manajemen saja, jadi Inggris kan punya pengalaman sepak bola, nantinya ada transfer pengetahuan terkait pengelolaan sepak bola moderen," kata Yana usai bertemu Owen, Selasa (18/10/2022).

1. Industri sepak bola Indonesia menjanjikan

Pemkot Bandung Ingin Berguru ke Inggris Soal Manajemen StadionSekda Kota Bandung Ema Sumarna melakukan tinjauan ke Stadion GBLA, Kamis (19/5/2022). Dok. Humas Kota Bandung

Ke depannya Yana berharap bisa mendapat undangan dari negara Inggris untuk mempelajari manajemen pengelolaan stadion demi memperkuat industri sepak bola di Bandung.

"Tapi tentunya itu tergantung pembicaraan lebih lanjut," kata Yana.

2. Ingin belajar juga mengenai pengembangan transportasi publik

Pemkot Bandung Ingin Berguru ke Inggris Soal Manajemen StadionSuasana KRL jurusan Tanah Abang-Parung Panjang, Jumat (10/7/2020) (IDN Times/Herka Yanis).

Di sisi lain, Pemkot Bandung pun ingin menjajal kerja sama mengenai perbaikan transportasi publik. Di negara Inggris penggunaan kendaraan umum termasuk kereta sudah lazim dipakai masyarakat.

"Rencana tentunya soal intgrasi tranportasi publik, yang sudah ada, bis, feeder-feeder, sambil nanti tentunya pengembangan kontektivitas integrasi antartransportasi publik. Kan pemerintah inggris juga punya pengalaman transportasi berbasis kereta, mudah-mudahan ini sangat cocok di Kota Bandung," kata dia.

3. Inggris siap bantu Pemkot Bandung dalam pengembangan wilayah

Pemkot Bandung Ingin Berguru ke Inggris Soal Manajemen StadionIDN Times/Istimewa

Sementara itu, Dubes Inggris untuk Indonesia Owen Jenkins mengapresiasi Pemerintah Kota Bandung setelah adanya pembicaraan produktif terkait kolaborasi.

Seperti diketahui, kata dia, negaranya itu memiliki berbagai stadion sepak bola yang berkelas dunia. Maka dari itu, dia pun mengaku negaranya bisa saja berbagi pengalaman soal manajemen sepak bola.

"Itu juga akan lebih bagus jika kita bisa berbagi pengalaman soal sepak bola, dan menjadikan stadion di Bandung berkelas dunia," kata Owen.

Baca Juga: Terungkap! CCTV di Lobi Utama dan Parkir Stadion Kanjuruhan Dihapus

Baca Juga: Pemkot Bandung Tak Akan Mundur Tagih Utang Yayasan Bandung Zoo

Topik:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya