Pasien COVID-19 Turun, RSHS Bandung Siap Buka Layanan Kesehatan Umum

Syukur pasien corona di Jabar sudah lebih sedikit

Bandung, IDN Times - Perlahan tapi pasti angka pasien di Jawa Barat yang terpapar virus corona jenis baru atau COVID-19 menurun. Mereka yang dirawat di rumah sakit rujukan COVID-19 pun berangsur sembuh dan bisa kembali ke rumah masing-masing. Alhasil rumah sakit yang sebelumnya kewalahan sekarang mulai bisa menghela napas.

Hal ini juga yang terjadi di Rumah Sakit Hasan Sadikin (RSHS) Bandung. Dalam kunjungannya ke rumah sakit ini, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil memastikan RSHS siap membuka kembali layanan kesehatan non-COVID-19 bagi masyarakat.

Musababnya, penanganan COVID-19 di RSHS dinilai sudah sangat terkendali dengan penurunan pasien COVID-19 yang signifikan. Menurut Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), peningkatan kapasitas dan fasilitas layanan kesehatan menjadi syarat penerapan Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB).

1. Jumlah pasien yang dirawat hanya tingal 20 persen

Pasien COVID-19 Turun, RSHS Bandung Siap Buka Layanan Kesehatan Umumhealthline.com

Jumlah pasien COVID-19 di ruang isolasi yang pernah mencapai 100 persen turun hingga menjadi 20 persen, disertai tingkat kesembuhan yang tinggi.

"Dari 300-an (pasien) sekarang tinggal kurang lebih 14 orang (yang masih dirawat di ruang isolasi). Artinya pasien-pasien yang sembuh sudah sangat banyak," ujar Emil melalui siaran pers, Sabtu (30/5).

2. Sejauh ini belum ada perawat dan dokter di RSHS yang positif COVID-19

Pasien COVID-19 Turun, RSHS Bandung Siap Buka Layanan Kesehatan UmumDok.Humas Jabar

Selain itu, kesiapan RSHS membuka layanan kesehatan non-COVID-19 pun ditunjukkan dengan hasil pengetesan terhadap seluruh karyawan dan dokter yang hasilnya adalah seluruh karyawan dan dokter tersebut bebas virus SARS-CoV-2.

“Tiga ribu karyawan (RSUP) Hasan Sadikin sudah dites, per hari ini tidak ada yang terpapar oleh COVID-19 sehingga ini salah satu rumah sakit yang paling aman di Jawa Barat. Tidak ada satu pun staf dan dokter per hari ini yang positif COVID-19,” tambahnya.

Untuk itu, masyarakat yang ingin berobat dan berkonsultasi terkait kesehatan agar tidak menahan diri karena RSHS sudah dipastikan aman terkendali.

3. Warga yang datang ke rumah sakit tetap harus ikuti protokol kesehatan COVID-19

Pasien COVID-19 Turun, RSHS Bandung Siap Buka Layanan Kesehatan UmumDok.Humas Jabar

Meski demikian, Emil mengingatkan warga yang akan berobat untuk tetap menerapkan protokol kesehatan, di antaranya memakai masker dan menjaga jarak aman.

“Dia (warga yang mau berobat) datang nanti mengantre, dites suhu. Kalau di atas 37,5 derajat (Celcius) dia akan di-treatment khusus, yang di bawah itu (37,5 derajat Celcius) dia masuk ke pelayanan khusus. Tapi tetap harus pakai masker, jaga jarak,” ujarnya.

Baca Juga: [FOTO] Ridwan Kamil Tinjau Masjid dan Gereja yang Akan Dibuka Kembali

Baca Juga: Masjid Raya Bandung Siap Laksanakan New Normal untuk Beribadah

Topik:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya