Pasca Insiden PT KCIC Siap Perbaiki Metode Kerja Proyek Kereta Cepat 

Proyek ini tetap akan berlanjut sesuai jadwal

Bandung, IDN Times - Setalah insiden kebocoran pipa bahan bakar minyak (BBM) milik PT Pertamina akibat pengerjaan proyek kereta cepat Jakarta-Bandung (KCJB), lokasi di sekitar kebakaran masih tertutup untuk proses pengamanan dan investigasi lebih lanjut.

Direktur Utama PT KCIC Chandra Dwiputra mengatakan, kebakaran yang terjadi pada pipa penyalur BBM Pertamina memang berada di lokasi proyek KCJB. PT KCIC pun meminta maaf kepada PT Pertamina dan masyarakat atas insiden yang yang terjadi.

"Kami akan bertanggungjawab terhadap kerusakan yang terjadi dan bekerja sama bersama segenap pihak yang berwajib untuk memulihkan keadaan segera dan memastikan kondisi di lapangan tidak terganggu.” kata Chandra Dwiputra melalui siaran pers, Rabu (23/10).

1. Pengerjaan proyek kereta cepat akan tetap berlanjut

Pasca Insiden PT KCIC Siap Perbaiki Metode Kerja Proyek Kereta Cepat Humas Pemprov Jabar

Terlepas kejadian tersebut, PT KCIC memastikan pengerjaan proyek KCJB akan tetap berlanjut pada titik lainnya di sepanjang trase Jakarta-Bandung melalui peningkatan koordinasi dengan pihak-pihak yang berkepentingan dalam pelaksanaan proyek. Terkait kejadian ini, PT KCIC akan melakukan evaluasi secara menyeluruh untuk memperbaiki seluruh sistem dan metode kerja dalam proses pembangunan proyek KCJB

"Kita juga akan meningkatkan pengawasan pada proses konstruksi terutama dari aspek safety," paparnya.

PT KCIC akan tetap berkoordinasi dengan Pertamina terkait dengan penanggulangan akibat kejadian ini. Untuk memastikan keamanan. Candra juga memastikan pihaknya tetap menjalankan pemantauan kondisi di lapangan dan menerapkan perimeter pengamanan di lokasi kejadian.

2. Jalur pipa minyak milik Pertamina akan dipindahkan

Pasca Insiden PT KCIC Siap Perbaiki Metode Kerja Proyek Kereta Cepat IDN Times/Bagus F

Candra mengatakan, berdasarkan informasi yang didapat sesuai jadwal pekerjaan proyek KCJB sebagian jalur pipa Pertamina di sebelah utara sepanjang jalan Tol Cipularang ini telah siap untuk dipindahkan ke jalur pipa baru. Terkait hal tersebut akan segera dilaksanakan dengan koordinasi bersama antara PT KCIC dan Pertamina dan untuk pelaksanaannya akan dilakukan di akhir Oktober 2019

Proyek Kereta Cepat Jakarta-Bandung senantiasa memastikan setiap pekerjaan dilaksanakan dengan memperhatikan aspek safety dan quality serta memberikan kontribusi pada peningkatan nilai-nilai keekonomian di sepanjang koridor pembangunan proyek dilaksanakan.

3. Pertamina amankan sisa BBM di sekitar pipa yang terbakar

Pasca Insiden PT KCIC Siap Perbaiki Metode Kerja Proyek Kereta Cepat IDN Times/Bagus F

PT Pertamina mengamankan sisa bahan bakar minyak (BBM) jenis Pertamina Dex yang berada di pipa penyaluran Cimahi di samping ruas Tol Padalarang KM 130, Kelurahan Melong, Kecamatan Cimahi Selatan, Kota Cimahi.

Pengangkatan sisa BBM dilakukan menggunakan mobil tangki yang memiliki fasilitas pompa atau biasa disebut vacum truk. Selain itu, pihak Pertamina juga melokalisir sisa BBM dari parit dengan tanggul.

"Kami telah menurunkan lebih dari 90 personel di lokasi kejadian. Konsentrasi Pertamina saat ini adalah untuk finalisasi pembersihan BBM serta menjaga supaya aliran air maupun parit tetap aman. Di saat bersamaan, kami juga menangani pipa yang terdampak,” ungkap VP Corporate Communication Pertamina, Fajriyah Usman dalam siaran persnya, Rabu (23/10).

4. Pasokan BBM dalam kondisi cukup

Pasca Insiden PT KCIC Siap Perbaiki Metode Kerja Proyek Kereta Cepat IDN Times/Holy Kartika

Fajriyah mengatakan, pasokan BBM untuk wilayah Bandung, Tasikmalaya, Sukabumi dan sekitarnya dalam kondisi cukup. Pasokan BBM pada wilayah tersebut, akan disuplai melalui dua terminal BBM. TBBM Padalarang dan TBBM Ujung Berung.

"Hari ini, kami juga melakukan alih suplai dari TBBM Cikampek untuk mendukung ketersediaan BBM di sebagian area di Purwakarta,” lanjut Fajriyah.

Baca Juga: Kebakaran Pipa BMM Pertamina, Puslabfor Turun Tangan

Topik:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya