PAN Jabar Daftarkan 120 Bacaleg untuk Duduk di Kursi DPRD

Targetkan bisa raih 12 kursi di DPRD Jabar

Bandung, IDN Times - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Jawa Barat menerima pendaftaran 120 bakal calon legislatif (caleg) untuk DPRD provinsi setempat pada Pemilu 2024 dari DPW PAN di Kantor KPU Jawa Barat, Jalan Garut, Kota Bandung, Jawa Barat, Jumat.

Pendaftaran ratusan bakal caleg tersebut dipimpin langsung oleh Ketua DPW Partai Amanat Nasional (PAN) Jawa Barat Desy Ratnasari dan diterima langsung oleh Ketua KPU Provinsi Jawa Barat Rifqi Ali Mubarok.

Tampak pula kader selebritis partai tersebut yang hadir mendaftarkan diri sebagai bakal caleg untuk DPRD Jawa Barat, seperti Eksanti, Ivan Fadilla, Selvi Kitty, Atep Rizal, dan Richie "Five Minutes".

Rifki Ali Mubarok menjelaskan hingga Jumat, pukul 11.00 WIB, baru satu partai politik yang mendaftarkan bakal caleg ke KPU Jawa Barat, yakni PAN. Parpol lain yang sudah menginformasikan ke KPU Jawa Barat untuk mendaftarkan bakal caleg ialah Partai Golkar dan Partai Kebangkitan Nusantara (PKN).

1. Sengaja daftar pada tanggal 12 Mei

PAN Jabar Daftarkan 120 Bacaleg untuk Duduk di Kursi DPRDSekretaris Jenderal Partai Amanat Nasional (PAN) Eddy Soeparno [tengah]. (ANTARA FOTO/Aprillio Akbar)

Sementara itu, politikus sekaligus artis nasional Desy Ratnasari menambahkan alasan pihaknya mendaftarkan bakal caleg pada Jumat ialah sesuai dengan perintah Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan serta nomor urut partai.

"Kami, dari DPW PAN Jawa Barat, melaksanakan pendaftaran ke KPU Jawa Barat. Sesungguhnya ini adalah perintah langsung ketum PAN bahwa di seluruh Indonesia harus hari ini mendaftarkan, yakni pada tanggal 12 (Mei), karena sesuai dengan nomor urut partai yakni PAN, 12, pas," kata Desy dikutip dari ANTARA.

Dia menambahkan pendaftaran tersebut berlangsung lancar tanpa ada hambatan tertentu.

"Alhamdulillah Allah Swt memudahkan tadi, tidak lama kami ngobrol di ruangan KPU Jawa Barat. Lalu, kemudian diselesaikan semua pemeriksaan berkas oleh KPU," jelasnya.

2. Gunakan Bandros menuju KPU

PAN Jabar Daftarkan 120 Bacaleg untuk Duduk di Kursi DPRDPotret Bandros di Kota Bandung (instagram.com/bus.bandros)

Sebelum tiba di Kantor KPU Jawa Barat, Desy mengatakan rombongan bakal caleg dari PAN berkeliling Kota Bandung dengan menggunakan Bus Bandros (Bandung Tour on Bus).

"Jadi, supaya ada suasana ceria, kami tadi konvoi pakai Bandros karena itu ciri khas Kota Bandung. Kami apresiasi Pemprov Jabar punya Bandros. Lalu, ada penari jaipong, Shalawat Badar. Kami mixed and matched dunia akhirat, supaya Allah SWT memberikan keberkahan kepada langkah kami," ujar Desy 

3. Bidik 12 kursi

PAN Jabar Daftarkan 120 Bacaleg untuk Duduk di Kursi DPRDDPRD Jawa Barat. (dok. Humas DPRD Jawa Barat)

PAN memasang target meraih 12 kursi DPRD Jabar pada pesta demokrasi Pileg 2024 mendatang. Menurut Desy ada 15 daerah pemilihan (dapil) yang tersebar. Dari jumlah itu, ada beberapa publik figur yang maju menjadi bacaleg, di antaranya Eksanti dan Selvy Kitty

"Yang pasti kuota perempuan 30 persen terpenuhi. Dan kami tempatkan para bacaleg sesuai potensi mereka di dapil masing-masing," papar anggota DPR RI ini.

Ia memastikan, PAN bakal berupaya keras dengan kolaborasi bersama agar para bacaleg ini kelak setelah ditetapkan sebagai caleg bisa mendapatkan hati rakyat Jawa Barat.

Desy menegaskan, dengan upaya yang dilakukan, PAN Jabar sebagaimana amanat dari DPP PAN, memasang target 12 kursi di DPRD Jabar pada Pileg 2024 mendatang.

"Kami terus berikhtiar. Target dari DPP PAN, kami diminta bisa meraih 12 kursi di DPRD Jabar. Target ini sesuai nomor urut PAN, 12. Tapi kalau dikasih lebih, ya Alhamdulillah. Itu bonus dari Allah," kata dia.

Baca Juga: PAN Daftarkan Bacaleg ke KPU, Sempat Ada Insiden Saling Dorong  

Topik:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya