Patimban Bakal Jadi Pusat Kota Baru di Jabar, Menggantikan Bandung?

Kamu memilih Patimban atau Bandung jadi Ibu Kota Jabar?

Bandung, IDN Times - Kabupaten Subang dan sekitarnya yang berada dekat dengan Pelabuhan Patimban dalam beberapa tahun ke depan diprediksi makin menggeliat pembangunannya. Hal ini seiring dengan pengerjaan proyek Pelabuhan Patimbang yang digeber pemerintah.

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil bahkan mengatakan, pembangunan Pelabuhan Patimban mesti direncanakan dengan matang. Salah satunya, mendesain kota baru di sekitar pelabuhan supaya akses menuju pelabuhan tertata.

"Yang mengemuka adalah persiapan menata Patimban City. Kira-kira, yang mana nanti di dalamnya memuat ada kota baru, pusat pemerintahan Subang dan lain-lain," kata dia usai menghadiri Rapat Koordinasi Penyelesaian Pelabuhan Patimban dengan Menko Bidang Kemaritiman dan Investasi di Jakarta, Selasa (3/12).

1. Patimban jangan sampai semerawut seperti Tanjung Priuk

Patimban Bakal Jadi Pusat Kota Baru di Jabar, Menggantikan Bandung?ANTARA FOTO/Nova Wahyudi

Mantan Wali Kota Bandung itu menuturkan, desain penunjang kawasan Pelabuhan Patimban harus direncanakan sematang mungkin. Sehingga nantinya kota baru yang berdiri bisa menunjang pelabuhannya.

"Jangan sampai seperti Tanjung Priuk. Pelabuhannya bagus, tapi aksesnya semerawut," imbuhnya.

Menurut Emil, pihaknya sudah meminta kepada JICA (Japan International Cooperation Agency), yang merupakan perwakilan pemerintah Jepang yang terlibat dalam pembangunan pelabuhan Patimban, untuk mulai mendesain kota baru tersebut.

Nantinya di sana bisa dibangun untuk ekreasi, industri dan lainnya. Dengan demikian akhirnya bisa menjadi pelabuhan yang bisa dicontoh daerah lain di Indonesia.

2. Operasional kecil Patimban akan diujicoba pada Juni 2020

Patimban Bakal Jadi Pusat Kota Baru di Jabar, Menggantikan Bandung?Dok.Humas Jabar

Dalam rapat yang dihadiri Menko Maritim dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan dan Menteri Perhubungn Budi Karya Sumadi itu, kata Emil, dibahas pula pematangan persiapan soft operation launching pelabuhan Patimban yang rencananya digelar pada Juni 2020.

Sejauh ini tahapan pengerjaan sudah sesuai jadwal. Dia berharap semua lancar dan dukungan dari Pemprov memastikan urusan ini tidak terkendala, dan proyek dengan nilai investasi hampir Rp50 triliun ini bisa selesai tepat waktu.

3. Pemindahan pusat pemerintahan di Subang disertai penataan kota baru

Patimban Bakal Jadi Pusat Kota Baru di Jabar, Menggantikan Bandung?Dok.Humas Jabar

Sementara itu, Luhut menyarankan agar pemindahan pusat pemerintahan Kabupaten Subang disertai dengan penataan kota baru. "Saran saya pemindahan pusat pemerintahan Subang ini langsung sekalian dengan penataan kota barunya ini," ucapnya.

Luhut juga memastikan, masterplan kota baru tersebut akan disiapkan oleh Jepang dalam kurun empat bulan. Dan PT RNI (Persero) akan menyiapkan lokasi dengan luas sekira 1.000 hektare.

"Lokasi pembentukan kota baru ini sudah disiapkan 1000 hektare oleh RNI," katanya. "Rencananya pemindahan pusat pemerintahan Subang lokasinya mendekati akses tol Patimban," tambahnya.

4. Kota baru di sana tidak akan terlu dekat dengan pelabuhan

Patimban Bakal Jadi Pusat Kota Baru di Jabar, Menggantikan Bandung?instagram.com/chevyhamdanilatin

Bupati Subang Ruhimat menyambut baik rencana pemindahan pusat pemerintahan Kabupaten Subang. Meski begitu, lokasinya tidak terlalu dekat dengan area pelabuhan Patimban.

"Kami berencana untuk memindahkan pusat pemerintahan, sehingga menjadi klaster. Tapi, lokasinya bukan berarti pindah ke wilayah pelabuhan Patimban. Tapi, masih radius 30 kilometer dari Patimban," katanya.

Selain itu, Ruhimat berkata, pelabuhan Patimban akan membuat roda perekonomian Kabupaten Subang berputar lebih cepat. Dengan begitu, lanjut dia, kesejahteraan masyarakat sekitar akan terus meningkat.

"Kota baru yang di dalamnya memuat muntahan-muntahan ekonomi dari pelabuhannya dan di dalamnya ada pusat pemerintahan," ucapnya.

Baca Juga: Belum Kompak, Ridwan Kamil Imbau Kepala Daerah Tingkatkan Sinergitas

Baca Juga: Dishub Kota Bandung Larang Skuter Listrik Digunakan di Jalan Umum

Topik:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya