Pelatih Persib Doakan Timnas U23 Menang atas Guinea, Lolos Olimpiade

Pemain Guinea punya fisik yang bagus

Bandung, IDN Times - Tim nasional U23 akan melakoni laga hidup mati untuk lolos ke Olimpiade 2024, melawan Guinea. Pertandingan play-off akan dimainkan di Clairefontaine, Paris, Prancis, Kamis (9/5/2024).

Harapan agar timnas lolos digaungkan banyak pihak termasuk pelatih Persib Bojan Hondak. Menurutnya, tim dari Benua Afrika memang memiliki fisik yang bagus. Di sisi lain, cuaca yang dingin pun akan cukup memengaruhi kondisi para pemain Indonesia.

"Tim Afrika sangat dominan di fisik, semua terlihat sangat matang. Jadi saya pikir itu akan menjadi pertandingan yang secara fisik akan berat," kata Bojan, Rabu (8/5/2024)..

1. Kerja keras dan keberuntungan jadi kunci kemenangan timnas

Pelatih Persib Doakan Timnas U23 Menang atas Guinea, Lolos OlimpiadePotret Timnas U-23 berlatih di Prancis. (Dok. PSSI).

Meskipun demikian, Bojan tetap optimistis Timnas U-23 bisa membukukan hasil positif. Dengan kerja keras dan sedikit keberuntungan, pelatih asal Kroasia ini berharap, Garuda Muda bisa mewujudkan mimpi kembali tampil di olimpiade.

Bojan menilai, lolosnya timnas U-23 ke Olimpiade 2024 akan menjadi prestasi luar biasa dan mampu mendongkrak perkembangan sepakbola Indonesia.

"Semoga Indonesia bisa mencapai Olimpiade. Ini akan baik untuk industri sepak bola di negara ini," harapnya.

2. Pertadingan bisa ditonton di RCTI

Pelatih Persib Doakan Timnas U23 Menang atas Guinea, Lolos OlimpiadeCNN Indonesia

Laga play-off Olimpiade 2024 antara Timnas U-23 lawan Guinea, Kamis (9/5/2024) sempat dikabarkan hanya disiarkan di FIFA+. Namun, baru-baru ini ada poster yang menyebut laga ini disiarkan di RCTI. PSSI angkat bicara.

Anggota Komite Eksekutif (Exco) PSSI Arya Sinulingga berujar, adanya siaran langsung di RCTI ini tak lepas dari keberhasilan federasi memenangi tender siaran yang disajikan FIFA. Tender itu berlangsung kisaran dua tiga hari lalu.

"Jadi mereka (FIFA) ada tender dua atau tiga hari lalu, dan memang sudah dapat pemenangnya, sudah diketahui juga ya bahwa itu (laga Timnas U-23 vs Guinea) bisa disiarkan di televisi," kata Arya dalam keterangannya kepada para jurnalis.

3. Hak siar dipegang oleh FIFA

Pelatih Persib Doakan Timnas U23 Menang atas Guinea, Lolos OlimpiadeIlaix Moriba, pemain Guinea U-23 yang wajib diwaspadai (instagram.com/ilaixmk)

Arya bercerita, dalam proses memenangi tender ini, PSSI sempat mencari tahu siapa pemegang hak siar laga, bahkan selepas Timnas U-23 kalah dari Irak di Piala Asia U-23 2024.

Mengingat ini adalah laga play-off Olimpiade 2024, PSSI sempat dilanda kebingungan, apakah Komite Olimpiade Internasional (IOC) atau FIFA yang memegang hak siar. Ternyata, hak siar tetap dipegang FIFA.

"Ini kan play-off antar dua federasi, satu di Afrika satu di Asia, kami nyari ini, hostnya siapa, karena ini play-off Olimpiade, apakah IOC atau FIFA, ternyata FIFA. Langsung lah kita kejar FIFA," ujar Arya.

Baca Juga: 3 Cara Nonton Playoff Indonesia vs Guinea, Yuk Dukung Timnas!

Topik:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya