Pelaku Pembunuhan Ibu-Anak di Subang Belum Juga Terungkap!

Hampir setahun, pelaku pembunuhan masih berkeliaran

Bandung, IDN Times - Hampir setahun kasus pembunuhan ibu dan anak di Kabupaten Subang belum juga terungkap. Polisi belum berhasil menangkap pelakunya. Berbagai cara sudah dilakukan mulai pemeriksaan belasan saksi hingga menyebar sketsa yang diduga pelaku. Namun, belum ada perkembangan siapa pembunuh ibu dan anak tersebut. 

Kapolda Jabar Irjen Pol Suntana mengatakan saat ini penyelidikan masih dilakukan. Dia mengklaim penyidik sudah menemukan titik terang pada kasus pembunuhan tersebut.

"Insya Allah minta doanya kami sudah temukan titik terang mudah-mudahan dapat (terungkap)," kata Kapolda di Bogor, Selasa (2/8/2022).

1. Tak semua kasus bisa mudah diungkap

Pelaku Pembunuhan Ibu-Anak di Subang Belum Juga Terungkap!Ilustrasi pembunuhan. ANTARA FOTO/Risky Andrianto

Setiap kasus pembunuhan, lanjut Suntana, memiliki penanganan yang berbeda dan cara penangkapannya. Tak semua kasus pembunuhan seperti yang terjadi di Subang mudah diungkap. Ada juga kasus yang memang membutuhkan waktu dalam pencarian tersangkanya.

"Dalam proses pidana khususnya pembunuhan kadang-kadang kasus itu ada yang hitungan setengah jam dapat, itungan hari dapat (pelaku), tapi dalam kasus tertentu polisi harus mengumpulkan barang bukti yang ditemukan dal berbagai cara supaya bisa mengarah kepada tersangkanya," kata dia.

2. Polres Subang dapat sorotan

Pelaku Pembunuhan Ibu-Anak di Subang Belum Juga Terungkap!IDN Times/Arief Rahmat

Kepolisian Resor Subang menjadi sorotan publik karena tak kunjung mengungkap kasus pembunuhan ibu-anak di Kecamatan Jalancagak, pada Agustus 2021. Padahal, mereka mengklaim telah mengungkap 397 kasus lainnya sepanjang tahun lalu.

Kepala Satuan Reserse Kriminal Polres Subang Ajun Komisaris Zulkarnaen mengklaim kasus pidana yang terungkap mencapai 81 persen dari total kasus yang ditangani.

"Untuk jumlah tindak pidana sebanyak 492 perkara, dan jumlah penyelesaian tindak pidana 397 perkara," katanya beberapa waktu lalu.

Zulkarnaen menambahkan, untuk tunggakan perkara sebanyak 95 perkara mayoritas adalah laporan yang diterima pada akhir 2021. Karena itu, jajarannya masih melakukan penyelidikan terhadap kasus-kasus tersebut.

Lebih lanjut, pihak Polres Subang menyatakan tidak ada kendala yang berarti dalam pengungkapan kasus-kasus tersebut. Adapun, penanganan kasus pembunuhan ibu-anak di Jalancagak itu memang diambil alih oleh Kepolisian Daerah Jawa Barat karena menjadi atensi publik.

Terakhir, Polda Jabar menunjukkan sketsa wajah pelaku pembunuhan tersebut. Perkembangan itu disambut positif oleh pihak keluarga korban yang selama ini mengikuti perkembangan penyelidikan polisi.

3. Keluarga korban tak mengenali sketsa wajah pelaku

Pelaku Pembunuhan Ibu-Anak di Subang Belum Juga Terungkap!Ilustrasi pembunuhan. ANTARA FOTO/Risky Andrianto

Namun, orang-orang terdekat dengan korban mengaku tidak mengetahui sosok dalam sketsa tersebut seperti diungkapkan salah seorang perwakilan keluarga korban, Indra Zaenal. Ia pun meyakini orang yang digambarkan dalam sketsa tersebut bukan bagian dari keluarga besarnya.

Indra memastikan itu setelah pihak keluarga bersama-sama melihat secara seksama gambar sketsa yang dirilis Kepolisian Daerah Jawa Barat beberapa waktu lalu. "Kami tidak mengetahui dan tidak mengenal pelaku," kata dia, saat diwawancarai beberapa waktu lalu.

Pihak keluarga mengapresiasi langkah polisi yang telah menunjukkan sketsa wajah pelaku pembunuhan Tuti Suhartini dan Amalia Mustika Ratu. Mereka pun berharap pencapaian itu mengisyaratkan kasus dan pelakunya akan segera terungkap.

"Saya baru tahu (ciri-ciri wajah pelaku) dan tentunya kami turut berbahagia. Mudah-mudahan kalau sudah ada rilis sketsa wajah pelaku dan pihak kepolisian sudah tergambarkan pelakunya," tutur Indra saat ditemui wartawan.

Harapan pihak keluarga semakin besar setelah Kepala Polda Jawa Barat Inspektur Jenderal Suntana menargetkan kasus itu terungkap pada awal 2022. Indra menilai keberhasilan polisi akan mengakhiri polemik di tengah masyarakat khususnya keluarga korban selama ini.

Topik:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya