Pembangunan Akses Tol ke Bandara Kertajati Sudah 95 Persen

Lebih mudah untuk bepergian dari bandara ini

Bandung, IDN Times - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) melakukan percepatan dalam pembangunan akses jalan tol menuju Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati. Infrastruktur senilai proyek Rp692 miliar ini akan terkoneksi dengan Tol Cikopo-Palimanan (Cipali) dan Jalan Tol Cileunyi-Sumedang-Dawuan (Cisumdawu).

"Luar biasa bisa selesai September 2021, (dengan) kualitas baik dan rapi. Selamat dan terima kasih," ujar Menteri PUPR Basuki Hadimuldjono dikutip dari akun resmi Kementerian PUPR, Selasa (31/8/2021).

Selain meninjau pembangunan akses tol ini, Menteri Basuki meninjau pembangunan Junction Dawuan di Seksi 6 Tol Cisumdawu. Dengan progres pembebasan lahan yang mencapai 79,084 pada seksi 3-6 Tol Cisumdawu, Menteri Basuki optimistis konstruksinya dapat rampung pada Desember 2021.

Ruas Tol Akses BIJB dan Jalan Tol Cisumdawu diharapkan akan mendukung konektivitas Bandung-BIJB dengan mengurangi waktu tempuh dari sekitar 3 jam menjadi 1 jam.

1. Pengerjaan proyek sebentar lagi rampung

Pembangunan Akses Tol ke Bandara Kertajati Sudah 95 PersenBandara BIJB Kertajati Dok. Istimewa / WIjaya Karya (WIKA)

Pembangunan jalan tol akses ke Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati Kabupaten Majalengka, Jabar, dari tol Cikopo-Palimanan (Cipali) telah mencapai 95 persen dan ditargetkan selesai akhir September 2021.

"Saat ini progress pembangunan akses tol ke BIJB sudah mencapai lebih dari 95 persen," kata Direktur Operasi ASTRA Tol Cipali Agung Prasetyo dikutip dari Antara.

Menurut dia, pembangunan akses tol BIJB saat ini sudah merampungkan pekerjaan rigid pavement atau perkerasan kaku pada fase satu. Sementara untuk fase dua segera diselesaikan dalam minggu ini.

2. Jalan tol diharapkan bisa beroperasi pada November 2021

Pembangunan Akses Tol ke Bandara Kertajati Sudah 95 PersenBIJB Kertajati. IDN Times/Debbie Sutrisno

Setelah selesai, pekerja nantinya akan fokus pada pemasangan fasilitas jalan seperti rambu, lampu penerangan jalan, dan juga area simpang susun jalan tol akses yang mengusung icon dengan kearifan lokal daerah Jawa Barat.

"Diharapkan penyelesaian pekerjaan pembangunan tol akses BIJB dapat selesai di akhir September, kemudian dilakukan proses uji layak operasi oleh Kementerian PUPR dan diharapkan jalan tol akses dapat dioperasikan pada awal bulan November 2021," katanya.

3. Bisa jadi penghubung kawasan Segitiga Rebana

Pembangunan Akses Tol ke Bandara Kertajati Sudah 95 PersenPelabuhan Patimban yang masuk dalam kawasan Rebana Metropolitan berada di Kabupaten Subang. Dokumen Kemenhub

Agung mengharapkan keberadaan jalan tol akses ini dapat semakin mempermudah konektivitas dan logistik, khususnya dalam menunjang proyek Segitiga Rebana yang diinisiasi oleh Pemerintah Provinsi Jawa Barat.

Kontribusi ASTRA Tol Cipali dalam pembangunan tol ini adalah akses dengan total panjang jalan sekitar 3,7 kilometer lebar lajur 3,6 meter yang memiliki jumlah empat lajur untuk dua arah.

"Melalui peningkatan layanan konstruksi yang dilakukan di wilayah Kertajati, kami berharap tidak hanya memberikan pelayanan yang terbaik kepada pengguna jalan. Namun juga dapat menjadi penghubung dan membuka potensi ekonomi di wilayah Kertajati," katanya.

Baca Juga: Gelar Latihan Bersama, Pesawat Militer US Singgah di Bandara Kertajati

Baca Juga: Lama Nganggur, DPRD Jabar Usul Bandara BIJB Kertajati Jadi RS COVID-19

Topik:

  • Galih Persiana

Berita Terkini Lainnya