Pelatih Persib Minta Aturan Penonton Bisa Masuk ke Stadion Ditunda

Bali United doang yang dapat keuntungan dari aturan ini

Bandung, IDN Times - Pemerintah menyiapkan sejumlah skema dalam rangka pelonggarakan di masa pandemik COVID-19. Salah satunya memperbolehkan penonton masuk ke stadion untuk menyaksikan pertandingan olahraga.

Aturan ini pun mendapat penolakan dari pelatih Persib Bandung Robert Alberts. Menurutnya, penonton bisa saja dihadirkan dalam pertandingan sepak bola Liga Indonesia, tapi tidak saat ini. Sebab sekarang pertandingan hanya dilakukan di satu tempat yaitu Bali, sehingga tim lain akan dirugikan karena nantinya hanya suporter Bali United saja yang bakal datang dalam jumlah besar.

"Jika penonton dibolehkan kembali ke stadion di Bali saya pikir ini masih tidak adil ke tim lainnya. Yang diuntungkan jelas hanya Bali United saja," ujar Robert usai pertandingan Persib vs Madura United, Minggu (13/3/2022) malam.

1. Jangan ada perubahan regulasi dulu

Pelatih Persib Minta Aturan Penonton Bisa Masuk ke Stadion DitundaIDN Times/Galih Persiana

Robert pun meminta PSSI dan penyelenggara Liga Indonesia tidak merubah regulasi apapun dalam Liga Indonesia hingga semua pertandingan selesai digelar. Setiap tim sekarang sedang fokus dalam beberapa laga yang harus dihadapi jelang akhir Liga 1 yang hanya bermain di satu daerah.

Termasuk aturan keberadaan penonton akan merugikan ketika diberlakukan sekarang. Terkecuali dari awal semua pertandingan dilakukan kandang dan tandang, itu tidak jadi persoalan.

"Kami hanya ingin mengakhiri liga dan fokus dengan pertandingan normal di masa depan di situasi kandang tandang," kata dia.

2. Penonton bisa datang ke stadion pada Liga 1 2022/2023

Pelatih Persib Minta Aturan Penonton Bisa Masuk ke Stadion DitundaLiga-Indonesia.id

Robert pun tetap berharap penonton ke depan bisa datang ke stadion untuk mendukung tim kesayangannya. Namun, hal ini hanya bisa dilakukan ketika Liga dilakukan dengan sistem kandang dan tandang.

Karena dengan adanya penonton sebuah tim bisa lebih termotivasi khususnya ketika mereka bermain di rumah sendiri. Motivasi untuk menang lebih besar sehingga permainan pun bakal hidup.

"Jadi soal penonton kembali ke stadion seperti yang terjadi di seluruh dunia, bisa berjalan di liga musim baru yakni 2023," kata dia.

3. Pendukung hanya berdampak pada tuan rumah saja

Pelatih Persib Minta Aturan Penonton Bisa Masuk ke Stadion DitundaPemain Bali United Stefano Lilipaly (kedua kanan) berupaya menghindari pemain PSM Makassar Beny Wahyudi dalam pertandingan Liga 1 2019 di Stadion I Wayan Dipta, Gianyar, Bali, Kamis (1/8/2019). (ANTARA FOTO/Nyoman Budhiana)

Sementara itu, pelaksana tugas (Plt) Wali Kota Bandung Yana Mulyana ikut bersuara terkait aturan ini. Dia berharap penyelenggara jangan dulu memasukan penonton ke dalam stadion dalam tiga laga terkahir Liga Indonesia.

"Regulasi penonton sekarang jalan dulu kalau engga kita (Persib) tidak diuntungkan. Yang diuntungkan hanya Bali United," kata dia.

Terlebih kehadiran penonton akan memberi dampak baik bagi tim tuan rumah maupun lawan. Ketika satu tim didukung penuh suporter di dalam stadion, dan tim lain tidak, itu jelas jadi kerugian untuk tim yang tidak didukung.

Terkait dengan kemungkinan Persib Bandung juara Liga Indonesia, Yana optimistis karena tim ini sedang dalam tren baik dalam beberapa laga terakhir. Yana pun berharap Maung Bandung bisa menyabet juara Liga Indonesia tahun ini.

Topik:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya