Patimban Direncanakan Jadi Kota Tersendiri untuk Kawasan Rebana

Belum pasti daerah Segitiga Rebana jadi Ibu Kota baru Jabar

Bandung, IDN Times - Pemerintah semakin serius untuk menjadikan Pelabuhan Patimban sebagai salah satu kawasan perkotaan tersendiri. Dalam rapat antara Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil dengan sejumlah menteri termasuk Menteri Koordinator Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Pandjaitan, dikemukakan agar Patimban menjadi kota pelabuhan yang bisa menunjang perekonomian regional dan nasional.

Menurut Emil, ketika pertemuan berlangsung, dia ditanya mengenai desain dari Pelabuhan Patimban termasuk dengan kawasan ekonomi Segitiga Rebana. Luhut pun kemudian meminta Emil untuk mendesain secara detail apakah akan ada pusat perkotaannya, kemudian alun-alun, hingga pemukiman masyarakat.

"Rabana ini kan regionalnya, berarti ada anak-anaknya dan salah satunya itu adalah Patimban City. Nah Pak Luhut minta agar pelabuhan ini tidak seperti Tanjung Priuk, di mana pelabuhannya berhasil tapi daerah sekelilingnya kurang tertata," ujar Emil usai menghadiri Jabar Digital Innovation Award, Jumat (6/12).

1. Akan ada jalan tol yang langsung menuju Patimban

Patimban Direncanakan Jadi Kota Tersendiri untuk Kawasan RebanaIDN Times/Arief Rahmat

Menurutnya, satu hal yang sudah dipastikan dalam rapat dengan kementerian adalah akan ada pembangunan jalan tol menuju Pelabuhan Patimban. Jalan tol ini akan mempermudah akses kendaraan angkutan barang dari pelabuhan tersebut menuju ke berbagai daerah.

"Itu yang sudah pasti diputuskan," paparnya.

2. Belum jadi ibu kota provinsi menggantikan Bandung

Patimban Direncanakan Jadi Kota Tersendiri untuk Kawasan RebanaIDN Times/Humas Pemdaprov Jabar

Terkait kawasan Segitiga Rebana dan Pelabuhan Patimban yang akan dijadikan Ibu Kota baru Provinsi Jawa Barat (Jabar), Emil belum bisa memastikannya. Walaupun Bupati Subang sudah mengajukan daerah ini jadi pengganti Bandung sebagai pusat pemerintahan, tapi hal ini masih dalam pengkajian.

"Kan masih dikaji. Nanti pasti saya kasih tahu. Sekarang masih kajian di Bappeda (Badan Perencanaan dan Pembangunan Daerah)," ujarnya.

3. Operasional kecil Patimban akan diujicoba pada Juni 2020

Patimban Direncanakan Jadi Kota Tersendiri untuk Kawasan RebanaPresiden Jokowi saat meninjau Pelabuhan Patimban, Subang, Jawa Barat, Jumat 29 November 2019 (Dok.IDN Times/Biro Pers Kepresidenan)

Sebelumnya, dalam rapat di Kementerian Koordinator Kemaritiman dan Investasi dibahas pula pematangan persiapan soft operation launching pelabuhan Patimban yang rencananya digelar pada Juni 2020.

Sejauh ini tahapan pengerjaan sudah sesuai jadwal. Dia berharap semua lancar dan dukungan dari Pemprov memastikan urusan ini tidak terkendala, dan proyek dengan nilai investasi hampir Rp50 triliun ini bisa selesai tepat waktu.

Menurut Emil, Luhut menyarankan agar pemindahan pusat pemerintahan Kabupaten Subang disertai dengan penataan kota baru. "Saran saya pemindahan pusat pemerintahan Subang ini langsung sekalian dengan penataan kota barunya ini," ucapnya.

Luhut juga memastikan, masterplan kota baru tersebut akan disiapkan oleh Jepang dalam kurun empat bulan. Dan PT RNI (Persero) akan menyiapkan lokasi dengan luas sekira 1.000 hektare.

"Lokasi pembentukan kota baru ini sudah disiapkan 1000 hektare oleh RNI," katanya. "Rencananya pemindahan pusat pemerintahan Subang lokasinya mendekati akses tol Patimban," tambahnya.

4. Kota baru di sana tidak akan terlalu dekat dengan pelabuhan

Patimban Direncanakan Jadi Kota Tersendiri untuk Kawasan Rebanainstagram.com/chevyhamdanilatin

Bupati Subang Ruhimat menyambut baik rencana pemindahan pusat pemerintahan Kabupaten Subang. Meski begitu, lokasinya tidak terlalu dekat dengan area pelabuhan Patimban.

"Kami berencana untuk memindahkan pusat pemerintahan, sehingga menjadi cluster. Tapi, lokasinya bukan berarti pindah ke wilayah pelabuhan Patimban. Tapi, masih radius 30 kilometer dari Patimban," katanya.

Selain itu, Ruhimat berkata, pelabuhan Patimban akan membuat roda perekonomian Kabupaten Subang berputar lebih cepat. Dengan begitu, lanjut dia, kesejahteraan masyarakat sekitar akan terus meningkat.

"Kota baru yang di dalamnya memuat muntahan-muntahan ekonomi dari pelabuhannya dan di dalamnya ada pusat pemerintahan," ucapnya.

Baca Juga: Kunker ke Patimban, Jokowi Turut Ajak Putri Tanjung dan Andi Taufan

Baca Juga: Patimban akan Jadi Pelabuhan Besar pada 2027

Topik:

  • Galih Persiana

Berita Terkini Lainnya