Pemkot Bandung Imbau Warga Tak Adakan Lomba Panjat Pinang dan Karnaval

Padahal panjat pinang banyak manfaatnya nih buat kekompakan

Bandung, IDN Times - Pemerintah Kota Bandung mengimbau warga untuk tidak menyelenggarakan perlombaan panjat pinang serta karnaval saat perayaan hari kemerdekaan Republik Indonesia ke-77. Alasannya, kegiatan tersebut berpotensi menimbulkan kerumunan di tengah pandemik COVID-19.

Sekretaris Daerah Kota Bandung, Ema Sumarna mengatakan, Pemkot Bandung mempersilahkan warga untuk menyemarakkan hari kemerdekaan dengan berbagai kegiatan positif. Bahkan, warga dipersilakan untuk menggelar upacara pengibaran bendera yang memiliki nilai inspirasi dan inovatif.

"Jadi gini ya, harapannya sebetulnya hal-hal yang berkaitan dengan makna, nilai, kesakralan, itu silahkan dilaksanakan," kata Ema di Balai Kota Bandung, Jalan Wastukencana, Selasa, (16/8/2022).

1. Hindari kegiatan yang bersentuhan secara intens

Pemkot Bandung Imbau Warga Tak Adakan Lomba Panjat Pinang dan Karnaval

Namun, dia menilai ada kegiatan lain yang diimbau tidak dilakukan oleh warga seperti lomba panjat pinang dan karnaval yang berpotensi menimbulkan kerumunan serta terjadi sentuhan yang intens.

"Berkenaan dengan pawai, kami mohon itu untuk bisa menahan diri, itu untuk tidak dilaksanakan. Misalnya, biasanya terefleksikan dalam permainan-permainan yang sifatnya menghibur, misalnya panjat pinang. Nah, itu saya pikirkan potensi bersentuhannya itu. Tidak mungkin tidak terjadi," ungkap Ema.

2. Aparat kewilayahan akan pantau kegiatan di daerah

Pemkot Bandung Imbau Warga Tak Adakan Lomba Panjat Pinang dan Karnavalfakta menarik lomba makan kerupuk (instagram.com/swissbelhotel)

Nantinya, aparat kewilayahan seperti lurah dan camat ditugaskan untuk mengawasi kegiatan warga. Terlebih setiap lurah dan camat tidak diwajibkan untuk mengikuti upcara di Balai Kota Bandung pada 17 Agustus nanti.

"Dan kami pun mengarahkan kepada seluruh perangkat di Kota Bandung. Karena nanti pada hari H ini kan tidak ikut upacara disini, tapi memimpin penyelenggaraan upacara di wilayah kerja masing masing dan itu menjadi bagian menginformasikan dan juga mengedukasi masyarakat bahwa pandemi masih terjadi," ungkapnya.

3. Ini manfaat dari perlombaan panjat pinang

Pemkot Bandung Imbau Warga Tak Adakan Lomba Panjat Pinang dan KarnavalHypermart.co.id

Semarak peringatan hari kemerdekaan sudah bisa kita rasakan saat ini. Beberapa panitia mungkin mulai merancang perlombaan apa yang akan diadakan. Salah satu jenis perlombaan yang wajib ada ketika peringatan hari kemerdekaan adalah panjat pinang.

Masing-masing orang berebut memanjat sebuah tiang berlumpur untuk meraih hadiah. Tapi panjat pinang pada kenyataannya bukan sekadar lomba pengisi hari kemerdekaan. Namun sarat akan pelajaran yang bisa dipetik sebagaimana lima sikap di bawah ini.

1. Keberanian 

2. Semangat gotong royong 

3. Pantang menyerah 

4. Kesabaran 

5. Kerja keras 

Topik:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya