PAN Jabar Dukung Zulhas Jadi Ketua Umum untuk Ketiga Kalinya

Zulhas sudah pimpin PAN dalam dua periode

Bandung, IDN Times - Kader DPW PAN Jabar sepakat untuk mendukung Zulkifli Hasan (Zulhas) kembali menjadi Ketua Umum. Hal itu disampaikan Hasbullah Ahmad, Sekretaris DPW PAN Jabar, saat Rapat Kerja Wilayah (Rakerwil) di Kota Bandung, Sabtu (15/6/2024) malam.

PAN di bawah kepemimpinan Zulhas dinilai berhasil membawa partai mengatasi berbagai tantangan dalam Pemilu 2024 dan menjaga eksistensi sebagai partai nasionalis religius.

Dalam agenda Rakerwil tersebut, kata dia, ada beberapa agenda selain menyatakan dukungan untuk Zulkifli Hasan sebagai Ketua Umum periode ketiga.

"Kami sepakat untuk mendukung Zulkifli Hasan kembali menjadi ketua Umum periode ke tiga. Kita juga ada agenda Rakenwil ini kita juga mentapkan dua calon Gubernur atau Wakil Gubernur, saudaraku Bima Arya dan Dessy Ratnasari," ujar Hasbullah.

1. Ada lebih dari 1.500 peserta hadir di Rakerwil

PAN Jabar Dukung Zulhas Jadi Ketua Umum untuk Ketiga KalinyaPengurus dan simpatisan PAN Jateng. (IDN Times/Fariz Fardianto)

Menurutnya, agenda Rakerwil ini sekaligus menjadi agenda untuk mengkonsolidasikan dukungan kepada para kader PAN yang akan maju di Pilkada serentak pada 2024. Ada sekitar 1.500 peserta dari 609 DPC (Dewan Pengurus Cabang). Untuk bakal calon kepala daerah di Kota/Kabupaten, saat ini PAN masih menunggu laporan dari DPD masing-masing Kota/Kabupaten.

"Tentu sekarang lagi berproses karena kan seluruh DPD membukan pendaftaran, disampaikan ke DPW, dari DPW menyampaikan ke DPP, tapi seiring perkembangan kita juga akan melihat hasil survei, karena bicara koalisi tidak bicara satu partai," katanya.

2. Sudah ada dua daerah yang kadernya siap nyalon

PAN Jabar Dukung Zulhas Jadi Ketua Umum untuk Ketiga KalinyaIlustrasi kampanye politik (IDN Times/Yosafat Diva Bayu Wisesa)

Sementara itu, calon kepala daerah di tingkat kabupaten kota masih menunggu keputusan dari pengurus partai di tingkat pusat. Mereka masih mengkaji beberapa hal dari para pendaftar, di antaranya survei elektabilitas. Tugas lainnya adalah menjaring dukungan dan kesepakatan dengan partai lain untuk berkoalisi. Sejauh ini, baru dua daerah di Jabar yang figur calon kepala daerah sudah ditentukan, yakni Ciamis dan Kota Bogor.

"Seiring perkembangan kita juga akan melihat hasil survei, karena bicara koalisi tidak bicara satu partai. Ciamis, sudah fix karena petahana maju kembali, sama Kota Bogor, itu kita sudah clear tinggal deklarasi saja itu," kata dia.

3. PAN cari kader terbaik untuk maju pilkada

PAN Jabar Dukung Zulhas Jadi Ketua Umum untuk Ketiga KalinyaMenteri Perdagangan (Mendag) sekaligus Ketua Umum PAN, Zulkifli Hasan. (IDN Times/Tata Firza)

Sementara itu, Ketua Umum PAN, Zulkifli Hasan mengatakan, dalam Rakerwil ini akan dicari kader terbaik dari PAN untuk diusung pada Pilkada 2024.

"Rakerwil secara detail per Kota/Kabupaten agar kita bisa memberikan kandidat terbaik untuk melayani, memajukan kabupaten/Kota se-Jabar," kata dia.

Baca Juga: Zulhas: Partai Butuh Siapa Saja agar Menang Pilkada, Termasuk Kaesang

Topik:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya